Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 03 Juni 2022 | 11:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pernahkah kamu berpikir, kenapa Digimon tidak sesukses Pokemon yang terus menelurkan seri barunya. Kenapa dua franchise monster digital ini berbeda kesuksesannya di pasar.

Digimon jadi salah satu franchise yang populer di dunia. Digimon adalah salah satu anime yang masih aktif mengeluarkan serial baru. Digimon menjadi salah satu serial anime paling ikonik tahun 90-an. Dengan lebih dari 10 musim dan beberapa film, Digimon telah mampu bertahan.

Meski ikonik dan populer, Digimon belum bisa bersaing dengan rival utamanya, Pokemon. Digimon mulai kehilangan penontonnya selama awal 2000-an. Banyak yang bertanya-tanya mengapa Digimon tidak sesukses Pokemon. Padahal jalan cerita dari Digimon juga tidak kalah seru.

Berikut alasan kenapa Digimon tidak sesukses Pokemon yang HiTekno.com rangkum dari Sportskeeda untuk kamu.

1. Asal-usulnya

Game Pokemon dan Digivice Digimon X. (HiTekno.com)

Pokemon hadir sebagai waralaba video game yang terbilang sukses. Game Pokemon dengan cepat mendapatkan popularitas dengan dirilis pada tahun 1996.

Sedangkan Digimon memperkenalkan gamenya dengan cara yang berbeda. Bandai merilis mainan bernama Tamagotchi pada tahun yang sama.

Tamagotchi terdiri dari hewan peliharaan virtual yang bisa kamu rawat dengan memberinya makan, bermain dengannya, dan membersihkannya. Salah satu nilai jual terbesar dari mainan ini adalah ukurannya yang kecil, yang memungkinkan kamu memainkannya hampir di mana saja.

Setahun kemudian, Bandai memutuskan untuk membuat Tamagotchi dengan menargetkan anak laki-laki karena awalnya menargetkan anak perempuan.

Inilah bagaimana Digital Monster muncul, kemudian menjadi inspirasi untuk Waralaba Digimon. Tamagotchi tidak pernah mendapat perhatian dari konsol Nintendo.

Jadi Digimon kehilangan kesempatan untuk memperluas audiens sebelum animenya keluar, sedangkan kesempatan ini diambil oleh Pokemon.

2. Waktu Rilis

Digimon Adventure. (IMDB)

Meskipun Digimon lahir di waktu yang hampir bersamaan dengan Pokemon, namun selalu dikritik karena meniru. Hal ini karena waktu rilis anime jika dibandingkan dengan Pokemon.

Adaptasi anime pertamanya, Digimon Adventure, keluar pada bulan Maret 1999, hampir dua tahun setelah rilis anime Pokemon pada tahun 1997.

Popularitasnya sebagai Tamagotchi dipertahankan sepanjang rilis dan awal animenya, tetapi masih belum sepopuler Pokemon. Ketika Digimon Adventure keluar, Pokemon telah ditayangkan selama dua tahun, dan mendapatkan penggemar lebih dulu.

3. Setiap Musim Berbeda

Digimon Tamers. (Fandom)

Salah satu kekuatan terbesar dari anime Pokemon adalah premisnya selalu sama. Ash melakukan perjalanan ke wilayah baru untuk mencapai Liga Pokemon lokal dan menjadi master.

Penonton menyukai konsep ini, meskipun setiap musim memiliki beberapa perubahan, itu bukanlah sesuatu yang besar.

Digimon tidak mengikuti konsep ini. Tanpa mempertimbangkan Digimon Adventure, Digimon Adventure 02 dan Tri, semua musim unik. Digimon Tamers, seri ketiga, memperkenalkan penonton pada pemain baru. Ketika keempat tiba, seluruh konsep mitra Digimon bahkan tidak hadir.

Ini telah membantu beberapa penggemar menikmati beberapa musim sambil membenci yang lain, yang membuat popularitas Digimon berfluktuasi. Satu musim bisa menjadi kesuksesan besar, sementara musim berikutnya bisa menjadi kegagalan besar.

4. Banyak Protagonis

Pokemon - Ash Ketchum. (fandom)

Ash adalah salah satu wajah paling ikonik dari franchise Pokemon. Meski Pokemon memiliki beberapa protagonis lain dalam seri spin-off, Ash tetap menjadi ikonnya.

Digimon terus-menerus mengubah protagonisnya, dengan setiap musim memperkenalkan penonton kepada pemain baru dan pemimpin baru untuk grup Digidestined.

Tai adalah protagonis yang pertama dan bisa dibilang wajah terbesar di seluruh franchise, tapi dia tidak dalam peran protagonis sampai Digimon Tri keluar.

Seperti di entri terakhir, setiap protagonis memiliki reaksi yang tidak biasa dari penonton. Beberapa bahkan lebih populer di antara penggemar, tetapi yang lain membosankan atau berulang, mengganggu kesuksesan musim mereka.

