Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 23 November 2022 | 11:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sony dilaporkan telah melarang banyak game PS4 dan PS5 dari PlayStation Store sesuai dengan parameter yang ditetapkan oleh kebijakan baru.

Dilansir dari Comicbook, game yang dilarang tersebut adalah shovelware, yang banyak membanjiri konsol game tersebut.

Perlu diketahui bahwa game shovelware adalah jenis permainan murah yang biasanya dijual dalam bentuk bundle software.

Game ini biasanya dikembangkan secara seadanya alias jelek, mudah diselesaikan dan murah, sehingga bisa membuat pemainnya 'panen' trophy Platinum secara super mudah.

Sebuah laporan baru telah menyampaikan kabar bahwa pengembang dan penerbit telah dikirimi surat oleh Sony yang mengatakan akan menindak spam dan konten duplikat. 

"Sony Interactive Entertainment berusaha untuk memastikan bahwa pelanggan dapat mencari dan menemukan pengalaman yang luas di PlayStation, dan bahwa mitra memiliki cara yang adil untuk ditemukan."

Ketika mitra terlalu jenuh atau 'spam' PlayStation Store dengan banyak varian dari jenis konten yang sama, itu dapat berdampak negatif pada pengalaman pelanggan dan mitra," bunyi surat tersebut.

PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Jadi apa yang berubah, yah "produk yang fungsi dan/atau asetnya disalin atau tidak berbeda secara berarti dari produk yang sudah diterbitkan di PlayStation Store, terlepas dari penerbit catatan" dianggap "spam" dan "berulang."

Dan jika sebuah game diberi tag ini, itu tidak akan diizinkan untuk dirilis di PlayStation Store. Ini juga berlaku untuk "beberapa konsep dan varian produk, yang diterbitkan oleh mitra individu, yang memiliki fungsionalitas atau pengalaman duplikat, hanya dibedakan oleh varian kecil fungsi atau aset."

Sony melanjutkan: "Jika memungkinkan, mitra harus mempertimbangkan untuk menggabungkan pengalaman konten kecil yang serupa ke dalam satu produk, menggunakan perdagangan dalam game untuk memperluas atau memperluas pengalaman."

Surat itu menyimpulkan mencatat trofi yang berbeda tidak cukup untuk membedakan permainan. Dan poin terakhir ini adalah yang paling jelas, dan akan mengakhiri sebagian besar shovelware di PSN.

Masih harus dilihat bagaimana semua ini akan ditegakkan, tetapi setiap permainan mungkin akan ditinjau oleh manusia dengan mempertimbangkan pedoman ini.

Setiap permainan selalu ditinjau secara independen oleh manusia yang sebenarnya - atau setidaknya itulah yang seharusnya terjadi - tetapi jelas pedoman yang digunakan sangat longgar.

BACA SELANJUTNYA

Cheat GTA IV PS4 Bahasa Indonesia, Biar Makin Seru