Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 26 September 2021 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kalimantan Barat sukses menjadi pemenang di Grand Final Mobile Legends ekshibisi eSports Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Mereka meraih medali emas setelah mengalahkan tim eSports Jawa Tengah dengan skor 2 vs 1 pada Sabtu (25/9/2021).

Delapan tim yang maju ke babak final adalah Kalimantan Barat (Kalbar), Sumatra Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Papua dan Papua Barat.

Kalbar masuk ke Grand Final setelah mengalahkan Sumatera Selatan di babak 8 besar dan mengandaskan Sulawesi Utara di semifinal. Sementara itu Jawa Tengah melaju ke Grand Final setelah mengalahkan DKI Jakarta dan Papua.

Kemenangan di Grand Final membuat tim eSports Kalbar berhak atas medali emas. Jawa Tengah ada di peringkat kedua sehingga memperoleh medali perak. Sulawesi Utara dan Papua yang kalah di semifinal harus memperebutkan peringkat ketiga.

Sulut akhirnya merebut medali perunggu setelah mengalahkan tim eSports Papua dengan skor 2 vs 0. Grand Final Mobile Legends ekshibisi eSports PON XX Papua menghadirkan pertarungan sengit antara Kalimantan Barat dan Jawa Tengah.

Ilustrasi cabang eSports di PON XX Papua 2021. (YouTube/ PB ESI)

Pemain dari Kalbar (HFX Esports) terdiri dari Riandy (kapten), Frengki, Kevin Almeyda, Novianda Kusuma Prapanca, dan Alrazali. Sementara roster dari Jateng yaitu Bernard Ditya W. (kapten), Attanasius David Halomoan Sihaloho, Nabeel Dewangga Widi Widadi, Martinus Kevin Dwi Widjanarko, dan Jason Aristo.

Grand Final menggunakan sistem Bo3 (Best of Three) sehingga tim perlu dua kemenangan untuk mengunci gelar. Baik Kalbar maupun Jateng saling bermain agresif pada dua game pertama.

Skor 1 vs 1 membuat pertandingan harus diteruskan pada game ketiga. Kedua tim memilih hero Fighter yang dijadikan Jungler pada babak penentuan. Kalbar kali ini menggunakan hero Barats sebagai jungler, sementara Jateng memilih X-Borg.

Deretan hero milik Kalbar di game ketiga yaitu Jawhead, Chang'e, Barats, Balmond, dan Pharsa. Sementara Jateng menggunakan deretan hero seperti Ruby, Saber, X-Borg, Granger, dan Paquito.

Hasil game ketiga Kalbar vs Jateng pada Mobile Legends ekshibisi eSports PON XX Papua. (YouTube/ PB ESI)

Ultimate dari dua hero high ground seperti Pharsa dan Chang'e membuat Kalbar mendominasi pada early hingga mid-game.

Jateng berulang kali memilih mundur saat war setelah kedua hero tersebut mampu melindungi hero core dengan sangat baik. Barats yang digunakan oleh Alrazali cukup tebal sehingga sangat merepotkan pihak lawan.

Serangan menggunakan Lord di menit kesebelas membuat Jateng semakin tertekan. Setelah tiga hero lawan tumbang, Kalbar langsung menghancurkan dua base turret milik Jateng.

Terus menekan masuk, Kalbar akhirnya mengunci kemenangan game ketiga dengan skor 17 vs 7. Berikut hasil pertandingan Mobile Legends ekshibisi eSports PON XX Papua:

Kalimantan Barat menjuarai Mobile Legends ekshibisi eSports PON XX Papua. (YouTube/ PB ESI)

Babak 8 Besar

  • Kalimantan Barat vs Sumatra Selatan: 2 vs 0
  • Sulawesi Utara vs Jawa Barat: 2 vs 1
  • Jawa Tengah vs DKI Jakarta: 2 vs 0
  • Papua vs Papua Barat: 2 vs 0

Semifinal

  • Kalimantan Barat vs Sulawesi Utara: 2 vs 1
  • Jawa Tengah vs Papua: 2 vs 0

Perebutan Juara Ketiga (Bronze Match)

  • Sulawesi Utara vs Papua: 2 vs 0

Grand Final Mobile Legends PON XX Papua

  • Kalimantan Barat vs Jawa Tengah: 2 vs 1

Hasil pertandingan Mobile Legends ekshibisi eSports PON XX Papua. (YouTube/ PB ESI)


Itulah tadi hasil pertandingan dan pemilihan hero pada Grand Final Mobile Legends ekshibisi eSports PON XX Papua, laganya sangat menarik bukan?

BACA SELANJUTNYA

RRQ Mika, GPX Basreng, Kagendra, dan MBR Delphyne Jadi Pembuka Playoff UniPin Ladies Series ID S3