Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 05 Juli 2022 | 14:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Thor Love and Thunder akan menjadi film Marvel Cinematic Universe atau MCU terbaru. Namun sebelum menontonnya, ada beberapa film MCU yang sebaiknya kamu tonton sebelumnya.

Beberpa film MCU tersebut akan membantu kamu memahami bagaimana jalan cerita Thor Love and Thunder nantinya. 

Sedangkan Thor Love and Thunder sendiri menjadi film Marvel yang menjadi kelanjutan kisah Thor. Tentunya kembali menghadirkan Chris Hemsworth sebagai Thor.

Di Indonesia sendiri, Thor Love and Thunder akan mulai tayang pada Rabu (6/7/2022). Namun sebelumnya, ada beberapa film MCU yang perlu kamu tonton agar bisa mengerti jalan ceritanya.

Nah, berikut informasi, beberapa film Marvel Cinematic Universe yang sebagaiknya kamu tonton sebelum Thor Love and Thunder.

1. Thor (2011)

Thor (2011). [IMDB]

Pastikan kamu sudah menonton film solo pertama Thor yang dirilis pada tahun 2011. Film garapan Kenneth Branagh ini tak hanya mengawali perjalanan karakter Thor, tetapi juga salah satu film yang mengawali MCU.

Dikisahkan, Thor merupakan dewa yang diasingkan untuk menetap di Midgard (bumi) bersama manusia. Meski membawa palu andalannya, Mjölnir, ia tetap perlu membuktikan dirinya layak sebelum bisa mengangkat senjatanya lagi.

Film ini juga menjelaskan beberapa plot utama Thor, termasuk hubungannya dengan adik angkat, Loki serta Jane Foster, mantan kekasih Thor yang akan kembali muncul di Thor Love and Thunder.

2. The Avengers (2012)

The Avengers (2012). [IMDB]

Film MCU ini yang pertama kali membawa Thor ke dalam MCU yang lebih luas. Melalui The Avengers yang dirilis pada tahun 2012, Thor dipertemukan dengan Iron Man, Captain America, Hulk, Hawkeye, dan Black Widow.

Melanjutkan dari cerita dalam film Thor, Loki yang ternyata masih hidup, mengetahui kekuatan Tesseract dan berniat memakainya untuk menguasai bumi. Thor dan anggota Avengers lainnya bekerja sama melawan Loki. 

3. Thor: The Dark World (2013)

Thor: The Dark World (2013).[IMDB]

Film solo keduanya ini menceritakan Thor yang berusaha menghentikan rencana jahat Malekith serta pasukan Dark Elf untuk menghancurkan alam semesta menggunakan senjata bernama Aether.

Thor: The Dark World mendalami hubungan persaudaraan Thor dan Loki. Film ini juga merupakan awal kisah tragis Thor yang ditandai dengan kematian ibunya, Frigga.

 Tak hanya itu, ada kebahagiaan seperti romantisme hubungan romansa antara Jane Foster dan Thor. 

4. Avengers: Age of Ultron (2015)

Avengers: Age of Ultron (2015).[IMDB]

Demi mempertahankan keamanan bumi dan manusia, Tony Stark membentuk project Ultron. Namun, Ultron justru melawan dan menganggap manusia sebagai ancaman bagi kedamaian bumi.

Berdasarkan anggapan itu, Ultron juga berupaya untuk memusnahkan umat manusia. Hal tersebut membuat kelompok Avengers bersatu kembali demi menghentikan Ultron.

5. Guardians of the Galaxy (2014)

Guardians of the Galaxy (2014).[IMDB]

Film karya James Gunn ini menjadi debut dari kelompok penjaha galaksi, Star-Lord, Gamora, Drax, Rocket, Groot, dan Nebula di MCU. Keenamnya dikabarkan akan turut hadir di Thor Love and Thunder.

Film MCU ini mengisahkan Peter Quill, anggota kelompok Ravager yang dipimpin oleh Yondu Udonta. Akibat mencuri sebuah artefak, ia menjadi buron dan harus menghadapi banyak musuh yang ingin imbalan untuk menangkapnya.

