Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 05 April 2022 | 11:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kenalan dengan tujuh karakter di One Piece yang berdasarkan tokoh sejarah di dunia nyata, uah tahu belum nih? Ketahui teryata ada beberapa karakter One Piece berdasarkan tokoh sejarah nyata, lho.

One Piece karya Eiichiro Oda merupakan kisah karakter Monkey D. Luffy, seorang anak muda yang bercita-cita menjadi Raja Bajak Laut di masa yang disebut Era Bajak Laut Hebat.

Sama seperti Luffy, ada banyak karakter lain yang diciptakan Oda di One Piece. Beberapa karakter memang muncul dari imajinasi sang penulis.

Namun tidak sedikit pula karakter di anime One Piece yang terinspirasi dari dunia nyata.

Berikut ini adalah tujuh karakter One Piece berdasarkan tokoh sejarah nyata bagian 1.

  • Alvida Berdasarkan Awlida
  • Basil Hawkins Berdasarkan Basil Rinrose / John Hawkins
  • Bartolomeo Berdasarkan Bartolomeu Dias / Bartholomew Roberts "Black Bart"
  • Gol D. Roger Berdasarkan Olivier Levasseur
  • Eustass Kid Berdasarkan William Kidd
  • Roronoa Zoro Berdasarkan François l'Olonnais
  • Blackbeard Berdasarkan Edward Teach

Selain menyajikan daftar, tim Hitekno.com juga telah merangkum sedikit informasi tentang karakter-karakter tersebut:

1. Alvida Berdasarkan Awlida

One Piece - Alvida. (Fandom)

Alvida adalah salah satu musuh pertama yang dihadapi Luffy dalam perjalanannya sebagai bajak laut. Sebagai pemimpin Bajak Laut Alvida, dia adalah salah satu bajak laut East Blue yang paling ditakuti. Alvida kemudian bergabung dengan Buggy dan terus berada di sisinya bahkan hingga hari ini.

Alvida ini terinspirasi dari bajak laut hebat Awlida. Awlida adalah seorang wanita yang berpura-pura menjadi seorang pria agar dia bisa memimpin krunya. Akhirnya, dia diyakini telah menjadi ratu Denmark.

Meskipun dia memang tampak seperti sosok yang sangat mengesankan, ada beberapa tanda tanya di sekitar keberadaannya.

2. Basil Hawkins Berdasarkan Basil Rinrose / John Hawkins

One Piece - Basil Hawkins. (Fandom)

Basil Hawkins adalah salah satu anggota Generasi Terburuk, dan dia memiliki karunia 320 juta berry di kepalanya. Hawkins memimpin Bajak Laut Hawkins dan kemudian bergabung dengan Bajak Laut Beasts.

Anehnya, ia didasarkan pada dua tokoh kehidupan nyata yang penting. Nama keluarga Hawkins berasal dari bajak laut kehidupan nyata bernama Basil Ringrose. 

Nama aslinya, Hawkins, berasal dari John Hawkins, yang merupakan seorang privateer kehidupan nyata.

3. Bartolomeo Berdasarkan Bartolomeu Dias / Bartholomew Roberts "Black Bart"

One Piece - Bartolomeo. (Fandom)

Diperkenalkan di busur Dressrosa, Bartolomeo adalah bajak laut yang cakap yang memimpin Klub Barto dan juga anggota Armada Besar Topi Jerami.

Sama seperti semua karakter lain dalam daftar, Bartolomeo juga terinspirasi oleh tokoh kehidupan nyata.

Karakter ini terinspirasi dari Bartolomeu Dias, seorang penjelajah Portugis. Dias dikenal sebagai orang Eropa pertama yang berlayar mengelilingi ujung paling selatan Afrika. 

Pada saat yang sama, ia mungkin juga mendapatkan inspirasi dari Bartholomew Roberts, seorang bajak laut Welsh yang terkenal sebagai "Black Bart."

4. Gol D. Roger Berdasarkan Olivier Levasseur

One Piece - Gol D. Roger. (Fandom)

Gol D. Roger, Raja Bajak Laut, adalah salah satu karakter terpenting di One Piece karena dialah yang memulai semuanya.

Roger adalah raja lautan, dan dia memperoleh kekayaan, ketenaran, dan kekuasaan, bersama dengan segala sesuatu yang lain di luar sana.

Roger tampaknya didasarkan pada Olivier Levasseur, seorang bajak laut kehidupan nyata yang, seperti Roger, menggunakan saat-saat terakhirnya untuk mengisyaratkan keberadaan harta karun yang besar.

Levasseur juga melemparkan kriptogram ke kerumunan beberapa saat sebelum kematiannya dan menantang orang untuk menemukan harta karunnya yang sampai hari ini belum ditemukan. 

5. Eustass Kid Berdasarkan William Kidd

One Piece - Eustass Kid. (Fandom)

Eustass Kid adalah anggota Generasi Terburuk dan saingan Monkey D. Luffy. Sebagai kapten Bajak Laut Kid, dia dikenal cukup kuat dan selama bertahun-tahun, dia mendapatkan hadiah 470 juta berry untuk dirinya sendiri.

Karakter Kid didasarkan pada bajak laut kehidupan nyata dari Skotlandia bernama William Kidd. Sama seperti William Kidd, Eustass Kid memiliki gelar "Kapten." 

Nama depan Kid, Eustass, diambil dari karakter yang sama sekali berbeda yang disebut Eustace the Monk.

6. Roronoa Zoro Berdasarkan François l'Olonnais

One Piece - Roronoa Zoro. (Fandom)

Roronoa Zoro adalah karakter yang bertekad menjadi Pendekar Pedang Terkuat di Dunia dengan mengalahkan pria yang saat ini memegang gelar itu, Dracule Mihawk.

Meskipun tidak banyak penggemar yang mengetahui hal ini, Zoro juga didasarkan pada bajak laut Prancis di kehidupan nyata, François l'Olonnais, yang diketahui aktif pada akhir tahun 1600-an. 

Faktanya, nama depan Zoro berasal langsung darinya, meskipun dalam bahasa Jepang, itu diucapkan "Roronoa", itulah sebabnya mereka dieja secara berbeda.

7. Blackbeard Berdasarkan Edward Teach

One Piece - Blackbeard. (Fandom)

Kapten Bajak Laut Blackbeard, Marshall D. Teach, atau Blackbeard adalah salah satu antagonis utama dari cerita One Piece. Saat ini, dia adalah salah satu Yonko of the Sea, yang menunjukkan betapa kuatnya dia tumbuh selama bertahun-tahun.

Blackbeard didasarkan pada bajak laut kehidupan nyata bernama Edward Teach dan sebagian besar penggemar One Piece seharusnya sudah mengetahui hal ini.

Julukan keduanya pun sama, yakni Blackberard.

Itulah karakter One Piece berdasarkan tokoh sejarah nyata bagian 1 yang dirangkum tim HiTekno.com dari GameRant.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

5 Kekuatan Terbesar Pemerintah Dunia di One Piece, Lama Jadi Misteri