Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 03 Oktober 2022 | 18:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Brook adalah salah satu karakter One Piece yang cukup menocolok. Terlebih ada backstory Brook dengan Laboon yang cukup menyedihkan juga tidak banyak orang tahu.

One Piece sendiri merupakan seri yang berkisah tentang perjalanan Luffy untuk menjadi Raja Bajak Laut. 

Dalam perjalanannya, Luffy bertemu dengan banyak karakter One Piece dan berhasil mengumpulkan pasukan yang jadi afiliasinya.

Awaknya saat ini terdiri dari sepuluh anggota resmi. Di antara mereka adalah Brook, musisi dan anggota tertua dari kelompok itu.

Akan tetapi, banyak yang belum mengenal lebih dalam siapa Brook itu. Hal tersebut wajar karena Eiichiro Oda juga tak banyak menyinggung karakter yang satu ini.

Namun yang perlu kamu tahu, Brook ternyata memiliki backstory yang sedih dan menyentuh dalam hidupnya.

Berikut ini, Hitekno.com telah merangkum informasi siapa dan bagaimana backstory Brook dengan Laboon:

Siapa itu Brook?

One Piece - Brook. (fandom)

Brook adalah anggota tertua Bajak Laut Topi Jerami. Saat ini, dia berusia 90 tahun dan ahli dalam hal musik.

Musik Brook juga bisa menjadi senjata. Karakter One Piece ini mampu menggunakan teknik di mana dia memetik biolanya menggunakan pedangnya alih-alih busur biola.

Jika sudah demikian, maka musiknya akan menciptakan nada yang menenangkan yang membuat orang langsung tertidur. 

Musik Brook telah menunjukkan kemampuan untuk mengubah sikap dan emosi pendengarnya. Dia bisa memainkan lagu-lagu mempesona yang benar-benar dapat memikat siapapun yang mendengarnya.

Brook adalah memakan Buah Bangkit, yang memungkinkan jiwanya kembali ke dunia orang hidup dan menghuni kembali tubuhnya setelah dia meninggal. 

Berkat kekuatan ini, jiwa Brook bisa berada di dalam mayatnya sendiri. Dia bahkan dapat melakukan semua fungsi normal yang dilaksanakan tubuhnya ketika masih hidup dan berisi daging dan otot.

Setelah time skip, Brook meningkatkan penguasaannya atas kekuatan Buah Iblisnya,

Peningkatan ini membuatnya mendapatkan kontrol yang signifikan atas jiwanya sendiri dan jiwa orang lain. Dia belajar memisahkan jiwanya dari tubuhnya, menggerakkannya secara mandiri.

Efeknya, Brook kini jadi semacam hantu. Dia bisa bergerak menembus dinding dan masuk ke area yang tidak mungkin dia jangkau secara fisik.

Masa Lalu Brook dan Pertemuannya dengan Laboon

One Piece - Laboon. (fandom)

Lebih dari lima puluh tahun sebelum kejadian terkini dari seri One Piece, Brook adalah anggota Bajak Laut Rumbar. 

Kapten krunya bernama Calico Yorki, seorang pria riang dan berhati ringan yang mencintai musik lebih dari apa pun. 

Suatu hari, Bajak Laut Rumbar menemukan seekor bayi paus yang tersesat. Setelah mereka memainkan musik untuk menghiburnya, paus itu mulai mengikuti mereka.

Bajak Laut Rumbar semakin memiliki hubungan dekat dengan paus tersebut hingga menerimanya sebagai semacam anggota kru. 

Brook bahkan memberinya nama "Laboon". Keduanya melewati banyak petualangan, selalu menyanyikan lagu-lagu gembira sementara itu.

Akan tetapi sebelum menjelajah ke Grand Line, Bajak Laut Rumbar memutuskan untuk meninggalkan Laboon karena takut kejadian selanjutnya bisa terlalu berbahaya bagi Laboon  yang masih bayi.

