Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 16 Oktober 2022 | 18:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ada banyak cerita yang bisa dibahas dari serial One Piece, namun terkadang cerita tersebut terlewat karena penggemar lebih fokus pada hal-hal krusial.

Padahal jika dibahas, penggemar akan menemukan "sesuatu" dari bahasan yang kelupaan untuk dikulik-kulik tersebut.

Salah satunya adalah pertanyaan tentang kapan tepatnya Luffy belajar Haki, sebab selama ini yang kita tahu hanyalah kisah bagaimana dia memakan Gomu Gomu no Mi atau yang sekarang diketahui sebagai Hito Hito no Mi model Nika.

Penulis dan ilustrator Eiichiro Oda sebenarnya pernah menulis bahwa Monkey D. Luffy belajar menggunakan Haki dengan orang yang paling ahli soal Haki.

Orang yang dimaksud adalah tangan kanan mantan raja bajak laut Gol D. Roger, Silvers Rayleigh. 

Proses Luffy belajar Haki dengan Rayleigh ini terjadi selama jeda waktu dua tahun di One Piece, antara manga bab 597 dan 598, dan episode anime 516 dan 517.

Nah buat kamu yang belum tahu atau lupa dengan cerita pertama kali Luffy belajar Haki, berikut tim Hitekno.com telah merangkumnya khusus buat kamu.

Pelatihan Luffy di bawah Rayleigh

One Piece - Silvers Rayleigh. (fandom)

Setelah perang di Marineford dalam seri One Piece, Bajak Laut Topi Jerami memutuskan untuk berlatih ke Dunia Baru di pulau-pulau terpisah. 

Di Pulau Rusukaina, Luffy memulai pelatihan selama dua tahun di bawah "Raja Kegelapan" Rayleigh dan belajar tentang tiga jenis Haki yakni Haki Pengamatan, Haki Persenjataan, dan Haki Penakluk. 

Haki Pengamatan meningkatkan indra seseorang, Haki Persenjataan digunakan untuk mendapatkan kekuatan fisik.

Sedangkan Haki Penakluk digunakan untuk menundukkan lawan secara paksa atau bahkan membuat mereka tidak sadarkan diri.

Pulau Rusukaina secara geografis penting bagi Luffy karena menjadi tempat dirinya belajar mengendalikan Haki.

Pulau ini diketahui memiliki empat puluh delapan musim dan sekitar lima ratus hewan yang lebih kuat darinya. Lingkungan yang keras mendorong Luffy untuk tumbuh lebih kuat.

Rayleigh pertama kali mendemonstrasikan ketiga jenis Haki dengan memerangi gajah raksasa, dan kemudian membuat Luffy menjalani serangkaian tes, termasuk menutup matanya untuk melatih pengamatannya.

Banyak orang bertanya-tanya mengapa Luffy harus mempelajari Haki, padahal Buah Iblisnya saja sudah kuat.

Ternyata ini jawaban mengapa Luffy belajar Haki

One Piece - Luffy menggunakan Haoshoku Haki. (fandom)

Salah satu alasan mengapa Luffy belajar Haki adalah untuk bersaing dengan bajak laut yang menggunakan Haki yang ditemui di Marineford.

Memang, Buah Iblis Gomu Gomu no Mi tidak lemah, namun ternyata itu juga bukan Buah Iblis terkuat di serial ini. Oleh sebab itu Luffy membutuhkan Haki.

Kekuatan Haki ini sesuai dengan kreativitas penggunanya. Hanya tekad dan kreativitas Luffy yang memungkinkannya untuk menghasilkan Gear yang membuatnya menjadi lawan yang tangguh. 

Tapi pemahamannya yang terbatas tentang Haki membuatnya tidak bisa berdiri di level yang sama dengan Bajak Laut Dunia Baru.

Dengan demikian, Luffy harus memaksakan dirinya untuk menguasai Haki melalui pelatihan yang ketat.

Selain untuk melawan musuh, Haki ini juga berguna untuk melindungi krunya dan memenuhi mimpinya menjadi raja bajak laut dengan mengalahkan Kaisar Laut dan menemukan One Piece.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

One Piece: Mengapa Eiichiro Oda Mengambil Cuti selama Sebulan?