Minggu, 21 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 22 Desember 2022 | 15:49 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masih banyak dari kita yang kurang memahami perbedaan eSports dan game. Perwakilan Garudaku mengungkap empat poin pembeda dari eSports dan game.

Perlu diketahui, Garudaku merupakan platform resmi eSports yang berada di bawah naungan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Robertus Aditya Pratomo Putro selaku Kepala Akademi Esports Garudaku mengungkap bahwa tak semua game bisa dikategorikan eSports.

Industri eSports sendiri bisa menjadi mata pencaharian atau profesi bagi orang-orang yang mendalaminya. Sementara game masuk dalam kategori hiburan.

"eSports sendiri sudah booming cukup lama di Indonesia. Namun baru diakui oleh pemerintah pada 2020 lalu. Sudah diakui karena kita memiliki Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI)," ungkap Robertus Aditya Pratomo Putro pada acara pengumuman kerja sama antara Moonton Cares dengan UGM di Yogyakarta, Kamis (22/12/2022).

Ilustrasi platform Garudaku. (Garudaku)

Terdapat beberapa hal yang membedakan eSports dan games. Ia sempat mengernyitkan dahi dan tertawa ketika ada orang yang menanyakan apakah Stumble Guys bisa masuk eSports atau tidak.

Robertus Aditya Pratomo Putro mengungkap bahwa terdapat lima poin penting yang membedakan eSports dan game.

Pada poin pertama, eSports sudah diakui negara sebagai cabang olahraga sementara game adalah sarana hiburan untuk menghabiskan waktu luang.

eSports mempunyai tujuan yaitu menjadi atlet dan menjuarai kompetisi. Sementara game terdapat tujuan tertentu, hanya bersenang-senang dan mengisi waktu luang.

Poin ketiga, eSports mempunyai nilai-nilai sportifitas seperti layaknya kompetisi olahraga. Game bersifat hiburan dan tidak ada keharusan berkompetisi.

Poin keempat, eSports dapat mengembangkan karakter seperti leadership, kemampuan analisa, dan decision making. Hanya ada beberapa game tertentu yang memberikan manfaat kepada pengembangan.

Pada poin kelima, kompetisi eSports yang diikuti memberikan banyak benefit seperti beasiswa dan uang tunai. Lebih cenderung mengeluarkan uang untuk keperluan game.

Itulah tadi perbedaan eSports dan game berdasarkan penjelasan dari perwakilan Garudaku, apakah kalian sudah paham?

BACA SELANJUTNYA

Exoborne Resmi Diumumkan, Game Tactical Open World Extraction Shooter dari Sharkmob