Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 27 Maret 2023 | 19:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bulan suci Ramadhan identik dengan banyak hal, salah satunya sahur. Ketahui beberapa tips agar tidak kesiangan bangun sahur yang dirangkum tim HiTkeno.com berikut ini.

Sahur disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan.

Namun untuk orang yang tidak terbiasa, sahur bisa menjadi kegiatan yang sulit. Biasanya karena ngantuk berlebih dan rasa malas. Hal ini dikarenakan beberapa hal yang bisa membuat seseorang susah bangun sahur. Salah satunya bermain game sehabis tarawih hingga larut malam.

Sebenarnya banyak kegiatan atau aktivitas positif yang dapat dilakukan setelah sholat tarawih. Contohnya seperti Tadarus Al-Quran, berdzikir, membaca buku, menulis dan lain-lain yang bisa meningkatkan pahala. Agar tidak bangun kesiangan, ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

Berikut tips agar tidak kesiangan bangun sahur yang Tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Hindari Terlalu Kenyang Saat Berbuka

Kebanyakan orang merasa saat berbuka harus menyantap berbagai hidangan takjil hingga makanan berat sampai perut kembali terisi. Namun, perlu diketahui jika kekenyangan yang berlebihan saat berbuka puasa bisa mempersulit bangun sahur.

Hal ini karena alam sadarmu telah merasa kenikmatan atas kekenyangan tersebut sehingga kamu tak perlu makan lagi.

2. Hindari Minuman Mengandung Kafein

Bukan rahasia lagi jika minuman yang mengandung kafein ini menjadi kunci untuk mempertahankan diri dari rasa kantuk. Salah satu minuman yang mengandung kafein adalah kopi. Kafein pun menjadi pantangan bila ingin dikonsumsi di waktu setelah berbuka puasa. Sebab, berkat kafein membuat orang-orang yang meminumnya akan terjaga hingga dini hari.

Padahal, kamu tetap butuh tidur yang cukup, yakni 8 jam. Jika kamu terjaga sampai dini hari, otomatis waktu istirahatmu akan berkurang dan stamina saat berpuasa juga tak sebaik biasanya. Bangun saat sahur pun bisa-bisa terlambat karena tidur.

3. Set Alarm Tiap 5 Menit Sekali

Alarm bisa menjadi berguna saat bulan Ramadhan. Jika tak ingin terlambat bangun, coba terapkan alarm dengan 5 menit sekali. Misalnya, alarm pertama berbunyi di pukul 03.00, atur lagi agar berbunyi di 03.05 hingga seterusnya sampai kamu bangun.

4. Berniat untuk Bangun Sahur

Dengan melakukan niat untuk bangun sahur, alam bawah sadar dengan sendirinya akan tersugesti untuk membangunkan di waktu yang telah ditentukan. Meskipun tidak bisa selalu menjamin, setidaknya ini bisa dicoba.

5. Tidur Lebih Awal

Banyak orang yang beranggapan dengan adanya sahur maka waktu tidur berkurang. Padahal, waktu istirahat juga bisa cukup 8 jam di bulan Ramadhan. Kuncinya adalah dengan tidur lebih awal.

Saat selesai melakukan shalat tarawih dan melakukan kegiatan sederhana lainnya, segerakan untuk tidur agar tubuhmu beristirahat. Dengan tidur lebih awal, kamu bisa bangun tepat waktu saat sahur karena tubuh telah merasakan istirahat yang cukup.

Itulah tips agar tidak kesiangan bangun sahur yang bisa kamu coba lakukan selama bulan Ramadhan. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Tips Beli Kambing untuk Kurban Online Lewat Ecommerce Biar Nggak Kena Tipu