Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 13 Oktober 2022 | 18:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Spoiler One Piece 1063 telah beredar mengklaim berbagai hal baru akan ditampilkan dalam manga ini. Yakni bagaimaan disebutkan kalah Eiichiro Oda akan mengenalkan Haki tipe baru nantinya.

Sebagai informasi, dalam dunia One Piece ada Haki dan buah iblis yang dianggap sebagai sumber kekuatan besar.

Sama halnya dengan buah iblis, tidak semua orang dalam dunia One Piece bisa menggunakan Haki.

Namun bedanya, Haki adalah sumber kekuatan yang bisa dipelajari. Berbeda dengan buah iblis yang harus mendapatkan dan memakannya lebih dulu.

Meskipun sebagian besar orang di Dunia Baru memiliki kemampuan ini, jika dibandingkan dengan jumlah total orang di dunia, hanya sedikit yang dapat menggunakan kekuatan ini. 

Haki sendiri pada dasarnya adalah sebuah kemampuan dimana seseorang mampu menggunakan kemauan atau semangatnya untuk sesuatu yang sangat luar biasa dalam sebuah pertarungan.

Haki sendiri, seperti yang kita ketahui, terbagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah Kenbunshoku Haki (Observation Haki), Busoshoku Haki (Armament Haki) dan Haoshoku Haki (Conqueror Haki). 

Kita pasti sudah tahu apa dan bagaimana serta seberapa kuat Haki di dunia One Piece tersebut. 

Dikutip tim HiTekno.com dari Hitlava, muncul informasi tentang Haki baru muncul saat Luffy berlatih bersama dengan Rayleigh melalaui spoiler One Piece 1063.

Namun, nyatanya kekuatan Haki sendiri sudah ditunjukkan oleh Eiichiro Oda bahkan sejak chapter atau episode pertama dari serial tersebut.

Haki Tipe Lainnya

Pengguna Haoshoku Haki di One Piece. (Fandom)

Meskipun Haki secara garis besar terbagi menjadi tiga jenis, dalam cerita kita sering melihat bagaimana Eiichiro Oda mengembangkan ide Haki ini. 

Yang paling umum tentunya adalah bagaimana Eiichiro Oda menghadirkan versi yang jauh lebih luar biasa atau advance. 

Contoh nyatanya adalah Advanced Armament Haki atau Ryuo. Di level ini, pengguna akan dapat menghancurkan objek dari dalam.

Atau kita juga bisa melihat Haki Observasi Lanjutan, di mana pengguna akan dapat melihat ke masa depan untuk sementara waktu. 

Dan tentunya yang paling epic adalah Advanced Conqueror Haki dimana ketika pengguna mengaktifkan kekuatan ini mereka akan menjadi sosok yang tak terkalahkan. Kaido dan Luffy adalah contoh nyata dari ini.

Pengguna juga dapat menerapkan Haki di mana pun mereka mau. Mereka bisa melapisi tubuh atau bagian tubuh lainnya dengan Haki. Bahkan, mereka bisa melapisi senjata apapun dengan Haki. 

Hal ini tentunya sangat menarik karena perkembangan konsep Haki sangat luar biasa yang memperdalam dan memperluas mitologi dalam serial One Piece.

Memperkenalkan Haki Tipe Baru?

One Piece - Blackbeard. (Fandom)

Namun, ada poin menarik di mana Eiichiro Oda bisa memberikan petunjuk tentang munculnya jenis Haki lainnya. Spekulasi ini berdasarkan informasi yang beredar dari spoiler One Piece 1063

Dalam informasi tersebut, kita melihat bagaimana Trafalgar Law dan kelompok Blackbeard saling bertarung. Ini terjadi setelah Blackbeard menyerang Law di tengah lautan.

Setelah merapat ke pulau terdekat, pertarungan akhirnya terjadi. Namun, detail menarik kemudian muncul dalam pertempuran tersebut. 

Informasi lain menyebutkan bahwa di tengah pertarungan muncul kilat atau kilatan putih. Flash adalah efek yang muncul saat Law menggunakan Haki miliknya.

Lalu mengapa ini menjadi "luar biasa"? 

Luffy Haoshoku Haki. (Fandom)

Sebab, umumnya saat seseorang menggunakan kekuatan Conqueror Haki maka akan muncul kilatan hitam di sekelilingnya. 

Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan Shirohige vs Roger, Luffy vs Kaido, atau bahkan saat Shanks menggunakan kekuatan Haki-nya untuk membuat Aramaki menyerah dan kemudian meninggalkan Wano.

Dua kemungkinan yang kemudian muncul dari sini adalah pertama adalah petunjuk dari Oda bahwa ada "tipe" Haki lain di dunia One Piece. Dan dia akan memperkenalkannya melalui pertarungan ini. 

Bisa jadi, ini bukan level lanjutan dari tiga Haki sebelumnya. Tapi, sebenarnya Eiichiro Oda akan menghadirkan Haki tipe baru yang berbeda.

Kemungkinan kedua adalah kombinasi dari beberapa Haki tingkat lanjut. 

Ketika pengguna Haki menggabungkan kemampuan Haki mereka, apa yang mungkin terjadi adalah sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya akan terjadi. 

Law sendiri dikenal memiliki kemampuan Persenjataan Haki dan juga Observasi Haki. Mungkin, kilatan putih itu adalah efek karena Law menggabungkan kedua Haki.

Itulah spoiler One Piece 1063 yang memprediksi kalau nantinya Eiichiro Oda akan mengenalkan Haki tipe baru. 

BACA SELANJUTNYA

Rilis Trailer Baru, Kapan One Piece Live Action Tayang?