Senin, 03 Oktober 2022
Agung Pratnyawan : Kamis, 02 Juni 2022 | 14:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa yang tak tahu Pokemon? Pokemon merupakan game tersukses kedua sepanjang setelah serial Mario, yang juga dimiliki oleh Nintendo. Apa saja game game Pokemon terbaik yang pernah diluncurkan? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum rekomendasi game Pokemon terbaik.

Kesuksesan Pokemon membuatnya merambah ke berbagai media, seperti permainan kartu, anime, manga, mainan, dan masih banyak lagi lainnya.

Keunikan serial Pokemon selalu menjadi daya tarik bagi gamers untuk memainkannya. Hingga saat ini sudah sangat banyak judul dari seri game ini yang dirilis.

Dari sekian banyak game Pokemon, mana yang terbaik dan terpopuler yang penah diluncurkan Nintendo ke pasaran?

Berikut rekomendasi game Pokemon terbaik yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Pokemon Sun and Moon

Pokemon Sun and Moon. (Nintendo)

Game yang hadir pada tahun 2016 ini resmi hadir di Nintendo 3DS dengan tampilan yang begitu unik. Serial ini mungkin tampak sangat berbeda dari serial pendahulunya di mana tema tropis dengan latar belakang Hawaii yang disebut Alola turut mewarnai seri Pokemon Sun and Moon.

Selain itu juga, ada beberapa fitur yang kemudian ditingkatkan oleh Nintendo melalui serial Pokemon Sun and Moon. Sebagai generasi ketujuh, adapun peningkatan yang dapat dilihat dari serial ini adalah kustomisasi karakter sampai dengan revolusi yang berbeda-beda berdasarkan lingkungan mereka.

2. Pokemon Black and White

Pokemon Pokemon Black and White. (Nintendo)

Pokemon generasi kelima ini telah meningkatkan grafisnya khusus bagi gamers asal Jepang. Kotak dialog dari game sebelumnya telah diubah menjadi sebuah balon ucapan yang akan muncul di atas kepala karakter lain yang memungkinkan karakter dapat berbicara secara sekaligus.

Selain itu, terdapat huruf kanji yang akan muncul di layar dan bukan hanya hiragana dan katakana. Fitur baru yang hadir dalam Pokemon Black and White adalah Triple Battles dan Rotation Battles.

Pokemon Black lebih banyak mendapatkan Rotation Battle daripada Triple Battle dan begitu sebaliknya dengan Pokemon White.

3. Pokemon Diamond and Pearl

Pokemon Diamond and Pearl. (Nintendo)

Pokemon generasi keempat ini, tetap mempertahankan gameplay dasar dari pendahulunya sambil memperkenal fitur baru tambahan yang mereka miliki.

Siklus siang-malam tetap hadir di Pokemon Diamond and Pearl dengan meningkat tiga kali dari serial sebelumnya yang terdiri dari lima periode waktu yaitu pagi, siang, sore, malam dan dini hari.

Pokemon Diamond and Pearl menawarkan kompatibilitas dengan game Pokemon generasi ketiga.

4. Pokemon X and Y

Pokemon X and Y. (Nintendo)

Pokemon serial ini adalah pertama kalinya menggunakan 3D secara sepenuhnya serta memperkenalkan Pokemon Fairy baru demi membantu dan mengimbangan Dragon yang kuat.

Sebagai Pokemon dengan kategori generasi keempat, Pokemon X and Y juga memperkenalkan New Mega Evolutions yakni membiarkan Pokemon untuk berevolusi sementara untuk kemudian beralih ke bentuk yang baru secara khusus.

Serial game ini dibumbui dengan konten yang baru dan fitur yang menakjubkan dari generasi sebelumnya.

5. Pokemon Legends Arceus

Pokemon Legends Arceus. (Nintendo)

Pokemon Legends: Arceus baru rilis pada 28 Januari 2022. Berlatar Sinnoh Region pada masa lampau, kamu akan menjelajah dunia Pokemon saat Pokedex baru tercipta.

