Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 21 November 2022 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hunter x Hunter (2011) diterima secara luas sebagai salah satu anime shonen terbaik sepanjang masa oleh penggemar dan kritikus. Apa yang membuat Hunter x Hunter sebagai serial shonen top tier saat ini?

Ada aspek-aspek tertentu dari anime Hunter x Hunter ini yang memenuhi syarat sebagai shonen papan atas. Hunter x Hunter telah memenangkan banyak penghargaan dan mendapatkan rasa hormat dari seluruh komunitas anime.

Hunter x Hunter mengikuti kisah Gon Freecss, seorang anak berusia 12 tahun yang bercita-cita menjadi pemburu legendaris seperti ayahnya Ging Freecss yang meninggalkannya di masa bayinya.

Gon melakukan perjalanan untuk menjadi pemburu dan menemukan Ging sementara dia mengalami beberapa petualangan di sepanjang jalan bersama teman-temannya.

Hunter x Hunter adalah anime bergenre shonen yang dikembangkan dari manga dengan judul yang sama yang ditulis dan digambar oleh Yoshihiro Togashi yang berjalan sejak tahun 1998.

Meskipun demikian, ada adaptasi anime yang berbeda dari manga Hunter x Hunter - serial anime tahun 1999; Original Video Animations (OVA) dari tahun 2001-2004. Adaptasi anime tahun 2011 adalah yang paling fenomenal.

Itu diumumkan pada Juli 2011, dan itu adalah reboot yang memulai kembali cerita dari awal alih-alih melanjutkan cerita dari mana OVA meninggalkannya. Hiroshi Kjina mengambil peran sutradara untuk serial ini, dan diproduksi oleh studio animasi Madhouse.

Tapi apa yang membuat serial Hunter x Hunter ini luar biasa dan layak dianggap sebagai kultus klasik dan inovatif?

1. Karakter yang Ditulis dengan Baik

Hunter X Hunter. (Fandom)

Salah satu hal utama yang membuat Hunter x Hunter spektakuler adalah karakter-karakter yang ada di dalamnya ditulis dengan cukup baik dan bernuansa.

Karakter melengkapi cerita hampir sempurna. Protagonis serial ini, Gon, secara akurat memenuhi kriteria karakter utama yang layak untuk anime bergenre shonen.

Dia berani, percaya diri, konyol, baik hati, dan kuat singkatnya semua hal yang menjadi protagonis shonen. Karakter seperti Leorio, Kurapika, Killua, dan Chairman Netero cukup menjanjikan, terutama dalam hal mengusung cerita Hunter x Hunter dan menjaga keseimbangan.

Yoshihiro Togashi memberikan banyak perhatian saat menulis karakter dan mengembangkannya saat cerita bergerak maju.

Sepertinya hampir setiap karakter membawa latar belakang atau cerita kecil mereka sendiri untuk berkontribusi pada cerita seri. Bahkan karakter sampingan seperti Melody, Biscuit, Knuckle, Morel Mackernasey, dll., sangat menarik dan memainkan peran penting dalam keseluruhan cerita arc.

Dalam hal karakter, Yoshihiro Togashi sangat fokus pada gagasan inklusivitas yang tercermin dalam beragam karakter yang diciptakannya untuk serial tersebut.

2. Arc Terbaik

Hunter X Hunter - Kurapika - Chain Jail. (fandom)

Hunter x Hunter mungkin menjadi salah satu dari sedikit anime yang memiliki lebih dari satu arc yang bisa dicap terbaik. Arc Yorknew City adalah yang terbaik yang bisa didapatkan oleh anime shonen.

Ia memiliki semua bahan yang diperlukan untuk pengalaman mendongeng yang hebat. Ini memiliki karakter yang luar biasa seperti Phantom Troupe, Gon, dan teman-temannya.

Kadang-kadang pembuat seri shonen membunuh cerita dengan meregangkannya terlalu banyak untuk menciptakan ketegangan yang tidak perlu, dan hype mereka tergelincir dari titik plot inti. Tapi tidak demikian halnya dengan arc Yorknew City. Meskipun arcnya panjang sekitar 22 episode, itu tidak membuat penonton menyadarinya karena arc-nya sama sekali tidak membosankan.

Arc terbaik kedua adalah arc Semut Chimera. Itu terjadi segera setelah akhir busur Pulau Keserakahan. Ada begitu banyak aspek dari busur ini yang membuatnya istimewa seperti fakta bahwa itu mungkin satu-satunya busur anime dimana protagonis tidak menemukan penjahat sekalipun untuk keseluruhannya.

Yoshihiro Togashi baru saja memutuskan untuk membunuh kiasan 'pahlawan menyelamatkan hari ini' dengan busur ini. Antagonis arc ini, Meruem, mungkin memiliki salah satu pengembangan karakter terbaik di dunia anime.

Yoshihiro Togashi membuat pengembangan karakter Meruem sangat bernuansa dan menarik. Dia menjelajahi nuansa berbeda dari karakter antagonis dan tidak membatasi Meruem menjadi penjahat shonen biasa.

3. Antagonis Terbaik

Hunter x Hunter - Chrollo Lucilfer. (fandom)

Antagonis luar biasa inilah yang membuat Hunter x Hunter dan busurnya, luar biasa. Mereka adalah karakter yang sepenuhnya memanfaatkan kiasan cerita yang berbeda dan memberikan bentuk cerita yang bagus.

Hunter x Hunter unggul dalam hal antagonis. Ia mendapatkan antagonis penuh pertamanya dalam bentuk Chrollo Lucilfer, kepala Phantom Troupe.

