Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 06 Januari 2023 | 16:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap player tentu harus memahami META yang berlaku pada saat ini. Berikut kami akan memberikan penjelasan mengenai apa itu META Ciki Mobile Legends dan bagaimana formasinya.

Istilah META Ciki mulai populer berkat cuplikan video FYP MLBB yang trending di TikTok. META sendiri memiliki arti sebagai Most Effective Tactics Available.

Itu adalah taktik atau strategi yang paling efektif digunakan pada suatu game. Pemain biasanya mengategorikan hero OP (Over Power) sebagai hero META.

Moonton menggulirkan Patch Note 1.7.44 pada update terbaru di pertengahan Desember lalu. Update tersebut memberikan banyak penyesuaian dan Buff ke lebih dari 15 hero.

Sebagian besar di antaranya merupakan hero Marksman (MM). Banyak yang memprediksi bahwa Season 27 menjadi eranya MM atau bisa dibilang META MM.

Ilustrasi META Ciki. (YouTube Budud)

Beberapa hero MM seperti Karrie, Beatrix, Moskov, Natan, dan lain-lain memang semakin sakit di musim ini.

Tak disangka, setelah MM mulai melejit, publik justru terkejut dengan hadirnya strategi unik untuk melakukan counter.

Istilah META Ciki lantas populer di kalangan pemain Mobile Legends saat push rank mengawali Season 27.

Belum diketahui siapa yang menamai META tersebut, namun penamaan META ini mengarah pada salah satu jajanan terkenal.

Beberapa akun TikTok mengunggah META Ciki dan mengartikan bahwa itu adalah strategi untuk "Ciduk" dan "Kill" atau Ciki. Lantas, apa itu META Ciki?

META Ciki mengharuskan tim mempunyai hero yang bisa melakukan serangan cepat untuk menciduk musuh.

Hanzo, salah satu hero di META Ciki Season 27 Mobile Legends. (YouTube/ Mobile Legends)

Hero dengan tipe burst atau ledakan damage sangat berguna pada strategi unik itu. Dalam META Ciki, tim akan mengandalkan hero penciduk untuk menekan dan mematikan hero core, terutama Marksman.

Beberapa hero yang bisa dipilih untuk META Ciki adalah Hanzo, Gusion, Johnson, Aldous, Karrie, Beatrix, Cyclops, Saber, Harley, dan Kadita. Pada awal 2023, strategi unik ini langsung populer.

Formasi inti biasanya ditempati oleh Hanzo Jungler, Johnson Roamer, Gusion Midlaner, dan Aldous XP Laner. Hero MM bebas, namun Karrie dan Beatrix bisa menjadi rekomendasi terbaik.

Hero Mobile Legends - Aldous. (fandom)

META Ciki memanfaatkan ultimate Johnson dan Aldous untuk membuka map. Mereka bakal mengincar hero MM dan menabraknya berkali-kali.

Kombo Johnson dan Gusion dijamin mampu menghempaskan hero core dengan cepat. Ketika lawan berfokus melindungi MM, Aldous bisa farming dan mengumpulkan stack.

Damage dari Aldous sangat berguna untuk mengamankan kemenangan di late-game. Ultimate dari Hanzo, Gusion, Johnson, dan Aldous akan memusingkan Tank atau Roamer dalam melindungi hero core milik tim.

Pengguna META Ciki sebaiknya merupakan teman yang sering mabar dengan kalian.

Strategi ini membutuhkan kekompakan sehingga META tersebut cukup sulit diaplikasikan saat solo rank.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu META Ciki dan susunan formasinya, tertarik memakai strategi anti mainstream tersebut?

BACA SELANJUTNYA

RRQ Mika, GPX Basreng, Kagendra, dan MBR Delphyne Jadi Pembuka Playoff UniPin Ladies Series ID S3