Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu Eye of Agamotto yang ada di film Doctor Strange. Salah satu benda yang mencuri perhatian di Doctor Strange in the Multiverse of Madness atau Doctor Strange 2.

Sebagai Sorcerer Supreme, Doctor Strange tidak kekurangan artefak magis untuk mendukung misinya, Doctor Strange memiliki alat sihir dari mulai Cloak of Levitation hingga Wand of Watoomb,.

Akan tetapi salah satu senjatanya yang paling penting, ikonik, dan kuat adalah Eye of Agamotto. Benda ini muncul di komik maupun film Marvel.

Fans mungkin ingat bahwa Eye of Agamotto menyimpan Time Stone di MCU, tetapi asal-usul Eye di komik Marvel sangat berbeda.

Faktanya, keberadaan Eye tidak ada hubungannya dengan Infinity Stones sama sekali.

Baik Doctor Strange dan Eye of Agamotto memulai debut mereka dalam serial Strange Tales pada tahun 1960-an. 

Namun pada tahun-tahun berikutnya, informasi tentang Eye lebih banyak terungkap, dan ternyata, itu sudah ada jauh sebelum Stephen Strange lahir. 

Asal usul Eye of Agamotto

Doctor Strange - Eye of Agamotto. (Marvel)

Eye pertama kali ditemukan (atau diciptakan), tergantung pada siapa kamu bertanya tentang hal ini.

Jika bertanya kepada Agamotto, maka Sorcerer Supreme disebut pertama kali berada di Bumi.

Agamotto sebenarnya dapat terlihat mengenakan Eye sebagai bagian dari Avengers Zaman Batu di Marvel Legacy, yang terjadi pada 1.000.000 SM, jadi sudah sangat tua. 

Tapi percaya atau tidak, Eye of Agamotto, yang juga dikenal sebagai Mata Kebenaran dan Mata Keabadian yang Maha Melihat, sebenarnya hanya satu dari tiga Mata mistik yang diciptakan oleh Agamotto, yang lainnya adalah Mata Kekuatan dan Mata Hal mengetahui sebelumnya. 

Sayangnya, yang lain hilang, dicuri, atau diberikan, Mata Kebenaran diturunkan dengan jubah Sorcerer Supreme, itulah sebabnya ia mendapat gelar Eye of Agamotto.

Agamotto melindungi realitas Bumi sebagai Sorcerer Supreme selama berabad-abad, tetapi bahkan dia akhirnya meninggal.

Ketika dia melakukannya, Agamotto menjadi salah satu dari sedikit manusia dalam sejarah yang menjadi makhluk dengan kekuatan yang lebih tinggi.

Dia menjadi salah satu Vishanti, makhluk seperti dewa yang melindungi alam Bumi dan memberikan bimbingan bagi Sorcerer Supreme. 

Fungsi Eye of Agamotto

Doctor Strange - Eye of Agamotto. (Marvel)

Sebagai Mata Kebenaran, salah satu kegunaan utama Eye of Agamotto adalah untuk menghilangkan ilusi dengan "cahaya yang mengungkap segalanya",.

Ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat semua kebohongan dan penyamaran yang dilakukan oleh musuh.

"Cahaya yang menyingkap segalanya" berbahaya bagi makhluk jahat, seperti iblis dan manusia yang mempraktikkan Ilmu Hitam. 

Eye juga memberikan penggunanya semacam jiwa-telepati, yang memungkinkan mereka untuk melihat niat orang lain dan bahkan mengendalikan mereka, serta telekinesis yang cukup kuat untuk mengangkat setidaknya 1500 pound.

Selain itu, Eye dapat menyerap energi dan membuka portal yang mengarah ke mana saja di alam semesta atau bahkan ke dimensi lain.

Strange bahkan tidak perlu berbicara atau mengucapkan mantra apa pun untuk melakukan semua ini. Dia dapat mengaktifkan Eye of Agamotto sesuai kehendaknya.

Secara keseluruhan, kemampuan Eye of Agamotto dapat berubah tergantung pada apa yang dibutuhkan cerita untuk dilakukan.

Namun, tidak ada keraguan bahwa Eye adalah dan akan selalu menjadi salah satu alat paling kuat di kotak peralatan ajaib Doctor Strange.

Itulah beberapa informasi tentang apa itu Eye of Agamotto do Doctor Strange 2 atau Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang mungkin sedang kamu cari.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

10 Fakta Menarik Avengers Secret Wars, Penutup The Multiverse Saga?