5. Gimmick Digivolution

Digimon - Digivolution. (fandom)

Evolusi Pokemon dibuat sederhana untuk sebagian besar hidupnya sampai diperkenalkannya Mega Evolution. Sementara Digimon telah memperkenalkan cara unik untuk digivolve di setiap musim.

Dari DNA Digivolution di musim kedua hingga yang terbaru terkait dengan detak jantung sang penjinak. Fans menyukai serial ini karena mereka sudah tahu apa yang diharapkan.

Saat Pokemon berlatih dan bertempur, evolusi baru muncul, dan pertempuran epik pun terjadi. Evolusi baru biasanya diperkenalkan kepada penonton di episode pertama.

Meskipun mereka terus menjadi lebih kuat seiring berjalannya musim, ini membuat beberapa orang menjauh. Banyak penonton menyukai musim sebelumnya karena evolusinya. Penonton kecewa karena tidak melihatnya lagi di musim selanjutnya.

6. Latar Belakang yang Berbelit-Belit

Digimon Story Cyber Sleuth: Complete Edition. (Bandai Namco)

Pokemon memiliki latar belakang yang sederhana yang tidak dimiliki Digimon. Untuk memahami dari mana Digimon berasal, mengapa mereka diciptakan, dan banyak detail yang tidak mudah.

Digimon adalah seri yang rumit untuk dimasuki jika kamu ingin memahami semuanya. Pokemon terkadang dapat menangani subjek yang sulit, tetapi itu tidak mempengaruhi cara kerja seri.

7. Evolusi non-linier

Mega Charizard Y. (Fandom)

Charizard adalah salah satu Pokemon paling populer di dunia, dan faktor penting dalam hal itu adalah bagaimana penonton melihatnya berevolusi dan tumbuh selama seri.

Sejak penampilan pertamanya, Charmander telah menjadi karakter yang dicintai, dan melihatnya tumbuh dari bentuk awalnya menjadi Charizard yang mengesankan adalah hal yang luar biasa.

Digivolution hampir selalu bersifat sementara. Ini berfungsi dalam konteks seri dan membantu formulir pemula mendapatkan pengakuan. Sementara beberapa karakter populer, yang lain sepenuhnya dilupakan oleh mereka yang bukan penggemar berat waralaba.

Selain itu, fakta bahwa makhluk-makhluk itu dapat berevolusi menjadi hampir semua makhluk lain tanpa memiliki garis tertentu membuatnya membingungkan.

8. Kekurangan Game

Game Pokemon Sword and Shield. (Pokemon)

Game Pokemon telah menjadi salah satu tulang punggung kesuksesan Nintendo sejak lama. Bahkan ketika beberapa dari pengguna telah menerima ulasan buruk dari para penggemar, ini tidak mempengaruhi kesuksesan mereka secara keseluruhan.

Digimon, memiliki beberapa game namun dianggap buruk dan telah disingkirkan oleh penggemar internasional. Kegagalan ini telah menjadi bencana besar bagi waralaba karena sulit bagi Bandai untuk membawanya ke negara lain karena takut rugi.

9. Agumon Tidak Se-Ikonik Pikachu

Agumon dan Pikachu.(HiTekno.com)

Agumon, tanpa diragukan lagi, adalah monster yang paling dikenal di seluruh franchise, dan desainnya sangat bagus. Ini adalah dinosaurus kecil yang dapat menembakkan api dari mulutnya dan memiliki kepribadian yang menawan. Sayangnya, dia masih dalam bayang-bayang Pikachu.

Desain Pikachus tidak hanya lucu dan ramah anak, tetapi dia juga bisa keren dan kuat. Ini adalah desain brilian yang dapat menarik bagi siapa saja. Siapa pun yang merancang Agumon jelas menarik bagi demografis maskulin.

Meskipun dia agak imut, dia galak dan tampak liar, dan itu bisa membuat banyak anak perempuan tidak tertarik. Ketidakhadirannya yang lama dari anime hanya menambah kurangnya popularitasnya.

10. Tidak Ramah Anak

Digimon - SkullGreymon. (fandom)

Pokemon adalah salah satu acara anak-anak terhebat yang pernah ada. Dapat menampilkan adegan pertarungan yang keren untuk dilihat namun tidak terlalu brutal seperti beberapa anime lainnya.

Pada saat yang sama, ia memiliki momen komedi, desain karakter yang hebat, dan makhluk yang tampak lucu. Digimon tidak cenderung menjaga hal-hal ramah anak seperti Pokemon.

Dengan desain yang terkadang menakutkan dan senjata. Serial ini memiliki banyak elemen yang dapat membuat penontonnya yang lebih muda tidak tertarik.

Itulah beberapa alasan kenapa Digimon tidak sesukses Pokemon di pasaran. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Inila Juara di Regional League Pokemon Game Kartu Koleksi