Selasa, 30 Mei 2023
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 03 Maret 2023 | 18:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung mengungkap bahwa lebih dari 50 persen atau kebanyakan konsumen online di Asia Tenggara sangat menyukai game. Penelitian melibatkan ribuan konsumen online di beberapa negara Asia Tenggara.

Samsung menjelaskan bahwa riset ini berasal dari Southeast Asia and Oceania (SEAO) Gaming Insight Study dalam kemitraan dengan ONE Esports.

Penelitian menyurvei lebih dari 6.800 konsumen berusia 18 hingga 49 tahun di tujuh pasar berbeda.

Ribuan konsumen online yang terlibat pada penelitian berasal dari Australia, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Survei dilakukan pada kuartal terakhir 2022 (Oktober, November, dan Desember). Hasil penelitian SEAO Gaming Insight Study mengungkap bahwa 7 dari 10 konsumen online di Asia Tenggara adalah gamer.

Empat kepribadian gamer berdasarkan waktu mereka untuk game. (Samsung)

Dikutip dari situs resmi Samsung, studi mengidentifikasi empat kepribadian gamer berbeda di kalangan penggemar game di wilayah Asia Tenggara berdasarkan total waktu yang mereka habiskan untuk bermain game dan menonton konten game atau esports.

Keempat kepribadian gamer tersebut mencakup Hardcore Gamer, Gaming Enthusiast, Casual Gamer & Spectator, serta Casual Gamer.

Studi tersebut menemukan bahwa lebih dari separuh gamer Indonesia yang disurvei (54 persen) melakukan hobi ini setidaknya beberapa kali dalam seminggu, yang terdiri dari Hardcore Gamer dan Gaming Enthusiast.

Ilustrasi bermain game dengan HP flagship Samsung. (Samsung)

Mereka sangat menekuni hobi di mana para Gaming Enthusiast dan Hardcore Gamer terbiasa mendiskusikan game dengan orang lain, membaca update dan berita seputar game, membelanjakan uang untuk benda-benda terkait game, dan terakhir, mengikuti persona gaming di sosial media.

"Saat ini bermain game lebih dari sekadar hobi. Ini adalah pengisi waktu luang yang menyatukan orang-orang. Wilayah Asia Tenggara dan Oseania memiliki komunitas gamer yang sangat besar, dan penelitian ini menyoroti kebutuhan dan kebiasaan bermain game mereka yang unik, baik sebagai pemain maupun sebagai penggemar e-sports. Dengan pemahaman ini, kami dapat terus memberdayakan pengguna Samsung untuk menikmati passion mereka sepenuhnya," kata Carl Nordenberg selaku Regional Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Asia Tenggara dan Oseania.

Jane Guo selaku Vice President, Analytics & Insights, ONE Esports, menjelaskan bahwa penelitian tersebut mampu mengungkap pasar besar penggemar game dan fans hardcore esports.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Samsung dalam studi ini, didukung oleh consumer insight pihak pertama di perusahaan. Studi ini mengungkap pasar besar penggemar game dan fans hardcore esports di wilayah SEAO, yang mencari performa unggul dan pengalaman bermain game dan menonton yang superior saat memilih perangkat dan aksesori seperti smartphone, laptop, headphone, dan monitor," ungkap Jane Guo.

BACA SELANJUTNYA

Klarifikasi Nita Vior Usai Dihujat karena Sebut Adul Mirip Cyclops Mobile Legends