Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Di mana lokasi Road Poneglyph terakhir yang disebut-sebut sebagai petunjuk jalan menuju One Piece berada? Tentunya banyak bajak laut memburunya untuk mendapatkan harta karun One Piece tersebut.

Termasuk kelompok Bajak Laut Topi Jerami yang dipimpin Luffy memimpikan bisa sampai tempat yang bernama Laugh Tale untuk mendapatkan harta karun One Piece.

Mereka pun terus memburu keberadaan Road Poneglyph yang menjadi petunjuk arah menuju tujuan utama kisa manga dan anime ini.

Selama lebih dari dua dekade, para fans melihat bagaimana Luffy dan seluruh kru Bajak Laut Topi Jerami berpetualang menghadapi berbagai musuh serta halangan dan rintangan.

Seiring berjalannya waktu, Luffy perlahan mulai berhasil untuk semakin dekat menuju pulau terakhir, Laugh Tale. Ini merupakan sebuah pulau yang menjadi tempat disimpannya harta karun terbesar, One Piece. 

Sebelum itu, Roger dan krunya menjadi kelompok bajak laut terakhir yang pernah pergi ke sana dalam 800 tahun terakhir.

Namun, untuk pergi ke Laugh Tale tidaklah mudah. Para bajak laut membutuhkan Road Poneglyph sebagai petunjuk jalan mereka.

Road Poneglyph merupakan sebuah artefak raksasa berwarna merah yang terbuat dari bahan yang tidak bisa dihancurkan, yaitu batu laut. Seperti halnya Poneglyph lain, ada tulisan misterius yang terpahat di atasnya. 

One Piece - Road Poneglyph milik Big Mom. (fandom)

Namun, yang membedakannya dengan Poneglyph lainnya adalah isi yang ada di Road Poneglyph tersebut. Artefak ini tidak berisi sejarah atau penjelasan apa pun.

Road Poneglyph merupakan Poneglyph yang sangat penting, karena berisi petunjuk yang akan memberikan arahan kepada siapa pun yang hendak pergi menuju pulau terakhir di Grand Line, yaitu Laugh Tale. 

Jumlah Road Poneglyph sendiri ada empat buah. Ketika seorang bajak laut berhasil menemukan semua Road Poneglyph, maka mereka akan mampu pergi ke Laugh Tale.

Inilah alasan mengapa kemudian Road Poneglyph menjadi elemen yang sangat penting bagi bajak laut. Pasalnya, meskipun seseorang memiliki log pose atau kompas khusus yang mampu memberikan arahan ke mana seseorang harus pergi, jika tanpa ada petunjuk dari Road Poneglyph niscaya mereka akan kesulitan menemukan pulau tersebut. Hal ini pernah Roger alami puluhan tahun lalu.

Dalam alur cerita kilas balik Kozuki Oden, Roger mengaku bahwa dia kesulitan untuk menemukan di mana keberadaan dari pulau terakhir.

Karena, dia tidak bisa menerjemahkan apa isi dari Road Poneglyph yang dia temukan. Inilah yang menjadi alasan mengapa Roger ingin Kozuki Oden bergabung dengan kelompoknya. Karena, pada saat itu, hanya dia yang mampu membaca Road Poneglyph.

Hasilnya, Roger pun berhasil menuju Laugh Tale dan menjadi raja bajak laut. Ini juga alasan mengapa bajak laut rela melakukan apa pun demi salinan Road Poneglyph, termasuk menyerang bajak laut lain. 

Hal ini bisa kita lihat dalam manga One Piece chapter 1063 kemarin, di mana kelompok Blackbeard sengaja menyerang kelompok bajak laut Hati demi mencuri salinan Road Poneglyph.

Bahkan, mereka juga rela menculik orang lain demi menerjemahkan tulisannya. Semua dilakukan demi menuju Laugh Tale tempat harta karun One Piece berada.

Di mana Lokasi Road Poneglyph Terakhir?

One Piece - Laugh Tale atau Raftel. (fandom)

Sampai sejauh ini, Oda Sensei baru memperlihatkan tiga dari empat Road Poneglyph yang ada. Pertama, kita bisa menemukannya bersama suku Minks di Zou. Kedua, Road Poneglyph lainnya ada di tangan Big Mom di Whole Cake Island.

Kemudian ketiga, yang baru saja berhasil Luffy, Kid, dan Law dapatkan, berasal dari wilayah Wano. Kelompok Topi Jerami sendiri berhasil mengumpulkan tiga salinan Road Poneglyph.

Hanya tinggal satu salinan Road Poneglyph lagi, sebelum kemudian mereka berhasil menuju pulau Lodestar dan barulah mereka tiba di Laugh Tale. 

Ini yang kemudian menjadi salah satu misteri besar yang para fans nantikan jawabannya. Banyak spekulasi yang beredar di kalangan fans, jika Road Poneglyph keempat ada di sebuah wilayah tersembunyi dan sangat aman.

Ada juga yang berspekulasi jika Road Poneglyph keempat berada di pihak Pemerintah Dunia. Namun, Eiichiro Oda sendiri sempat memberikan petunjuk di mana kemungkinan Road Poneglyph keempat berada. 

Hal ini bisa kita lihat dalam booklet Road to Laugh Tale. Dalam booklet tersebut, Oda memberikan beberapa nama pulau yang kemungkinan menjadi lokasi di mana Road Poneglyph terakhir berada. Beberapa nama pulau tersebut adalah pulau Vila/Vira, Elbaf, dan juga pulau Beehive. 

Saat ini, Luffy dan kelompok Topi Jerami sedang memulai arc baru pasca Wano. Artinya hanya tinggal masalah waktu saja bagi mereka untuk menemukan keberadaan Road Poneglyph terakhir.

Itulah berapa informasi soal lokasi Road Poneglyph terakhir yang menjadi petunjuk ke mana arah Laugh Tale tempat harta karud One Piece berada. Akankah Luffy dan Bajak laut Topi Jerami bisa mencapainya? (Depok.suara.com)

BACA SELANJUTNYA

One Piece: Bagaimana Pasukan Revolusioner Menjadi Ancaman Besar Bagi Pemerintah Dunia?