Chrollo menjadi antagonis yang hebat karena beberapa alasan penting. Dia memiliki kemampuan nen mematikan yang disebut, Pemburu Keterampilan, menjadikannya salah satu karakter paling kuat dalam serial ini. Ciri-ciri karakternya menjadikannya sebagai real deal, dia hanya berbicara jika diperlukan.

Tidak seperti bos penjahat lainnya, Chrollo tidak pernah menggunakan rasa takut untuk memastikan kesetiaan anggota timnya. Chrollo tegas dan aman dalam dirinya sendiri dan tidak meledak seperti kebanyakan antagonis. Latar belakang dan motifnya membuktikan bahwa dia memang seorang antagonis yang ditulis dengan baik dengan haknya sendiri.

Meruem di sisi lain awalnya ditampilkan sebagai penjahat yang sangat kuat, raja semut chimera yang ingin memusnahkan umat manusia dari muka bumi.

Namun seiring berjalannya cerita dan karakternya berkembang, dia ternyata lebih manusiawi daripada manusia itu sendiri. Meruem adalah contoh paling tepat dari karakter abu-abu yang ditulis dengan hati-hati.

Ideologinya tentang ras manusia, pertempuran dengan Ketua Netero, dan ikatan dengan Komugi berfungsi sebagai katalis untuk membuat semut chimera menjadi hebat.

4. Gaya bercerita yang luar biasa

Hunter x Hunter - Keluarga Zoldyck. (fandom)

Gaya bercerita Yoshihiro Togashi tak tertandingi, aneh, dan menarik. Dia memperkenalkan dunia dengan kejeniusannya melalui Hunter x Hunter. Meski merupakan shonen, Yoshihiro Togashi memastikan bahwa ceritanya intens dan tajam yang juga menjadi alasan mengapa beberapa penggemar menganggap Hunter x Hunter sebagai seinen karena memiliki unsur genre seinen.

Sambil mempertahankan nadanya yang intens, ceritanya juga memiliki momen-momen ringan dan lucu. Sepanjang serial anime, semuanya terasa tertata dengan baik dan dieksekusi dengan benar. Sutradara dan penulis anime sangat terpuji dalam menggunakan materi sumber secara efisien dan bijaksana.

Bagaimana adaptasi manga muncul di layar sangat bergantung pada arah dan keputusan penceritaan yang diambil oleh pembuat anime. Faktor lain yang membuat Hunter x Hunter berada di kelas elite shonen adalah tidak adanya protagonis yang kaku.

Baru-baru ini, Yoshihiro Togashi mengumumkan bahwa dia akan kembali ke mejanya dan menggambar bab baru untuk Hunter x Hunter.

Di chapter mendatang, Kurapika akan berperan sebagai protagonis dari arc baru ini. Langkah yang diambil oleh Yoshihiro Togashi ini membuktikan mengapa Hunter x Hunter berada di liga tersendiri. Penggemar hampir tidak dapat menyaksikan karakter sampingan menjadi protagonis penuh dalam manga atau anime yang sudah sukses.

Fleksibilitas Yoshihiro Togashi dengan karakternya memungkinkan dia sebagai seorang penulis untuk mengeksplorasi bagian cerita yang belum dijelajahi yang dia ciptakan dan memberikan dirinya intelektualisme kreatif. Elemen-elemen ini membantu Hunter x Hunter menjadi pengalaman mendongeng yang luar biasa.

5. Orisinalitas dan Kompleksitas

Hunter x Hunter - Hubungan keluarga Zoldyck. (fandom)

Hunter x Hunter adalah pesta dengan banyak konsep dan ide orisinal. Orisinalitas dan kompleksitas konsep-konsep ini adalah kekuatan dari Hunter x Hunter.

Konsep-konsep seperti Nen, Ten, Zetsu, Ken, Ryu, dll, memang padat dari segi teknis dan pemahaman, namun konsep-konsep tersebut memungkinkan penonton untuk memaksakan diri untuk mendapatkan konsep-konsep tersebut.

Di satu sisi, proses ini memungkinkan penonton untuk secara mental menginvestasikan diri mereka sendiri dalam serial tersebut dan secara virtual menjadi bagian darinya. Kemampuan Nen mengisi seri dengan subplot yang menarik dan kemampuan unik seperti Knuckle, A.P.R benar-benar menarik untuk ditonton dalam aksi.

Bulan lalu Viz Media mengumumkan bahwa manga Hunter x Hunter akan kembali dengan Yoshihiro Togashi melanjutkan cerita dan menggambar chapter baru yang akan mulai dirilis setelah 23 Oktober.

Yoshihiro Togashi kembali dari hiatusnya dari menggambar yang berlangsung selama tiga tahun. Masa depan manga terlihat menjanjikan dengan kemungkinan, busur, dan karakter baru.

Yoshihiro Togashi telah mengaku dalam berbagai kesempatan bahwa dia berencana untuk menyelesaikan ceritanya sebelum dia meninggal karena dia tidak ingin mengecewakan penggemarnya.

Sejauh anime dipertimbangkan, tidak ada kemungkinan untuk kembalinya anime Hunter x Hunter karena tidak ada cukup bahan sumber untuk musim mendatang.

Mungkin di masa mendatang dengan materi yang cukup, Madhouse mungkin menganimasikan musim baru untuk anime karena mereka terbuka untuk melanjutkan seri tetapi belum membuat pengumuman apa pun. Meskipun demikian, Hunter x Hunter tetap menjadi anime dengan kualitas luar biasa dan salah satu yang terhebat sepanjang masa.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

5 Anime Petualangan Seru, Dijamin Bikin Ketagihan