Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 17 Mei 2022 | 18:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Memiliki banyak penggemar, Genshin Impact mencetak performa luar biasa terkait perdapatan perusahaan. Data Sensor Tower menyebutkan bahwa Genshin Impact telah memperoleh pendapatan ratusan juta dolar AS atau triliunan rupiah sepanjang kuartal pertama tahun ini (Q1 2022).

Secara keseluruhan, game besutan miHoYo tersebut sudah menembus penghasilan 3 miliar dolar AS (Rp 44 triliun). Data itu diambil dari penjualan seumur hidup pada pasar global baik di App Store dan Google Play sejak 28 September 2020.

Judul tersebut membutuhkan waktu 171 hari untuk menghasilkan 1 miliar dolar AS pertama di ponsel. Mereka kemudian mencetak 1 miliar dolar AS (Rp 14,7 triliun) berikutnya dalam kurun waktu 195 hari.

Genshin Impact memperoleh total pendapatan 2 miliar dolar AS (Rp 29,3 triliun) pada tahun pertamanya saja. Game melewati tonggak 3 miliar dolar AS pada 185 hari kemudian.

Ini berarti game memiliki penghasilan 1 miliar dolar AS setiap enam bulan. Angka tersebut menjadikan Genshin Impact sebagai salah satu game seluler tersukses sepanjang masa.

Karakter Genshin Impact. (HiTekno.com)

Dikutip dari Sensor Tower, Genshin Impact meraih peringkat pertama dalam kategori Top Grossing Gacha Mobile Game. Genshin Impact mengungguli empat game mobile lain seperti Lineage W, Uma Musume Pretty Derby, Monster Strike, dan Rise of Kingdoms.

Game dari miHoYo menghasilkan 567 juta dolar AS (Rp 8,3 triliun) pada kuartal pertama 2022. Meskipun judulnya dapat dianggap sebagai kesuksesan global, Genshin Impact menghasilkan sebagian besar pendapatannya di Asia, yang menyumbang hampir 70 persen dari total pengeluaran pemain hingga saat ini.

Genshin Impact jadi game mobile gacha terlaris pada Q1 2022. (Sensor Tower)

App Store merupakan bagian terbesar dari pengeluaran pemain, menyumbang 65,7 persen dari total pendapatan, sebagian besar berkat pendapatan dari iOS di China. Google Play menyumbang 34,3 persen dari total pengeluaran pemain.

Lineage W mencetak pendapatan sebesar 272 juta dolar AS (Rp 4 triliun). Itu membuat game dari NCSOFT ini menempati peringkat kedua dalam kategori game mobile gacha terlaris sepanjang Q1 2022.

Uma Musume: Pretty Derby dari Cyberagent berada di posisi ketiga dengan perolehan 236 juta dolar AS (Rp 3,4 triliun).

Sensor Tower memperkirakan bahwa Genshin Impact bisa memperoleh tonggak sejarah pendapat 4 miliar dolar AS pada tahun 2022. Data penghasilan Genshin Impact dari Sensor Tower bisa dilihat melalui link ini.

BACA SELANJUTNYA

Meriahkan 4 Kota, Genshin Impact Gelar Rangkaian Acara di Indonesia