Brook dan kru lainnya mencoba mengabaikannya dan berharap paus itu akan dibujuk untuk tidak mengikuti mereka dan pergi.

Namun, ketika mereka memasuki Grand Line, mereka menyadari bahwa Laboon telah mengikuti mereka.

One Piece - Brook. (fandom)

Setelah berhenti di Reverse Mountain selama beberapa waktu untuk memperbaiki kapal, Bajak Laut Rumbar memutuskan untuk meninggalkan Laboon di bawah asuhan Crocus.

Mereka kemudian berjanji pada Laboon bahwa mereka akan kembali setelah beberapa waktu. 

Pada saat itu, paus akan tumbuh, menjadi besar sehingga mereka dapat mengajaknya melakukan perjalanan bersama di laut yang lebih berbahaya. 

Setelah meninggalkan Reverse Mountain, Bajak Laut Rumbar melakukan perjalanan melintasi Grand Line, mengalami semua tantangan yang besar dan mematikan.

Suatu hari, Yorki dan beberapa anggota kru lainnya terkena penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Seorang pria tanpa pamrih, Yorki mengatakan kepada kru untuk meninggalkan dia yang telah terinfeksi virus aneh.

Sang kapten khawatir jika yang lain bisa terkena penyakit yang sama.

Karena dia tidak bisa lagi menemui Laboon, Yorki meminta Brook dan yang selamat lainnya untuk memberikan salam kepada paus, dan mengirim dia dan yang terinfeksi dengan lagu favoritnya, "Binks' Sake".

Brook ditunjuk sebagai kapten baru Bajak Laut Rumbar, dan mereka melanjutkan perjalanan mereka. 

Saat memasuki Segitiga Florian, mereka diserang oleh beberapa bajak laut musuh, yang melukai mereka semua dengan senjata beracun. 

Akibatnya, Brook dan yang lainnya perlahan-lahan menghilang.

Mengetahui bahwa dia telah memakan Buah Bangkit, yang akan menghidupkannya kembali setelah mati, Brook menyarankan satu hal terakhir kepada rekan-rekannya. 

Dia meminta mereka untuk memainkan satu lagu terakhir, yang akan direkam pada Tone Dial. 

Dia akan mengambil Dial itu dan membawanya ke Laboon, untuk membiarkan paus itu mendengar lagu terakhir Bajak Laut Rumbar.

Karena senang dengan apa yang dilakukan Brook, mereka yang tersisa mengerahkan kekuatan kecil apa pun yang mereka miliki dan mulai bernyanyi dan memainkan "Binks' Sake" untuk terakhir kalinya. 

Sepanjang rekaman, mereka perlahan-lahan menyerah pada racun dan mati satu demi satu. Masing-masing dari mereka tersenyum.

Yang terakhir mati adalah Brook. Dia rela menderita untuk rekan-rekannya dan mengingat janji yang mereka semua buat untuk Laboon, terus bermain sendirian sampai dia akhirnya menyerah pada racun. 

Ini secara luas mengejutkan penggemar sebagai salah satu momen paling menyedihkan namun indah di seluruh seri One Piece.

Berkat kekuatan aneh dari Buah Iblis yang dia makan, jiwa Brook bisa kembali ke dunia fana.

Sial baginya, kabut di daerah itu membuatnya sulit menemukan kapal, dan harus mencarinya selama setahun.

Ketika jiwa akhirnya menemukan tubuh Brook dan bergabung kembali, itu hanya seonggok tulang, dengan hanya rambut afro yang tersisa utuh seperti saat ini.

Hingga saat ini, Brook masih dalam pencariannya mencari Laboon yang entah kemana.

Itulah backstory Brook dengan Labook yang menarik untuk disimak. Bagaimana karakter One Piece itu ikut meramaikan kisah ini.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

One Piece: Bagaimana Pasukan Revolusioner Menjadi Ancaman Besar Bagi Pemerintah Dunia?