Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bukan rahasia lagi jika Itachi Uchiha menjadi salah satu karakter penting di anime Naruto.

Tapi mungkin banyak penggemar yang belum tahu jika Itachi pernah mentransfer beberapa kekuatan kepada sang protagonis.

Kejadian tersebut dilakukan di chapter 403 dalam seri. Meski serial ini sudah berakhir sejak lama, banyak yang penasaran ingin tahu apa yang dilakukan Itachi pada Naruto saat itu.

Meski dilupakan, namun tak menampik bahwa proses transfer tersebut menjadi salah satu momen penting yang cukup mempengaruhi seri.

Jadi, kekuatan apa yang ditransfer Itachi Uchiha kepada Naruto?

Naruto - Mangekyou Sharingan Itachi Uchiha. (HiTekno.com)

Sebelum kita masuk ke topik ini, penting untuk memahami sedikit tentang kejadian seputar Sharingan Shisui dan apa kaitannya dengan kekuatan yang ditransfer Itachi.

Jika kamu tak lupa, kemampuan Sharingan Shisui disebut Kotoamatsukami, dan karena kemampuan ini, Danzo mencuri salah satu mata Shisui.

Saat iu, Shisui takut jika pada akhirnya Danzo akan mengambil matanya yang lain juga.

Itulah kepada Shisui kemudian mempercayakan satu matanya kepada Itachi.

Shisui tahu konsekuensi dari mata yang jatuh ke tangan yang salah bisa mengerikan, apalagi jika jatuh ke tangan penjahat dalam seri.

Namun Itachi punya cara cerdas untuk melindungi mata Shisui. Itachi menanamkan mata pada burung gagak untuk melindunginya. 

Pada Naruto chapter 403, Itachi kemudian mengirim kloningannya untuk bertemu dan berbicara kepada Naruto Uzumaki.

Setelah berbicara dengan sang protagonis, Itachi menyadari bahwa Naruto akan menjadi satu-satunya orang yang tidak akan membunuh Sasuke dan berpihak pada Konoha jika Sasuke memutuskan untuk menyerang desa. 

Itachi akhirnya memberikan Naruto burung gagaknya tersebut. Ya, burung gagak yang sebelumya sudah "dipasangi" mata Shisui, akhirnya diberikan Itachi kepada Naruto.

Itachi kemudian menjelaskan arti penting dari burung gagak tersebut kepada Naruto. 

Ia juga mengatakan kepada Naruto jika dia telah memprogram mata pada gagak untuk menggunakan Kotoamatsukami pada orang yang mengambil Mangekyou Sharingan Itachi.

Kotoamatsukami akan digunakan untuk melemparkan genjutsu pada orang tersebut untuk memastikan bahwa mereka menyelamatkan Konohagakure.

Sebenarnya, Itachi sendiri sudah curiga jika adiknya akan menjadi orang yang mengambil matanya itu.

Naruto - Itachi Uchiha sebagai Anbu. (fandom)

Andaikata Sasuke berhasil melakukan hal tersebut dan memutuskan menyerang Konoha, maka Sasuke akan menjadikan Naruto wadah kekuatan yang sempurna.

Maju ke momen Perang Dunia Shinobi Keempat. Saat itu, Itachi dihidupkan kembali oleh Kabuto menggunakan Edo Tensei dan dipaksa untuk melawan Killer B dan Naruto. 

Pada titik inilah Itachi menggunakan Mangekyou Sharingan miliknya. Setelah melakukannya, gagak dengan mata Shisui diaktifkan, dan Kotoamatsukami terlempar dari mulut Naruto.

Kotoamatsukami yang dilemparkan pada Itachi ini menyebabkan override. Ini memungkinkan Itachi untuk melepaskan diri dari kendali Kabuto dan berpihak pada Killer B dan Naruto. 

Bukan hanya itu, karena kemampuan ini hanya bisa digunakan sekali dalam 10 tahun maka proses dan kejadian ini sangat menghancurkan Itachi.

Untuk memastikan tidak jatuh ke tangan yang salah, Itachi menggunakan Amaterasu-nya untuk membunuh gagak dan menghancurkan mata Shisui.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

5 Mangaka Terkenal Sepanjang Jaman: Mulai dari Era 90-an dari Berbagai Genre