Jum'at, 19 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 24 Februari 2023 | 17:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Qualcomm baru-baru ini meluncurkan perkembangan baru yang menarik dalam teknologi seluler, menampilkan kemampuan AI-nya dengan iterasi terbaru dari generator gambarnya, Stable Diffusion.

Perusahaan telah mengklaim bahwa ini adalah penyebaran perangkat lunak tercepat yang pernah ada pada smartphone, dengan video demo yang menunjukkannya menghasilkan gambar 512 x 512 piksel dalam waktu kurang dari 15 detik.

Dilansir dari Gizmochina, Qualcomm belum mengungkapkan ponsel spesifik yang digunakan, ia telah mengkonfirmasi bahwa itu ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 andalannya. Perangkat lunak ini juga telah menjalani berbagai pengoptimalan khusus untuk mencapai kinerja yang optimal.

Ini adalah prestasi yang mengesankan, terutama karena menghasilkan gambar dengan cara ini pada laptop yang layak dapat memakan waktu beberapa menit, apalagi detik pada smartphone.

Sebagian besar aplikasi yang menawarkan pembuatan gambar AI melakukan semua pemrosesannya di cloud, bukan di perangkat seluler itu sendiri.

Logo Qualcomm. (Qualcomm)

Dall.E adalah contoh dari salah satu perangkat lunak pembuatan gambar AI yang menjalankan semua utas pemrosesannya di cloud, itulah sebabnya ia menghasilkan gambar dengan kecepatan yang dimilikinya.

Pencapaian Qualcomm menandai langkah maju yang signifikan dalam produkisasi AI, dengan potensi untuk menawarkan kenyamanan, penghematan biaya, dan privasi yang lebih besar.

Sementara Qualcomm telah mengklaim bahwa ini adalah rekor kecepatan, beberapa pengembang telah menunjukkan bahwa mereka telah mencapai hasil yang sama dengan Difusi Stabil yang berjalan di perangkat Android.

Namun, ini tidak menghilangkan apa pun dari sifat mengesankan dari pencapaian Qualcomm. Penting untuk diingat bahwa menjalankan model AI besar secara lokal di perangkat seluler adalah tugas kompleks yang membutuhkan daya komputasi yang signifikan.

Plus, privasi sangat ditingkatkan karena tidak ada data yang dikirim melalui internet. Dengan memamerkan teknologi ini, Qualcomm telah menunjukkan keahliannya di bidang ini dan membuka kemungkinan menarik untuk masa depan AI seluler.

BACA SELANJUTNYA

Realme C67 Ditenagai Snapdragon 685 dan Kamera 108 MP, Harganya cuma Rp 2.599.00