Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 05 Mei 2022 | 13:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak pecinta anime Dragon Ball penasaran dengan enam titik yang ada di dahi Krillin. Karakter anime Dragon Ball yang awal berkepala plontos ini memang punya kisah menarik.

Berikut ini adalah penjelasannya, kenapa Krillin saat botak memiliki enam titik di dahinya.

Tidak pernah terungkap secara pasti kapan, bagaimana, atau mengapa Krillin mendapatkan titiknya, tetapi kemungkinan itu didasarkan pada praktik dunia nyata yang digunakan oleh sekte-sekte tertentu di Asia.

Kebanyakan orang tidak mengetahui asal mula dari enam titik di kepala Krillin. Bahkan mereka yang menonton Dragon Ball dari awal tidak akan bisa menjelaskan kegunaan dan dari mana enam titik tersebut berasal.

Sejarah enam titik di dahi Krillin

Untuk mengetahui makna tersembunyi dari titik-titik Krillin perlu melihat sumber materi yang mengilhami narasi Dragon Ball.

Banyak pengaturan seri, seni bela diri, titik plot, ideologi, dan lainnya menemukan inspirasi mereka dalam budaya Asia Timur di negara-negara seperti Jepang, China, dan India.

Dengan asumsi ini berlaku untuk titik-titik Krillin, maka kemungkinan besar itu adalah hasil dari luka bakar moksibusi yang diterapkan pada biksu Shaolin.

Dragon Ball - Krillin. (fandom)

Moksibusi awalnya dipraktekkan di China sebagai bentuk pengobatan alternatif. Caranya adalah dengan membakar dupa mugwort (moxa) kering dan menerapkannya pada titik meridian, dapat digunakan untuk mengobati segala macam penyakit .

Itu juga digunakan untuk merangsang aliran darah dan qi di Dragon Ball, yang terakhir lebih dikenal sebagai Ki () atau energi.

Ada beberapa metode moksibusi yang bersifat permanen dan sementara.

Pilihan permanen melibatkan penerapan kerucut dupa moxa ke titik akupunktur yang ditunjuk dan membakarnya ke titik di mana ia meninggalkan bekas luka .

Mereka yang tidak menginginkan bekas luka dapat menghilangkan moxa sebelum kerusakan permanen pada kulit dapat terjadi atau cukup menggunakan stick-on moxa.

Dalam kasus Krillin, karakter anime Dragon Ball ini mungkin menggunakan metode bekas luka langsung.

Dragon Ball - Krillin. (IMDB)

Penggunaan lain dari moksibusi digunakan oleh biksu Buddha atau Shaolin. Sebagai bagian dari indoktrinasi mereka, calon biksu harus dicukur kepala dan dahi mereka dihiasi dengan titik-titik ini.

Krillin awalnya berasal dari Kuil Orin, yang semua praktisinya menyerupai Biksu Shaolin.

Mereka juga mencukur rambut dan mengenakan pakaian seperti biksu Shaolin, kemungkinan mereka juga menjalani moksibusi untuk alasan yang sama dengan rekan-rekan mereka di dunia nyata.

Tiga set titik mewakili sejumlah hal yang berbeda. Pertama, mereka mewakili Tiga Permata; Buddha, Dharma (ajaran Buddha), dan Sangha (para murid Buddha). 

Mereka juga mewakili tiga sumpah yang harus diambil oleh seorang Buddhis; membersihkan diri dari kebiasaan buruk, mengembangkan pikiran baik, dan mengumpulkan kebijaksanaan. 

Singkatnya, titik-titik itu mewakili tiga bentuk pelatihan utama umat Buddha; moralitas dan disiplin, konsentrasi, dan kebijaksanaan. Secara umum, titik-titik itu dianggap mewakili cita-cita dan kebajikan para biksu.

Perbedaan dengan Krillin

Dragon Ball - Krillin. (IMDB)

Hal yang lucu tentang Krillin adalah, meskipun memiliki penampilan luar seperti biksu Shaolin, dia tidak mewujudkan banyak prinsip mereka.

Biksu Shaolin menolak kesenangan duniawi dalam mengejar pencerahan, sementara Krillin menjadi seorang seniman bela diri dengan maksud yang diungkapkan untuk menarik wanita.

Dia juga tidak sabaran, bertarung kotor, dan selalu mencari jalan pintas dalam latihannya dengan Master Roshi.

Itulah teori fans soal enam titik di dahi Krillin saat botak dirangkum tim HiTekno.com dari CBR.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Ketinggalan Nonton di Bioskop? Ini Link Nonton Slam Dunk the Movie