Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 08 Februari 2023 | 14:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pemain game online yang perfeksionis sempat bikin heboh dengan memperdebatkan pemodelan yang tepat dari persenjataan pilihan mereka.

Dilansir dari Russia Today, gamer tersebut pada tahun lalu memposting informasi sensitif tentang jet tempur F-16 dan F-15 buatan Amerika Serikat pada dua kesempatan terpisah hanya dalam satu minggu.

Game yang dimaksud adalah 'War Thunder', pemain yang sebelumnya telah membocorkan rahasia spesifikasi tank tempur Challenger-2 Inggris, tank Leclerc Prancis, dan peluru anti-armor DTC10-125 Cina.

Selain itu ia juga mengungkap rahasia menyangkut F-16 Fighting Falcon, yang dibangun oleh kontraktor pertahanan AS General Dynamics, dan McDonnell Douglas F-15E Strike Eagle.

Seperti bocoran lainnya, yang satu ini datang di forum diskusi untuk War Thunder, di mana pemain game online realistis sering rewel atas keakuratan kendaraan militer.

Ilustrasi Game War Thunder. (Warthunder.com)

PC Gamer  bahwa dalam diskusi F-16 yang telah berlarut-larut sejak pertengahan 2022, salah satu pemain menulis pada 16 Januari tentang "hal menarik yang saya temukan selama penelitian saya."

Pemain, yang dikenal sebagai spacenavy90, melampirkan dokumen untuk membuktikan pernyataannya tentang rudal yang dipandu radar AIM-120 dan panel kontrol kokpit jet. Dokumen itu telah membatasi otorisasi distribusi, menurut moderator forum.

Hanya dua hari setelah itu, anggota forum lain, RanchSauce39, dilaporkan memposting kumpulan manual perangkat lunak Program Penerbangan Operasional untuk F-15E, termasuk detail tentang kontrol penerbangan, penargetan, dan sistem senjatanya.

Seperti dalam kasus setipe yang melibatkan sistem senjata lain, informasi sensitif dihapus setelah ditandai oleh moderator dan pengembang game. Distribusi data militer rahasia di tempat yang tidak sah, seperti forum game online, dapat mengakibatkan sanksi perdata atau pidana.

War Thunder, yang dikembangkan oleh Gaijin Entertainment, sebuah perusahaan yang berbasis di Budapest dengan asal-usul Rusia yang berbeda, memungkinkan pemain untuk bertarung satu sama lain menggunakan kendaraan militer historis dan modern, baik tank, pesawat ataupun kapal.

Banyak pemain yang tertarik pada game terobsesi dengan akurasi dan menekan desainer game untuk mendapatkan setiap detail dengan benar – dalam beberapa kasus mendukung argumen mereka dengan materi terbatas, seperti manual Challenger-2 rahasia yang dibagikan pada Juli 2021.

"Kami selalu menghapus postingan yang berisi informasi rahasia atau terbatas dari forum kami sesegera mungkin," Kata Gaijin dalam sebuah pernyataan kepada PC Gamer. "Kami melarang pengguna kami untuk membagikan dokumen semacam ini di platform kami. Kami mengingatkan pengguna kami berulang kali bahwa itu ilegal dan tidak ada gunanya, jadi mereka tidak boleh melakukan itu. Kami tidak pernah menggunakan dokumen seperti ini dalam pekerjaan kami."

Sementara itu, gamer berjanji untuk "lebih berhati-hati tentang informasi teknis apa yang saya posting," kata spacenavy90 kepada PC Gamer. "Mudah-mudahan, kami dapat menempatkan masalah ini di belakang kami."

BACA SELANJUTNYA

40 Istilah dalam Dunia Game yang Sering Digunakan, Pahami Agar Tak Salah Strategi