Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 19 Juli 2021 | 10:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dilaporkan sebelumnya, otoritas Ukraina mengerebek gudang yang berisi ribuan PlayStation 4 atau PS4 yang diduga untuk tambang cryptocurrency atau aset kripto. Namun siapa sangka konsol game ini malah digunakan untuk menjalankan bot FIFA Ultimate Team.

Dalam laporan sebelumnya, otoritas setempat menggerebek sebuah gudang di kota Vinnytsia, Ukraina yang melakukan pencurian listrik untuk melakukan penambangan aset kripto.

Sejumlah barang disita, termasuk 500 kartu grafis, 50 prosesor, dan 3.800 konsol game PlayStation 4. Namun ternyata ribuan PS4 ini bukan digunakan untuk mining cryptocurrency seperti dugaan awal.

Dilaporkan Eurogamer, pelaku menggunakan ribuan PS4 ini untuk menjalankan bot FIFA Ultimate Team untuk mendapatkan koin FUT dari game simulasi sepak bola buatan Electronic Arts (EA).

Hal ini terlihat dari beberapa penampakan foto yang mengarahkan pemakaian PlayStation 4 ini bukan untuk tambang aset kripto. Ribuan konsol game ini dikendalikan dari PC untuk menjalankan bot FIFA Ultimate Team.

PlayStation 4 atau PS4 untuk menjalankan bot FIFA Ultimate Team. (ssu.gov.ua)

Bot tersebut secara otomatis akan memainkan FIFA Ultimate Team dalam konsol game tersebut untuk menghasilkan koin FUT, dan membangun akun yang berisi kartu-kartu pemain terbaik yang bisa dihasilkan.

Menurut laporan ini, pelaku akhirnya menjual akun yang mereka jalankan dari bot di PlayStation 4 nii ke pasar gelap dengan harga fantastis. Selain menjual belikan koin FUT yang mereka hasilkan.

EA sendiri melarang aktivitas jual beli akun dan koin FIFA Ultimate Team secara tidak resmi. Namun hal ini tidak menghalangi para pemain untuk bisa melakukannya di pasar gelap.

Itulah laporan terkini yang mendapati ribuan PS4 dipakai untuk menjalankan bot FIFA Ultimate Team, bukan untuk mining kripto seperti kabar awal.

BACA SELANJUTNYA

Solana Gunakan Plugin ChatGPT, Bikin Blockchain Mudah Dipahami