Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kisah di balik meme Is This a Pigeon ini ternyata berasal dari sebuah anime. Namun bagaimana meme itu bisa populer dan bagaimana sampai viral di media sosial?

Para pecinta anime tentu sudah tidak asing dengan meme “Is This a Pigeon?”. " Is This a Pigeon?" adalah kutipan populer yang diucapkan oleh karakter protagonis dari serial TV anime Jepang tahun 1990-an The Brave Fighter of Sun Fighbird dalam sebuah adegan di mana karakter humanoid salah mengidentifikasi kupu-kupu sebagai merpati.

The Brave Fighter of Sun Fighbird diciptakan untuk menjadi Transformers versi Jepang. Sederhananya, seri Brave adalah upaya Takara dalam melakukan metaseries robot super modern selama tahun 90-an. Ditujukan terutama pada anak-anak, nada umumnya ceria, terkadang konyol, dan hampir selalu berani.

Siaran pertama, tidak pernah populer di luar Jepang, tetapi beberapa tahun terakhir, menjadi salah satu gambar paling populer di internet. Gambar tersebut berasal dari sebuah adegan di mana sebuah humanoid mencoba meyakinkan seorang detektif polisi bahwa dia adalah manusia.

Dia jauh dari standar kecerdasan buatan Westworld, dan terus salah mengidentifikasi objek di sekitarnya. Dia pikir mawar adalah violet dan bertanya apakah kupu-kupu adalah merpati.

Di media sosial, kutipan, bersama dengan gambar reaksi dari adegan yang menampilkan subtitle terjemahan bahasa Inggris, banyak digunakan untuk mengungkapkan kebingungan total.

Protagonis humanoid Yutaro Katori mencoba memahami dunia di sekitarnya serta bagaimana rasanya menjadi manusia. Ini karena kesadaran Yutaro sebenarnya adalah makhluk hidup berbasis energi alien yang dikenal sebagai Fighbird dari Pasukan Polisi Luar Angkasa, dan karena itu tidak memiliki pemahaman nyata tentang dunia tempat kita tinggal.

Meme Is This a Pigeon

Tangkapan layar dari adegan itu pertama kali muncul pada 2011, sebagian besar di Tumblr dan forum anime. Saat itu terutama digunakan untuk lelucon anime, seperti penggemar berat yang saling mengejek karena salah mengidentifikasi Pokémon.

Bahkan akun resmi Netflix menggunakan meme Is This a Pigeon ini untuk mengomentari casting aktor yang dipertanyakan dalam drama sekolah menengah.
 
Meme Is This a Pigeon kembali mendapatkan popularitas yang melonjak. Dalam beberapa tahun terakhir, meme itu semakin populer dan orang-orang mengadaptasinya untuk konten yang dapat diterima dan untuk mengolok-olok perilaku bermasalah. Adaptasi ini sesuai dengan meme Distracted Boyfriend atau American Chopper.

Itulah bagaimana kisah di balik meme Is This a Pigeon yang ternyata berasal dari anime The Brave Fighter of Sun Fighbird.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

7 Makanan Jepang di Anime Suzume no Tojimari