Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 26 September 2021 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Grand Final eFootball PES 2021 PON XX Papua mempertemukan dua tim eSports perwakilan Jawa Barat dan Kalimantan Selatan. Bermain sengit, Jabar akhirnya meraih medali emas setelah mengalahkan Kalsel dengan skor 2 vs 1 di Grand Final.

Perlu diketahui, sebagian besar laga eSports eFootball di PON telah terselenggara sepanjang Rabu (23/09/2021). Final Lower Bracket mempertemukan antara Kalsel vs Gorontalo pada 24 September.

Setelah menghempaskan Gorontalo dengan skor 2 vs 0, Kalsel berhak melaju ke Grand Final yang diselenggarakan pada Minggu (26/09/2021).

Meski kalah atas Kalsel, posisi di Final Lower Bracket merupakan garansi tempat ketiga sehingga Gorontalo meraih medali perunggu. Laga Kalsel vs Jabar seperti mengulang pertandingan mereka pada Final Upper Bracket.

Mereka saat itu menyerah 1 vs 2 atas Jabar sehingga turun ke Final Lower Bracket. Divisi eFootball sendiri memiliki sistem pertandingan BO3 (Best of Three).

Bracket Upper Bracket PES 2021 PON XX Papua. (YouTube/ PB ESI)

Setiap tim harus bertanding secara single (1 vs 1) dan kemudian diteruskan secara double (co-op). Apabila kedua perwakilan provinsi bermain imbang, maka mereka akan bertanding sekali lagi.

Tim eSports Kalsel diwakili oleh M. Riza Alfiqri dan Rommy Hadiwijaya sementara Jabar beranggotakan Rizky Faidan dan Ferry Purnama Gumilang. Game pertama mempertandingkan sistem 1 vs 1 di mana Ferry Gumilang harus berhadapan dengan Riza Alfiqri.

Ferry Gumilang memilih tim Juventus sementara Riza Alfiqri mengandalkan Barcelona. Kalsel akhirnya berhasil unggul dengan skor tipis 1 vs 0 di game pertama.

Game selanjutnya berjalan secara co-op di mana Jabar memilih tim Juventus dan Kalsel mengandalkan Bayern Munchen. Skor 1 vs 1 yang bertahan hingga 90 menit membuat kedua tim harus menjalani babak penalti. Cukup menegangkan, Rizky Faidan dan Ferry Purnama Gumilang akhirnya memenangkan babak penalti dengan skor 4 vs 2.

Game ketiga antara Jabar vs Kalsel. (YouTube/ PB ESI)

Dua game pertama yang berjalan imbang membuat gelar juara harus ditentukan pada game ketiga. Rizky Faidan kali ini harus dengan Rommy Hadiwijaya di babak penentuan.

Sang "Wonderkid" Rizky Faidan cukup diunggulkan mengingat ia berhasil mencetak 14 gol dan menjadi top skor selama pertandingan di Upper Bracket.

Rizky Faidan kembali mengandalkan Juventus sementara Rommy Hadiwijaya memakai Barcelona. Jabar memimpin dengan skor 1 vs 0 pada 90 menit pertandingan.

Kalsel sebenarnya dapat menyamakan kedudukan di menit-menit akhir apabila bola hasil sundulan tidak mengenai mistar gawang. Skor 1 vs 0 yang bertahan hingga waktu tambahan membuat Jabar mengunci kemenangan game ketiga sehingga skor Grand Final menjadi 2 vs 1.

Jawa Barat meraih medali emas pada cabang eSports eFootball PES 2021 PON XX Papua. (YouTube/ PB ESI)

Berikut hasil pertandingan eSports eFootball PES 2021 PON XX Papua 2021:

  1. Jawa Barat: medali emas.
  2. Kalimantan Selatan: medali perak.
  3. Gorontalo: medali perunggu.

Itulah tadi hasil pertandingan eSports eFootball PES 2021 PON XX Papua 2021, laganya sangat seru bukan?

BACA SELANJUTNYA

UniPin Ladies Series Season 3: Ajang Unjuk Gigi Tim-Tim MLBB Perempuan Terbesar di Tanah Air