Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 19 Oktober 2022 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat viral kisah mahasiswa Teologi yang sukses menyelesaikan skripsi dengan topik One Piece. Berkat One Piece, mahasiswa ini sukses meraih gelar sarjana teologi di salah satu Universitas ternama.

Dikutip HiTekno.com dari Indotnesia, adalah mahasiswa teologi dari  Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang meneliti soal One Piece sebagai topik skripsinya.

Faldy Ekal Tappy, mahasiswa asal Toraja, Sulawesi Selatan ini melakukan penelitian skripsi dengan mempelajari hubungan antara kelompok bajak laut dalam serial anime One Piece.

Bagaimana kontrasnya antara anime soal Bajak Laut penuh fantasi dengan teologi Kristen menjadi sorotan hingga kisah mahasiswa ini viral.

Mengambil judul "Eklesiologi Trinitaris One Piece: Telaah terhadap Relasi Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dalam Anime One Piece berdasarkan Pemikiran John D. Zizioulas dalam ‘The One’ dan ‘The Many’" skripsi mahasiswa Toraja ini ternyata diterima pihak kampus.

Pria ini menjelaskan, alasannya memilih serial tersebut karena dalam adegannya memperlihatkan keberagaman komunitas persekutuan yang mencakup ras, suku, dan bangsa.

Menurutnya, hal tersebut seharusnya juga dapat diterapkan di gereja agar bisa membentuk persekutuan yang utuh.

One Piece - Grand Fleet Topi Jerami. (fandom)

Lebih lanjut, Faldy Ekal Tappy juga sempat menceritakan awal mula ia terinspirasi untuk mengangkat serial anime One Piece sebagai objek penelitian setelah melihat salah satu temannya di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) yang meneliti tentang film Batman.

Dari situ, pria yang telah diwisuda sejak Maret 2022 itu mencoba untuk mengangkat anime One Piece sebagai bahan penelitian.

Selain itu, ketertarikannya untuk meneliti serial anime dan manga karya Eiichiro Oda itu juga tak lepas dari kegemarannya melihat kisah Luffy dan kawan-kawannya tersebut.

Mahasiswa angkatan 2018 itu juga mengamati bahwa anime One Piece saat ini telah menjadi budaya populer karena jumlah memiliki banyak penggemar.

Tak hanya itu, Faldy Ekal Tappy juga mengungkap dalam serial tersebut setiap karakter One Piece sebenarnya memberikan sebuah tawaran baru bagi penonton, yaitu tentang menyadari kembali peran masing-masing pribadi dalam komunitas.

Ia menjelaskan, peran tersebut dimulai dengan menyadari berbagai bentuk penerimaan dan saling memahami. 

Setelah itu, setiap pribadi berpartisipasi dalam hubungan interaksi komunitas mereka, untuk kemudian melangkah dan mengarungi lautan tantangan yang ada dalam mencapai tujuan dengan ikatan kasih serta keceriaan.

Itulah kisah viral Faldy Ekal Tappy, mahasiswa yang sukses meraih gelar sarjana teologi setelah menyelesaikan skripsi soal One Piece. (Indotnesia )

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz