Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 27 Mei 2022 | 10:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ada beberapa tim Esports Indonesia yang diakui dunia dalam berbagai kejuaraan. Tidak hanya game mobile saja, ada tim-tim yang beprestasi di ranah game PC juga.

Indonesia menjadi salah satu negara terbesar pengguna game di Asia Tenggara menurut laporan dari Global Market Games Report 2020. Potensi industri gaming dan esport Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan di tengah pandemi COVID-19.

Menurut data dari Indonesia Esports Premier League (IESPL), pada 2019 ada 62,1 juta orang yang aktif bermain game di Indonesia.

Tingginya angka tersebut membawa Indonesia menduduki peringkat 12 di pasar game dikutip dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (26/5/2022). Banyak tim Esports yang berkembang dan mengukir prestasi, baik dari level regional, hingga tim profesional.

Ada beberapa tim Esports Indonesia yang menorehkan prestasi gemilang di turnamen bergengsi dari cabang game tertentu. Bahkan beberapa tim Esports Indonesia telah diakui dunia.

Berikut tim Esports Indonesia yang diakui dunia seperti HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. BOOM Esports (Dota 2, Counter Strike: Global Offensive)

BOOM Esports. (BOOM Esports)

BOOM Esports yang masih bertahan di game PC, dan dikenal kuat untuk divisi Dota 2 dan Counter Strike: Global Offensive (CS:GO). BOOM Esports juga pernah meraih posisi runner up di ajang Asia Pacific Predator League 2019 yang merupakan turnamen minor Dota Pro Circuit.

Pada 2020, BOOM Esports keluar sebagai juara ESL SEA Championship 2020 setelah menaklukkan Geek Fam.

2. Bigetron Esports (PUBG Mobile)

Bigetron Red Aliens. (instagram/btr_ryzen)

Bigetron Esports mengawali eksistensinya dengan meramaikan turnamen game League of Legends. Selain itu, tim ini juga telah mengikuti Mobile Legends Professional League (MPL) Season 1, dan masih akan bertanding dalam turnamen terbaru.

Nama Bigetron Esports mulai diakui dunia berkat prestasi yang dicetak oleh si kembar Zuxxy dan Luxxy, Microboy, serta Ryzen dari Bigetron Red Alien (RA) di divisi PUBG Mobile.

Bigetron RA menjadi tim PUBG Mobile terkuat di dunia dengan meraih gelar juara di turnamen yang diadakan oleh Tencent. Di 2020, tim esports ini sudah mengamankan 5 trofi.

3. EVOS Esports (Mobile Legends, Free Fire)

EVOS Esports juarai Mobile Legends M1. (instagram/evosesports)

EVOS Esports diketahui memiliki lima divisi, yaitu Mobile Legends, Mobile Legends Ladies, Free Fire, PUBG Mobile, dan Point Blank. Di tahun 2019 divisi Point Blank Ladies EVOS, yaitu EVOS Galaxy Sades berhasil menjadi runner up di ajang PBIWC 2019.

EVOS Capital yang kini bernama Roar juga berhasil memenangkan turnamen Free Fire World Cup 2019. Skuad Arena of Valor (AOV) juga mampu menjuarai ASL Season 1 hingga 3.

Sementara divisi andalannya, Mobile Legends sukses memenangkan MPL Season 4. Dengan nama EVOS Legend, tim macan putih ini menjuarai M1 World Championship.

4. RRQ (Mobile Legends)

RRQ Hoshi Juara MPL Season 9. (Instagram)

RRQ bersama Lemon dan kawan-kawan telah beberapa kali memenangkan turnamen kancah Asia Tenggara, seperti SEA Clash of Champions 2019 dan berpartisipasi dalam M1 World Championship 2019.

Soal Mobile Legends, RRQ Hoshi menjadi salah satu tim Esports terkuat di Asia Tenggara. Namun bukan dalam game ini saja RRQ berprestasi.

Sementara RRQ RYU menempati posisi ketiga dalam gelaran PINC 2019. Pada divisi Point Blank, RRQ Endeavor pun jadi sukses jadi yang terkuat di Indonesia pada gelaran PBIC 2017-2019. Sementara RRQ EPIC sukses menjadi juara di ajang Point Blank World Challenge.

5. ONIC Esports (Mobile Legends, PUBG mobile)

ONIC ESports juarai MSC 2019. (instagram/onic.psychoo)

ONIC mampu meraih gelaran kemenangan di Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC 2019). Selain itu ONIC Esport juga tidak pernah mengalami kekalahan sejak gelaran MPL Season 3. Sementara tim PUBG Mobile-nya, pernah jadi wakil Indonesia di ajang PMCO Fall Split: SEA League dan PMCO Fall Split: SEA Championship.

Itulah 5 tim Esports Indonesia yang diakui dunia. Prestasi yang ditorehkan sangat membanggakan dan patut diacungi jempol. Mana tim favorit kamu?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Tetap yang Terkuat, Bigetron Era Juarai UniPin Ladies Series ID Season 3