Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 11 April 2023 | 13:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perjalanan Youtuber Windah Basudara tidaklah singkat, ia sudah menjalani profesinya ini lebih dari lima tahun. Selama itu ia terolong sukses dengan mencapai 10 juta subscriber apada awal April 2023.

Selama bertahun-tahun membagikan konten terkait game, perjalanan Youtuber Windah Basudara tentu tak selamanya mulus. Banyak yang bisa kita petik bagaimana pria bernama asli Brando Franco Windah tersebut dalam membangun channel YouTube tersebut.

Bagaimana perjalanan Youtuber Windah Basudara yang tidak hanya main game saja, ia juga kerap melakukan inisiatif menggalang dana melalui konten. 

Windah Basudara selama ini dikenal sebagai Youtuber Gaming. Pria kelahiran Manado, 14 Maret 1992 ini bernama asli Brando Franco Windah. Nama Windah Basudara terinspirasi karena dirinya memiliki seorang kakak dan dua orang adik.

Youtuber Gaming Windah Basudara

Windah Basudara capai 10 juta subsriber. (YouTube Windah Basudara)

Game telah menjadi dunia Windah Basudara sejak kecil. Nintendo Entertainment System (NES) dan PlayStation serta game RPG Suikoden menemani hari-hari Windah Basudara di Sekolah Dasar.

Windah Basudara menjadi korban bullying saat mengenyam pendidikan di sekolah menengah hingga akhirnya memutuskan home schooling. Sedangkan untuk pendidikan tinggi, Windah Basudara mengambil jurusan S1 Hubungan Internasional di LSPR.

Sayangnya masalah ekonomi harus membuat Windah Basudara berhenti kuliah dan bekerja di sebuah restoran. Pekerjaan tersebut membuat kemampuan Windah Basudara terasah. Windah Basudara pun kemudian ditawari bekerja di hotel dengan gaji cukup besar.

Ketika merasa kariernya monoton, Windah Basudara mulai menjajal dunia Youtube bermodal laptop gaming seharga Rp13 juta. Produksi konten tak selamanya mulus apalagi ketika laptop tersebut rusak.

Beruntung, karier Windah Basudara sebagai Youtuber didukung sang ibunda yang menawarkan uang untuk membeli PC.

Galang Donasi Lewat Youtube 

Windah Basudara dan Okky Boy tampil di Rewind Indonesia 2022. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

Satu hal unik yang dilakukan Windah Basudara adalah dirinya beberapa kali menggalang donasi lewat konten Youtube. Oktober tahun lalu, Windah sempat viral karena berhasil mengumpulkan Rp338 juta dalam waktu tiga jam melalui sistem live streaming.

Uang tersebut merupakan donasi untuk anak bernama Rahmat atau yang lebih dikenal sebagai Okky Boy.

Rahmat jadi viral di TikTok atas ekspresi polosnya saat mendapat pertanyaan dari pembuat konten. Kaos khas Rahmat dengan tulisan Okky membuatnya lantas dijuluki Okky Boy. Donasi Rp338 juta tidak hanya digunakan oleh Rahmat 'Okky Boy', tetapi juga kepada anak-anak lainnya yang membutuhkan. 

Donasi menjadi salah satu ciri yang kental dengan Windah Basudara. Kendati demikian, Windah kekeuh menolak donasi dari para penonton. Sebagai gantinya, dia membuka link donasi untuk diberikan kepada yang lebih membutuhkan.

Namun pada Juni 2022, channel Youtube Windah Basudara diketahui melakukan live streaming tidak jelas sambil membuka donasi. Nama Windah Basudara pun langsung menjadi trending karena hal tak biasa itu. Ternyata akun tersebut dibajak atau di-hack oleh oknum tak dikenal. 

Itulah perjalanan Youtuber Windah Basudara yang telah sukses mencapati 10 juta subscriber. Apakah kamu subscriber channel YouTube Windah Basudara juga? Termasuk bocil kematian atau bocil absen? (Suara.com/ Nadia Lutfiana Mawarni)

BACA SELANJUTNYA

Daftar YouTuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi 2023