Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 05 Agustus 2021 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kamu gemar mendownload dan memainkan game gratis di Android akhir-akhir ini? Wajib waspada soal keamanan game yang kamu mainkan.

Karena Lembaga Peneliti dari Synopsis Cybersecurity Research Center menemukan aplikasi game gratis di Android paling banyak memiliki celah keamanan yang rentan diretas.

Penelitian ini fokus pada 3.335 aplikasi gratis maupun berbayar yang tersedia di Google Play Store yang dijalankan pada triwulan pertama 2021. Sebanyak 63 persen dari total aplikasi diketahui memiliki celah keamanan, dengan rata-rata aplikasi memiliki 39 celah.

Diungkap PCMag, Rabu (4/8/2021), aplikasi game gratis teratas (top free games) banyak memiliki celah dengan persentase 96 persen.

Kemudian di peringkat dua ada game terlaris teratas (top-grossing games) dengan persentase 94 persen. Sementara game berbayar teratas (top paid games) juga rentan diretas dengan persentase 80 persen.

Aplikasi game untuk ponsel Android yang ada di Google Play Store. [Shutterstock]

Kategori aplikasi paling rentan selanjutnya adalah aplikasi keuangan. Penelitian menemukan aplikasi perbankan paling rentan dengan persentase 88 persen, aplikasi budgeting 84 persen, dan aplikasi pembayaran sebesar 80 persen.

Laporan ini agak mengejutkan mengingat aplikasi keuangan ditujukan untuk mengelola beberapa data pengguna yang sensitif.

Di sisi lain, penelitian mengungkap sebanyak 44 persen dari total aplikasi yang diteliti diklasifikasikan sebagai yang paling rentan dengan risiko tinggi. Namun 94 persen aplikasi masih melaporkan perbaikan yang diumumkan secara publik.

Sayangnya penelitian tidak mengungkap nama aplikasi yang memiliki celah keamanan tersebut.

Karena itu, kamu harus lebih mewaspadai game gratis di Android untuk alasan keamanan. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Walau Sepi Peminat, Sony Tetap Pede Jualan Smartphone