Kamu bisa memesannya dari sekarang lewat Nintendo eShop. Banderolnya mencapai 59,99 dolar Amerika atau sekitar 850 ribu.

Dengan Pokemon Legends: Arceus, kamu bisa menangkap Pokemon di dunia luar dengan melemparkan Pokeball kuno. Kamu juga bakal menghadapi pertarungan yang belum pernah ada sebelumnya.

6. Pokemon Sword and Shield

Pokemon Sword and Shield. (Nintendo)

Sebagai generasi kedelapan, tentu saja serial ini begitu populer dikalangan para gamers terutama para pengguna Nintendo Switch. Menariknya, Pokemon Sword and Shield memperkenalkan Wild Area yakni sebuah zona khusus dalam dunia game yang penuh dengan Pokemon liar yang tampak berkeliaran bebas.

Selain kehadiran Wild Area pada Pokemon Sword and Shield, gamers juga memperkenalkan ekspansi pasca peluncuran berskala besar. Sebuah paket Isle of Armor dan The Crown Tundra DLC telah datang pada musim panas dan musim gugur di tahun pertama kalinya serial ini diterbitkan.

Selain ada beberapa Pokemon yang telah ditiadakan sejak generasi pertama tapi disisi lain ada juga Pokemon yang hadir dengan varian baru.

7. Pokemon Ruby and Sapphire

Pokemon Ruby and Sapphire. (Nintendo)

Era Game Boy Advance ada tiga serial Pokemon yang hadir di antara tahun 2002 sampai 2005. Dari ketiganya, satu serial berjudul Pokemon Ruby and Sapphire menjadi serial yang paling banyak diminati khususnya pada periode tahun 2002 sampai 2003. Memasuki generasi ketiga, Pokemon Ruby and Sapphire menjadi game dengan kemampuan grafis yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Versi ini juga membawa kemampuan Pokemon untuk melakukan kustomisasi secara strategis. Serial ini dapat menghubungkan gamers dengan pemain lainnya secara bersamaan bahkan sampai empat player sekaligus. Sehingga, seri ini menjadi salah satu game yang banyak disukai oleh para gamers.

8. Pokemon Red and Blue

Pokemon Red and Blue. (Nintendo)

Serial ini tersedia di Game Boy klasik, serial game Pokemon Red and Blue berhasil mendorong aspek perekonomian lintas games dan menempati slot di pasar global. Sebanyak 151 Pokemon original di game ini tidak akan pernah tergantikan.

Apalagi misi pertamanya Ash. Karakter legendaris Pikachu akan terus menemani, seolah-olah diri kita adalah Ash. Pokemon generasi pertama akan selalu memiliki tempat khusus di hati siapapun yang pernah memainkannya.

9. Pokemon Gold and Silver

Pokemon Gold and Silver. (Nintendo)

Serial game Pokemon Gold dan Silver dianggap oleh banyak penggemar sebagai serial yang memiliki tingkatan terbaik dari serial lainnya. Dalam serial tersebut, pihak pengembang memperkenalkan Pokemon ‘Shiny’ baru yakni sebuah varian yang sangat langka dengan pewarnaan khusus dan statistik yang disempurnakan.

Sementara itu, serial Pokemon Crystal menjadi satu-satunya serial yang disempurnakan dari Gold dan Silver. Untuk kedua serial ini, Pokemon hanya akan tersedia pada platform Game Boy Color yang artinya Pokemon Gold, Silver dan Crystal merupakan serial generasi kedua yang diterbitkan antara tahun 1999 sampai dengan 2001. 

Itulah sembilan rekomendasi game Pokemon terbaik yang harus kamu coba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

9 Rekomendasi Game PC Ringan Terbaru 2022, Mainkan Sekarang!