Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 04 April 2022 | 15:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - ketahui apa itu Iyashikei, sebuah sub genre anime yang sedang naik daun. Anime Iyashikei sedang populer meski tak se-mainstream Isekai dan action.

Iyashikei adalah sub dari genre anime slice of life yang memiliki unsur menenangkan hati. Genre ini memang dibuat untuk mengobati para penontonnya. Iyashikei berasal dari bahasa Jepang yang artinya healing atau penyembuhan.

Anime Iyashikei ini menitikberatkan pada suasana, biasanya dengan menggunakan konsep estetika Jepang untuk menemukan keindahan dalam situasi sehari-hari. Baik dalam bentuk narasi ataupun komedi, seri iyashikei bertutur dengan pelan, santai, dan mengabaikan tensi.

Pada umumnya, iyashikei merupakan genre yang memberikan kenyamanan, mendorong penjelajahan, namun masih dalam zona aman. Iyashikei pertama kali muncul sebagai subgenre terpisah pada tahun 1995, saat terjadinya gempa bumi besar Hanshin dan serangan gas sarin di kereta bawah tanah Tokyo.

Lalu muncul tren iyashi yang disebut oleh Paul Roquet sebagai ledakan penyembuhan atas kejadian traumatis tersebut, ditambah dengan resesi ekonomi. Trauma yang diderita oleh masyarakat Jepang memberikan "konteks emosional untuk munculnya ketenangan sebagai perasaan yang menguntungkan dan berharga".

Super Cub. (IMDB)

Ciri khas dari anime Iyashikei ini adalah jalan ceritanya yang ringan dan minim konflik. Selain jalan cerita yang ringan dan sederhana, genre ini juga lebih mengandalkan penggambaran latar di setiap ceritanya. Alur ceritanya juga dibuat mengalir dengan ringan dan alami. Penonton diajak merasakan suasana tentram yang disuguhkan dalam anime tersebut.

Tujuan dari genre Iyashikei ini adalah agar penonton bisa menikmati cerita dan seakan-akan mereka sedang bersama para tokoh dalam anime tersebut. Dan memberikan pesan bahwa hidup tidak semenyedihkan itu. Iyashikei ini juga bisa membuat penonton lebih membuka mata soal kehidupan yang sedang dijalani.

Anime iyashikei ini cocok ditonton untuk kamu yang merasa Lelah menghadapi permasalahan hidup yang ada. Itulah penjelasan singkat dari Iyashikei.

Semoga penjelasan di atas menjawab apa itu Iyashikei, sub genre anime yang sedang populer. Semoga menambah informasi kamu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Link Nonton Kimetsu no Yaiba Season 3 Episode Terbaru, Lengkap Subtitle Indonesia