Jum'at, 03 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 11 Maret 2023 | 14:38 WIB

Hitekno.com - Puasa sebentar lagi. Bagi kamu pecinta game Mobile Legends, tentu ada beberapa hal yang mungkin saat ini sedang membuatmu bingung.

Salah satunya adalah pertanyaan tentang apakah main Mobile Legends bikin puasa batal?

Seperti diketahui, di game Mobile Legends, pengembang punya banyak cara untuk mendesain hero yang bisa memikat hati pemain.

Banyak hero mengenakan pakaian yang dirancang dengan detail dan visual yang membuatnya sangat menyenangkan untuk dilihat pemain. 

Ada banyak karakter perempuan yang ditampilkan dengan pakaian yang seksi di game ini.

Salah satunya adalah Miya. Miya merupakan salah satu hero marksman yang sangat populer di Mobile Legends pada rank rendah hingga tinggi.

Hero marksman satu ini dibekali kemampuan yang cukup mengerikan. Selain kekuatannya yang memukau, penampilan Miya juga sangat enak dipandang.

Miya memiliki warna dasar biru yang membuatnya terkesan teduh. Ia memiliki mata dan pandangan yang tajam.

Belum lagi, developer merancang pakaiannya dengan sangat menggoda. Mengacu pada alasan ini, banyak yang bertanya apakah main Mobile Legends bikin puasa batal?

Apakah main Mobile Legends bikin puasa batal?

Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu saja Hitekno.com tidak mau asal-asalan alias membutuhkan kutipan dari para ahli.

Di sini, Hitekno.com menyalin dari keterangan yang disampaikan oleh Mahbub Maafi dari PBNU.

Menurut Mahbub Maafi, ada beberapa kitab yang menjelaskan tentang hukum permainan dan hubungannya dengan status batal tidaknya puasa seseorang.

Dalam hal ini, permainan yang digunakan sebagai contoh adalah catur. Menurut kitab al-Fiqh al-Manhaj, permainan catur memiliki manfaat mengasah pikiran, namun bisa bersifat makruh atau haram jika dimainkan secara berlebihan dan bahkan melupakan kewajiban.

Selain itu, kitab Fiqhu al-Lahwi wa al-Tarwîhi juga menyebutkan sebuah game bisa bersifat haram jika memiliki unsur berupa penampilan tubuh dan aurat wanita yang bukan muhrimnya, mengandung unsur sihir, penyiksaan hewan, judi, hingga menyinggung SARA.

Mengacu pada beberapa penjelasan ini, maka Mahbub Maafi mengambil kesimpulan jika bermain Mobile Legends boleh-boleh saja, asalkan game memenuhi beberapa catatan.

"Mengingat bermain game acapkali membuat pelakunya menjadi pemalas dan turun etos kerjanya, maka kami cenderung untuk memakruhkan bermain game saat menjalankan ibadah puasa," ujarnya.

Meski demikian, hukumnya akan berubah jadi haram jika game tersebut bisa menjerumuskan seseorang ke dalam perilaku negatif.

"Yang paling aman adalah semestinya kita menghindari bermain game saat menjalankan ibadah puasa. Apalagi game yang mengandung konten negatif," tutup Mahbub Maafi.

Itulah penjelasan tentang apakah main Mobile Legends bikin puasa batal menurut ahlinya.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Onic Raih Gelar Juara Mobile Legends Snapdragon Pro Series