Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 05 April 2022 | 14:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Rumor baru melaporkan kalau Sony sedang menyiapkan emulator PlayStation 3 (PS3) untuk dipasangkan di PlayStation 5 (PS5). Nantinya dengan emulator PS3 bisa memainkan game dari konsol tersebut ke PS5.

Dengan emulator tersebut, pengguna konsol game PS5 tidak lagi menggantungkan layanan cloud untuk memainkan game PS3.

Hal ini dilaporkan oleh Jeff Grubb selaku jurnalis dari VentureBeat. Ia mengklaim informasi ini telah didapatkan dari narasumber terpercaya pada minggu lalu.

"Sepertinya Sony tengah berupaya meniru game PS3 di PS5. Tapi ini bakal memerlukan waktu," ujar Grubb, dikutip dari Gadget Tendency, Selasa (5/4/2022).

Sony sebelumnya telah mengumumkan PS Plus, sebuah layanan berlangganan premium yang menyediakan game klasik ke konsol game PS5.

PlayStation 3 atau PS3. (Pixabay)

PS Plus akan diluncurkan pada Juni nanti dengan harga 18 dolar AS atau Rp 257.000 per bulan.

Dengan langganan itu, pemain bisa memainkan 340 game dari beberapa konsol buatan Sony seperti PS2, PS3, dan PSP di konsol PS5.

Tapi khusus game PS3, itu hanya bisa dimainkan melalui layanan cloud.

Alasannya, arsitektur PS3 dan prosesor Cell membuat game di konsol tersbut akan sulit dimainkan di PS5, khususnya dengan emulator software.

ModernVintageGamer selaku pengembang di Night Dive Studios mengatakan kalau emulator PS3 bisa saja dibuat di PS5. Namun itu bakal sulit karena membutuhkan biaya mahal.

Hands-On controller DualSense PS5. (YouTube/ thegameawards)

"Sony tidak pernah tertarik untuk menginvestasikan jutaan (uangnya) untuk mengembangkan ini," kritik dia.

Itulah rumor terkini soal emulator PS3 yang akan terpasang di PS5. Kita tunggu saja kabar selanjutnya, kapan game PS3 bisa dimainkan tanpa melalui cloud. (Suara.com/Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Honkai: Star Rail Akan Rilis di PS5 pada 11 Oktober 2023