Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 13 September 2022 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Rock Lee merupakan salah satu karakter yang paling dicintai dalam serial Naruto. Karakter Naruto ini mengajarkan penggemar apa arti kerja keras. Namun ada lagi yang menarik, kenapa bentuk mata Rock Lee bulat tak seperti lainnya.

Rock Lee mulanya bukan karakter Naruto yang bisa menggunakan ninjutsu atau genjutsu, ia juga tak lahir dari klan yang punya posisi di Naruto. Akan tetapi dia bisa membuktikan kemampuannya.

Klan Lee tidak memiliki tradisi Shinobi kuno yang sama seperti banyak orang lain di Naruto. Ini karena anggotanya tidak dapat menggunakan Ninjutsu atau Genjutsu apapun.

Karena itu, mereka memiliki tradisi panjang kehidupan sipil yang tidak pernah ditanyakan oleh anggota mana pun.

Namun, ini berubah ketika Rock Lee memulai perjalanannya menjadi ninja yang kuat dan terkenal. 

Dia adalah karakter Naruto yang unik karena dia adalah salah satu dari sedikit orang yang tidak bisa menggunakan teknik ninjutsu. 

Untuk mencapai posisi tersebut, Rock Lee harus bekerja dua kali lipat lebih keras ketimbang kawannya agar menguasai ninjutsu tingkat lanjut.

Soal penampilan, banyak penggemar menyamakan Rock Lee ini dengan Might Guy.

Rock Lee dan Might Guy memiliki penampilan dan potongan rambut yang mirip. Itu wajar karena Might Guy adalah guru Rock Lee.

Tapi yang sampai saat ini masih jadi pertanyaan adalah: mengapa mata Rock Guy bulat? Ini membuatnya berbeda dengan seluruh karakter yang ada di Naruto saat ini.

Alasan psikologis

Naruto - Guru Guy dan Rock Lee. (HiTekno.com)

Jawaban tersingkat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah karena adanya unsur psikologis. Apa artinya?

Ya, salah satu penjelasan paling logis mengapa mata Rock Lee bulat adalah adanya unsur psikologis bentuk.

Setiap bentuk desain memiliki efek berbeda pada pemirsa dan dapat dikaitkan dengan emosi tertentu.

Dalam hal ini, ketika karakter manga atau anime dirancang, bentuk yang digunakan adalah cerminan dari sikap dan perilaku karakter secara keseluruhan.

Misalnya ketika ada karakter yang jahat, maka bentuk mata dan alisnya akan berbeda dari karakter dengan niat yang baik.

Untuk membantu memahami bagaimana psikologi bentu ini, tim Hitekno.com akan membandingkan bentuk mata Rock Lee bulat dengan Sasuke yang berbeda.

Penjelasan tentang psikologi bentuk Rock Lee

Naruto - Rock Lee. (fandom)

Bentuk bulat biasanya digunakan dalam mendesain karakter yang ramah dan baik. 

Ini juga salah satu alasan mengapa kebanyakan ilustrasi buku anak-anak menampilkan banyak karakter dengan wajah bulat atau oval.

Jadi jika melihat kepribadian Rock Lee yang lembut, baik dan riang, menambahkan bentuk bulat sebanyak mungkin adalah sesuatu yang masuk akal.

Jika kita melihat Rock Lee dan Sasuke, kita dapat melihat bahwa desain Sasuke memiliki garis sudut yang lebih tajam sedangkan desain Rock Lee memiliki elemen yang lebih halus dan bulat.

Mata Rock Lee lebih besar dan lebih melingkar dari mata Sasuke, yang lebih kecil dan lebih bersudut. Ini karena Sasuke punya ambisi, dendam, dan dingin.

Perbedaan Rock Lee dengan karakter Naruto lain

Naruto - Rock Lee melawan tiruan dirinya. (fandom)

Selain soal psikologi bentuk, ada alasan lain mengapa Rock Lee digambarkan memiliki bentuk mata yang bulat.

Ini karena dia tidak menggunakan ninjutsu seperti karakter-karakter lain di seri ini.

Ketika karakter seperti ini muncul di serial Naruto, penting bagi pencipta untuk mendesain karakter sedemikian rupa sehingga memungkinkan pemirsa untuk membedakannya dari yang lain.

Ini bisa menjelaskan mengapa Rock Lee memiliki mata bulat yang tidak dimiliki karakter Naruto lain. Punya teori lain soal kenapa Mata Rock Lee bulat beda dengan yang lain?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Ranking Hokage Paling Disukai di Naruto, Siapa yang di Peringkat Pertama?