Selasa, 23 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Sabtu, 12 November 2022 | 14:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seperti diketahui, belakangan ini ada banyak genre anime yang berkisah tentang pemburu iblis. Dua di antaranya yang tengah naik daun adalah Demon Slayer dan Chainsaw Man.

Kedua anime ini sama-sama memiliki alur cerita memburu iblis dengan tantangannya masing-masing.

Sebelum kita membahas tentang pekerjaan mana yang lebih sulit, ada baiknya kita membahas lebih dahulu tentang apa itu anime Chainsaw Man vs Demon Slayer.

Tentang pemburu iblis Demon Slayer

Demon Slayer -Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles. (SEGA)

Demon Slayer berkisah tentang setan pemakan daging yang berkeliaran di malam hari, meneror kota dan desa setempat dengan cakar dan taring. 

Setan-setan ini dulunya adalah manusia yang bermutasi menjadi pemangsa supernatural karena darah Muzan Kibutsuji. Karena mereka dulunya manusia, maka hanya daging manusia yang dapat menopang mereka. 

Setan-setan ini memiliki banyak keunggulan alami dibandingkan manusia, mulai dari peningkatan kecepatan dan kekuatan hingga kemampuan khas mereka untuk menyembuhkan sebagian besar luka dengan cepat, bahkan kehilangan anggota tubuh. 

Setan yang lebih kuat seperti Yahaba dan dua belas Bulan juga memiliki seni setan darah, versi mereka sendiri dari My Hero Academia 's Quirks atau jutsu Naruto. 

Namun yang perlu digarisbawahi, para setan ini hanya keluar pada malam hari, memaksa pembunuh setan untuk melawan makhluk-makhluk ini di wilayah mereka sendiri.

Pembunuh iblis profesional melawan balik dengan pedang Nichrin mereka, yang ditempa dari biji yang direndam matahari yang dapat membunuh iblis secara permanen melalui pemenggalan kepala. 

Pembunuh ini juga dapat meningkatkan kekuatan mereka untuk sementara waktu dengan teknik pernapasan khusus, mulai dari Pernafasan Suara Tengen Uzui hingga pernapasan guntur Zenitsu Agatsuma dan Pernafasan Air protagonis Tanjiro Kamado.

Pembasmi setan juga mendapat dukungan logistik dari penginapan lokal, yang melindungi mereka dengan tembok tetapi juga bunga wisteria untuk mengusir setan. 

Namun, tingkat korban para prajurit ini tinggi, dan bahkan sembilan Hashira tidak dapat dengan mudah menghadapi ancaman Bulan atas seperti Akaza yang agresif atau duo Daki/Gyutaro. Dikatakan bahwa sebagian besar pembunuh yang ditemui Tanjiro berusia paling tua di akhir 20-an.

Tentang pemburu iblis Chainsaw Man

Chainsaw Man (Bstation)

Dalam Chainsaw Man, anime ini berlatarkan dunia alternatif tahun 1990-an di mana pemerintah kota Tokyo menyewa pemburu iblis profesional untuk menemukan dan menghancurkan semua iblis yang mengancam umat manusia. 

Mereka dibagi antara pegawai keselamatan publik dan sektor swasta, dengan yang pertama dibayar dengan gaji yang layak sebagai pegawai pemerintah. Protagonis dalam anime ini bernama Denji/Chainsaw Man dan rekannya yang jahat, Power.

Keduanya bekerja untuk divisi ke-4 keselamatan publik di bawah Makima yang misterius, memberi pemirsa gambaran tentang seperti apa pekerjaan ini sebenarnya.

Pemburu setan dapat menggunakan senjata mereka sendiri, seperti katana Aki Hayakawa. Akan tetapi mereka juga menggunakan sekutu setan dan iblis mereka sendiri untuk melawan api dengan api. 

Pemburu iblis menangkap iblis bukan karena belas kasihan, tetapi untuk membuat kontrak dengan mereka dan melawan iblis lain dengan kekuatan yang sama. 

Chainsaw Man. (Twitter)

Melakukan hal ini datang dengan biaya, namun. Lalu ada outlier seperti Denji dan Power yang tidak biasa bahkan menurut standar Divisi 4, dengan Denji menjadi manusia/iblis unik dan Power menjadi iblis yang menggunakan darahnya sendiri untuk membentuk senjata.

Ketika sudah mengetahui bagaimana tugas pemburu iblis di masing-masing anime, jadi mana yang lebih kuat?

Bisa dikatakan, kedua pekerjaan pemburu monster itu sama-sama sulit dan menimbulkan banyak bahaya serius, karena iblis menggunakan kekuatan supranatural yang menakutkan yang hampir tidak bisa ditandingi oleh senjata dan taktik manusia. 

Konon, pembunuh iblis pasti lebih tangguh secara keseluruhan. Tapi bedanya untuk pemburu iblis di Demon Slayer, mereka tidak memiliki fasilitas modern seperti mobil, ponsel, dan koneksi Internet dial-up, yang semuanya dapat digunakan secara teratur oleh para pemburu setan di Chainsaw Man .

Karakter Demon Slayer. (HiTekno.com)

Para prajurit di Demon Slayer merasa lebih sulit untuk bekerja sama atau menanggapi keadaan darurat di tempat lain karena komunikasi mereka sangat lambat, bahkan dengan bantuan burung gagak. 

Jika regu pembunuh iblis dalam masalah, bantuan mungkin datang terlambat, sementara pemburu setan dapat berlindung dan menggunakan ponsel untuk meminta bala bantuan yang mungkin datang dengan mobil yang melaju kencang.

Pembunuh iblis di Demon Slayer juga menghadapi musuh yang lebih terorganisir daripada pemburu iblis di Chainsaw Man. Musuh pembunuh iblis di Demon Slayer adalah Muzan Kibutsuji dan dua belas Bulan Iblisnya . 

Setan elit ini dapat memerintahkan seluruh regu antek, atau setidaknya berkoordinasi satu sama lain dan Muzan sendiri untuk membantai Hashira dengan ketepatan yang menakutkan. 

Tidak ada iblis di Chainsaw Man yang akan melakukan itu karena mereka lebih seperti hewan liar, menuruti insting mereka sendiri dan kurang memperhatikan satu sama lain. 

Denji dan Power akan berada dalam masalah yang lebih besar jika ada organisasi seperti yang ada di anime Demon Slayer, namun untungnya organisasi tersebut tidak ada di Chainsaw Man.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

5 Anime Santai Cocok Ditonton saat Libur Idul Adha