Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 18 Januari 2022 | 16:31 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Garena memberikan tanggapan pada gugatan Krafton soal Free Fire (FF) dan Free Fire Max (FF Max)yang dianggap menjiplak PUBG

Sebelum dilaporkan, Krafton telah melayangkan gugatan hukum soal kemiripan game tersebut. Menurutnya, FF dan FF Max telah menjiplak PUBG Battlegrounds, game yang mempopulerkan genre battle royale di PC.

"Klaim Krafton tidak berdasar," kata Jason Golz selaku juru bicara Garena, dikutip dari The Verge, Selasa (18/1/2022).

Krafton dan PUBG Santa Monica mengajukan gugatan tersebut ke pengadilan federal Amerika Serikat. Alasannya, game Free Fire buatan Garena dituduh menjiplak dari PUBG: Battlegrounds.

Apple dan Google ikut terseret lantaran keduanya dituduh menjual Free Fire, yang dianggap Krafton sebagai penjiplak PUBG: Battlegrounds, secara terang-terangan.

YouTube pun ikut terdampak karena mereka disebut menyebarkan konten berisi Garena Free Fire.

Gugatan Krafton dan PUBG Santa Monica terdiri dari 100 halaman yang berisi screenshot terkait bukti pelanggaran hak cipta.

PlayerUnknown's Battlegrounds atau PUBG. (PUBG Corporation)

Adapun pelanggaran yang dimaksud, mencakup lobi sebelum permainan, parasut yang diterjunkan, medan pertempuran yang menyusut (safe zone), hingga supply drops atau item tambahan dari pesawat di tengah-tengah pertandingan.

Dokumen gugatan Krafton juga mencakup skin hingga senjata tertentu di Free Fire yang dianggap meniru PUBG.

Misalnya seperti helm ala tukang las, facemask dari karakter PUBG, hingga senjata wajan yang juga digunakan di Free Fire.

"Garena telah mendapatkan ratusan juta dolar dari penjualan global aplikasi yang melanggar hak cipta," kata Krafton sebagaimana dikutip dari Polygon, Jumat (14/1/2022).

PlayerUnknown's Battlegrounds atau PUBG. (PUBG Corporation)

Jika dilihat dari tanggal rilis, Krafton memperkenalkan PUBG: Battlegrounds ke publik pada 30 Juli 2016.

Kemudian mereka baru merilis PUBG: Mobile pada 9 Februari 2018.

Sementara itu, Garena memperkenalkan Free Fire di Google Play Store dan Apple App Store pada 2017. Lalu pada September 2021, Garena menerbitkan Free Fire MAX sebagai Free Fire dengan versi grafik lebih tinggi.

Apakah Free Fire menjiplak PUBG seperti dituduhkan Krafton? (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Kode Redeem Undawn 29 Juni 2023, Klaim Hadiah Peluncurannya