Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 10 Oktober 2022 | 10:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa yang tak kenal Naruto? Anime bertema ninja yang satu ini menjadi salah satu tontonan menyenangkan generasi 80 dan 90-an.

Naruto memiliki fanbase yang sangat banyak sehingga banyak sekali teori yang muncul dan diperdebatkan di kalangan penggemar itu sendiri.

Namun tahukah kamu, ternyata Naruto bukanlah anime terpopuler di Indonesia. Dilansir dari CBR, ternyata anime yang paling populer di Indonesia adalah Doraemon.

Dibawa ke Indonesia pada tahun 1980-an, Doraemon disebut sebagai anime paling populer di negara ini, bahkan mengalahkan One Piece dan Demon Slayer.

One Piece vs Naruto. (HiTekno.com)

Namun tahukah kamu jika Doraemon ini membawa misi politik? Ya, Doraemon diperkenalkan ke Indonesia untuk mengubah citra Jepang di mata rakyat Indonesia.

Dimulai pada tahun 1980-an, Kementerian Luar Negeri Jepang memulai upayanya untuk mengubah wajah Jepang di mata dunia, terutama Indonesia.

Metode diplomasi medianya ke Indonesia dan negara lain termasuk mengekspor permen, mainan dan akhirnya, anime, salah satunya adalah Doraemon ramah anak.

Mengapa Doraemon begitu populer di Indonesia?

Pengguna Twitter bernama iyom menyebut jika dua film Stand By Me Doraemon ternyata menghasilkan lebih banyak uang di Indonesia daripada film anime lainnya. 

Stand by Me Doraemon 2. (doraemon-3d.com)

Film-film lain termasuk One Piece, Jujutsu Kaisen dan Demon Slayer kalah cuan dibanding Doraemon.

Salah satu alasannya karena Doraemon ini merupakan anime yang sangat ramah anak.

Anime ini menampilkan tema dan konsep yang sesuai untuk anak-anak, termasuk hal-hal dasar seperti keberanian, kekuatan persahabatan, dan topik akrab lainnya. 

Ini mungkin tampak umum, tetapi juga membuat pertunjukan lebih mudah dinikmati bersama seluruh keluarga jika dibandingkan dengan anime yang kejam seperti Jujutsu Kaisen.

Meski demikian, ketika masuk ke Indonesia ada beberapa sensor di mana ada tokoh yang kedapatan dibikin blur di beberapa adegan Doraemon.

Misalnya saja saat Shizuka menggunakan bikini dan sebagainya. Ini bertujuan untuk menyesuaikan budaya saja.

Ilustrasi pipa beton di anime Doraemon. (Quora)

Itulah mengapa Doraemon bahkan menjadi satu-satunya anime yang ditayangkan secara konsisten di televisi Indonesia. 

Biasanya, Doraemon akan tayang di RCTI setiap Minggu pagi. Dan yang paling membuat penggemar tak mudah bosan adalah temanya yang berubah-ubah.

Tidak seperti One Piece yang perlu menunggu waktu lama untuk tamat, Doraemon ini punya cerita yang selesai dalam sekali duduk.

Itulah mengapa saat film Stand By Me muncul, antusiasme masyarakat Indonesia begitu hebat.

Sebab di mata orang Indonesia, Stand By Me seperti film penutup yang dibuat setelah Fujiko A. Fujio meninggal dunia.

 

Untuk informasi terkini seputar dunia teknologi, sains dan anime, jangan lupa untuk subscribe halaman Facebook kami di sini.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

5 Anime Santai Cocok Ditonton saat Libur Idul Adha