Kamis, 11 Agustus 2022
Agung Pratnyawan : Jum'at, 05 Agustus 2022 | 18:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Di anime dan manga Naruto, jurus Byakugan tak sepopuler Sharingan. Padahal, jurus tersebut juga tak kalah keren dan mematikan.

Lalu muncul pertanyaan, mengapa Byakugan tak sepopuler Sharingan? berikut ini adalah informasinya yang telah dirangkum tim Hitekno.com dari Sportskeeda soal Byakugan vs Sharingan.

Tak dapat dipungkiri jika dojutsu menjadi salah satu aspek penting dalam seri Naruto. Ini merupakan konsep yang telah dieksplorasi cukup menyeluruh selama seri. 

Ada banyak karakter dengan mata berbeda dan masing-masing memiliki kemampuan unik. Salah satu mata yang paling populer adalah Sharingan dan ini hanya milik klan Uchiha.

Namun jika kamu perhatikan, ada mata lain yang mungkin tidak sepopuler itu, tetapi tentu saja memberi penggunanya keuntungan di medan perang.

Mata yang dimaksud dalam artikel ini adalah Byakugan yang popularitasnya kalah dengan Sharingan.

Sejak mata ini diperkenalkan dalam seri, penggemar telah berpartisipasi dalam banyak diskusi tentang mata dan kemampuan mereka. 

Mari kita lihat mengapa Byakugan diremehkan jika dibandingkan dengan Sharingan di serial Naruto.

Mengapa bisa Byakugan diremehkan di anime Naruto?

Naruto - Hinata menggunakan Byakugan. (fandom)

Sebelum kita masuk ke topik, mari kita pahami apa itu Byakugan vs Sharingan. Byakugan adalah dojutsu yang dapat diakses oleh klan Hyuga.

Ini adalah mata yang berasal dari klan Otsutsuki dan dianggap sebagai salah satu dari Tiga Dojutsu Besar. 

Dojutsu dalam seri Naruto ini memungkinkan pengguna untuk melihat aliran chakra, dan titik chakra saat mereka sedang berkelahi. 

Ini juga memberi mereka penglihatan hampir 360 derajat yang berguna untuk menemukan jebakan dan memperingatkan tim tentang kemungkinan penyergapan.

Sementara Sharingan adalah dojutsu yang eksklusif untuk klan Uchiha. Pengguna tidak memiliki mata ini sejak lahir. 

Ketika seorang anggota klan Uchiha mengalami emosi negatif yang ekstrim, otak mereka melepaskan jenis chakra tertentu yang mempengaruhi saraf optik dan bermanifestasi dalam bentuk Sharingan. 

Kontrol chakra menjadi lebih mudah dan genjutsu adalah keahlian sebagian besar pengguna Sharingan.

Boruto - Sarada Uchiha menggunakan Sharingan. (fandom)

Pengguna juga bisa mendapatkan Mangekyo Sharingan dan ini terjadi ketika seorang Uchiha menyaksikan kematian seseorang yang dekat dengan mereka.

Para Uchiha terus-menerus salah memahami ini dan berpikir bahwa mereka perlu menjadi alasan kematian orang yang mereka cintai, padahal tidak demikian.

Masashi Kishimoto telah menerima reaksi keras ketika menangani karakter tertentu dan menjelajahi tema tertentu. 

Dalam hal ini, mangaka Naruto secara menyeluruh mengeksplorasi Sharingan dan bukan Byakugan. 

Beberapa karakter terkuat di serial Naruto kebetulan adalah anggota Uchiha, itulah sebabnya Byakugan mudah dilupakan dan sering diremehkan juga.

Namun, bukan itu masalahnya karena Byakugan membuat shinobi berpengetahuan luas karena memungkinkan mereka untuk menggunakan kekuatannya untuk berbagai aspek misi.

Byakugan dapat digunakan untuk mengidentifikasi jebakan, melakukan pengintaian tanpa tertangkap, menemukan objek di medan perang yang dapat membantu dalam pertarungan dan memanfaatkan mata untuk memenggal kepala seseorang menggunakan Tinju Lembut. 

Himawari Uzumaki. (fandom)

Byakugan mungkin tidak memberikan penggunanya kemampuan ninjutsu yang sama seperti yang diberikan Sharingan, tapi tentu saja cukup berguna. 

Neji adalah contoh sempurna tentang seberapa baik Byakugan dapat digunakan dalam berbagai misi. 

Untuk waktu yang lama, Neji adalah salah satu shinobi terbaik di antara rekan-rekannya dan melawannya dalam situasi satu lawan satu bisa sangat menantang untuk sedikitnya.

Alasan utama Byakugan diremehkan di Naruto adalah karena tidak menerima banyak waktu layar dan bisa dieksplorasi lebih banyak selama seri.

Itulah pembahasan Byakugan vs Sharingan, kekuatan yang ikut meramaikan Naruto. 

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

10 Desain Karakter paling Kontroversial di Naruto dan Boruto