Quill kemudian ditangkap dan ditahan di penjara Kyln, dimana ia pertama kali bertemu dengan Drax, Rocket, Groot, dan Gamora. Usai mengetahui kekuatan artefak yang dicuri Quill, mereka membentuk tim untuk melindungi alam semesta.

6. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017

Guardians of the Galaxy Vol. 2. (IMDB)

Dalam sekuel Guardians of the Galaxy ini, Mantis bergabung dengan kelompok yang diketuai Star Lord. Mantis juga akan tampil di film Thor terbaru (Thor Love and Thunder) bersama yang lainnya.

Di film ini, Peter Quill bertemu dengan sosok misterius bernama Ego yang mengaku sebagai ayah biologisnya. Ia pun mulai mempelajari asal-usulnya sebagai kaum Celestial.

Kecurigaan Quill terhadap Ego sempat hilang sehingga hubungan mereka kian dekat. Sebaliknya, Gamora justru melihat kejanggalan dan menemukan rahasia mengerikan dari ayah biologis kekasihnya itu.

7. Thor: Ragnarok (2017)

Thor: Ragnarok (2017). [IMDB]

Film ketiga Thor ini berhasil menghidupkan karakter Thor dengan sisi humor dalam aksi pahlawan supernya. Hasil garapan Taika Waititi ini disebut menjadi awal baru bagi karakter Thor.

Nah, Taika Waititi kembali dipilih menjadi sutradara di Thor Love and Thunder sehingga penonton dapat menantikan citra lucu yang sama dengan Thor: Ragnarok.

Dalam film Thor: Ragnarok, Thor  terdampar di sebuah planet asing bernama Sakaar. Ia harus menemukan cara pulang ke Asgard untuk menyelamatkan alam semesta dari ancaman kakak perempuannya, Hela.

Thor dipertemukan kembali dengan Loki dan Hulk disana. Film ini juga menampilkan karakter-karakter baru yang dikabarkan akan hadir kembali di Thor Love and Thunder, seperti Valkyrie, Korg, dan The Grandmaster.

8. Avengers: Infinity War (2018)

Avengers: Infinity War (2018). [IMDB]

Manusia berada dalam bahaya ketika Thanos berusaha mendapatkan semua Infinity Stone untuk melenyapkan setengah populasi alam semesta. Avengers perlu berjuang menghentikan rencananya itu.

Dalam lini masa MCU, latar waktu film ini terjadi tepat setelah Thor: Ragnarok. Thor menyaksikan Thanos memusnahkan Asgardian yang selamat dari bencana Ragnarok, termasuk Loki dan Heimdall.

 Film Marvel ini menjadi awal mula Thor dekat dan bekerja sama dengan Guardian of The Galaxy. Bersama Rocket dan Groot, Thor pergi menuju Nidavellir dan membuat senjata barunya, Stormbreaker.

9. Avengers: Endgame (2019)

Avengers: Endgame (2019). [IMDB]

Dihantui kegagalannya membunuh Thanos, Thor hidup dalam depresi di New Asgard. Ia mulai meragukan keahliannya sebagai pahlawan. Sempat menolak, Thor kembali bergabung dengan Avengers dalam rencana mengembalikan teman mereka yang hilang.

Disini, Thor berhasil mengeksplorasi dirinya sendiri dan menemukan tujuan baru dalam hidup. Di akhir film, Thor terlihat bergabung dengan Guardians untuk berpetualang di luar angkasa.

Nah, Avengers: Endgame menjadi penampilan terakhir Thor di MCU sebelum Thor Love and Thunder.

Itulah sembilan film MCU yang disarankan sebelum menonton Thor Love and Thunder untuk membatu memahami ceritanya. (Suara.com/ Xandra Junia Indriasti).

BACA SELANJUTNYA

Kontroversi Karakter Superhero Israel di Film Captain America, Ini Jawaban Marvel