Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 13 Februari 2022 | 11:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Saat sedang bermain game sudah pasti kamu membutuhkan jaringan internet yang stabil, oleh karena itu kamu membutuhkan cara menstabilkan jaringan saat bermain game agar jaringan kamu selalu dalam kondisi baik untuk memenangkan game tersebut.

Seperti yang sudah kita ketahui bermain game mampu mengasah kreativitas dalam otak kita karena dalam beberapa game dibutuhkan strategi yang baik untuk menyelesaikan misi.

Nah kamu tidak mau kan saat sedang seru-serunya bermain game lalu tiba-tiba lag atau error? Jadi jangan lupa untuk memastikan jaringan yang kamu gunakan stabil dan kencang agar terhindar dari berbagai macam kendala yang bisa mengganggu gameplay dalam permainan.

Penasaran gimana sih cara menstabilkan jaringan saat bermain game? Kalau begitu simak langkah-langkah berikut ini ya:

1. Tutup aplikasi lain kecuali game

Pastikan kamu tidak membuka aplikasi-aplikasi lain kecuali game karena dengan menutup aplikasi-aplikasinya perangkat kamu akan fokus pada game yang kamu mainkan saja.

2. Restart modem

Apabila kamu merasakan kecepatan internet semakin menurun maka kamu bisa melakukan restart pada perangkat modem untuk menghilangkan error pada modem atau memulihkan modem kembali fresh.

3. Gunakan provider internet tercepat

Kamu bisa memilih provider internet yang terpercaya memberikan koneksi internet yang cepat berdasarkan review dari para penggunanya. Pilih provider internet yang menawarkan paket dengan rasio 1:1 untuk download/upload.

Kecepatan mengunggah sangat berpengaruh pada stabilitas internet saat bermain dan koneksi internet yang cocok untuk game biasanya memiliki kecepatan sekitar 25 sampai 50 Mbps.

Ilustrasi jaringan internet. (unsplash/ Thomas Jensen)

4. Periksa kecepatan internet secara berkala

Kamu bisa melakukan pemeriksaan kecepatan internet melalui situs-situs seperti fast.com atau Speedtest.net apabila merasa jaringan internet kamu lambat saat bermain game.

Cara pengecekannya pun sangat mudah, jadi apabila kamu berlangganan paket internet dengan kecepatan 50 Mbps maka kamu tinggal memastikan bahwa hasil tesnya tidak jauh-jauh dari angka tersebut.

5. Pilih Ethernet daripada WiFi

Apabila kamu menggunakan Ethernet maka transmisi data dilakukan melalui kabel LAN, sedangkan WiFi (Wireless Fidelity) transmisi data yang dilakukan secara nirkabel atau tanpa kabel.

Jadi jika kamu menggunakan Ethernet maka koneksi kamu dijamin akan lebih meningkat daripada menggunakan WiFi. Untuk lebih maksimal kamu bisa menggunakan standar kabel Cat6 yang mendukung kecepatan internet hingga 10 Gbps.

6. Gunakan jaringan WiFi 5 GHz atau 6 GHz, Jangan 2,4 GHz

Apabila kamu menggunakan WiFi, maka pastikan kamu hanya menggunakan jaringan 5 GHz atau 6 Ghz saja karena frekuensi jaringan 5 GHz berpotensi untuk mencapai kecepatan internet hingga 1,7 Gbps.

7. Pilih lokasi server terdekat

Pada game online tersedia server yang disesuaikan dengan lokasi para gamers nya seperti misalnya server Eropa, Asia, Jepang, hingga Amerika. Nah untuk mendapatkan akses kencang saat bermain game online maka pilihlah server yang dekat dengan wilayah kamu.

Itulah beberapa cara menstabilkan jaringan saat bermain game yang perlu kamu lakukan agar mendapatkan internet yang kencang untuk bermain game. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

5 Cara Cek Kecepatan Internet, Bisa dari Laptop dan HP