Minggu, 28 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 13 Februari 2023 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - ChatGPT sedang menjadi perbincangan hangat di dunia saat ini karena digunakan oleh Microsoft untuk mesin pencarian. Namun, potensinya jauh lebih besar dari itu.

Dilansir dari Android Headlines, salah satu potensinya adalah untuk membuat percakapan yang lebih realistis dengan NPC (karakter non-pemain) dalam video game. Seorang pengguna YouTube bernama Bloc menunjukkan hal ini dengan membuat mod untuk game Mount and Blade II: Bannerlord menggunakan ChatGPT.

Mod ini memungkinkan Bloc untuk membuat input teks sendiri dan mengabaikan opsi respons dari game. Ini membuat percakapan dengan NPC terasa lebih interaktif, seperti membuat obrolan nyata dengan orang lain. ChatGPT juga menjalankan mesin cerita khusus yang membuat NPC game terasa lebih hidup. NPC bisa memahami lingkungan mereka dan merespons tanggapan pengguna dengan mempertimbangkan situasi sekitarnya.

Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Bloc menunjukkan bagaimana ChatGPT bisa digunakan untuk melakukan berdagang di dalam game dan berbagai interaksi lainnya seperti pertemuan, perekrutan, permintaan bantuan, dan lain-lain. Walaupun ChatGPT sangat populer, sering kali alat AI ini terbebani dan membuat waktu respons menjadi lambat. Namun, percobaan pada game ini menunjukkan bagaimana ChatGPT bisa diintegrasikan ke dalam game dan membuatnya lebih menarik.

BACA SELANJUTNYA

Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT