Selasa, 16 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 20 Maret 2023 | 16:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apakah main Genshin Impact bikin batal Puasa karena banyak menampilkan karakter seksi? Haruskah ganti main game lain selama bulan Ramadhan ini?

Buat kamu yang suka main Genshin Impact bisa jadi pembahasan berikut ini jadi pertimbangan dalam bulan Ramadhan mendatang.

Bermain game saat puasa pada dasarnya tidak dilarang. Namun ada beberapa game yang bisa mengurangi pahala puasa dan membuat puasa kamu tidak barokah. Salah satunya game dengan karakter seksi di dalamnya seperti Genshi Impact. Jadi kamu harus berhati-hati saat memilih game.

Banyak game saat ini yang berpotensi merusak puasamu sehingga dapat membatalkan puasa. Genshin Impact merupakan game action RPG yang mengusung karakter dan lingkungan menyerupai anime yang memiliki sistem kombat. Jalan cerita dalam game ini cukup panjang dengan sebuah kawasan terbuka alias open-world bisa dieksplorasi oleh pemain.

Permainan multiplayer memang menjadi salah satu game yang cukup populer belakangan ini. Game seperti ini berpotensi memancing amarah dari pemainnya yang tentunya dapat mengurangi pahala ibadah puasa. Selain itu Genshin Impact juga memiliki sejumlah karakter seksi.

Bermain game dengan karakter seksi saat puasa tidak membatalkan atau merusak, tetapi merusak pahala dan kualitas ibadah puasa yang dijalani. Secara normatif, pemandangan terhadap sesuatu dengan syahwat tidak termasuk dari hal-hal yang membatalkan puasa. Dengan demikian, tindakan bermain game dengan karakter seksi tidak membatalkan puasa.

Namun hal tersebut bisa dianggap membatalkan puasa jika sperma keluar (ejakulasi) sebab onani, maka puasa seseorang batal. Tetapi jika mani keluar dengan semata-mata pikiran dan memandang dengan syahwat, maka puasanya tidak batal. Sedangkan ejakulasi sebab kontak fisik pada selain kemaluan, sentuhan, atau ciuman, maka puasanya batal. Menurut Imam An-Nawawi, Raudhatut Thalibin wa Umdatul Muftin, [Beirut, Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz II, halaman 247).

Intinya adalah bahwa segala kemaksiatan yang dilakukan ketika berpuasa itu dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala berpuasa. Pahala orang yang berpuasa juga bisa gugur jika ibadahnya dibarengi dengan kemaksiatan. Misalnya dengan bermain judi, menonton film porno, berpacaran, dan bergunjing.

Namun, terkait perbuatan itu membatalkan puasa atau tidak atau mengurangi nilai pahala, hal itu bukan kewenangan manusia untuk menentukannya. Itulah penjelasan singkat mengenai batal tidaknya main Genshin Impact saat puasa. Di bulan yang penuh berkah dan ampunan, lebih baik kamu mengisi kegiatan dengan banyak-banyak ibadah seperti shalat sunnah, sedekah, dan baca Al-Quran.

Itulah pembahasan apakah main Genshin Impact bikin batal puasa atau tidak karena menampilkan karakter seksi. Bisa jadi pertimbangan dalam menjalani bulan Ramadhan.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Meriahkan 4 Kota, Genshin Impact Gelar Rangkaian Acara di Indonesia