Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 22 November 2022 | 14:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bartholomew Kuma dan Tentara Revolusioner diketahui memiliki hubungan dengan Dr Vegapunk. Bahkan mereka akan memegang peran penting dalam manga One Piece mendatang.

Diketahui kalau Dr Vegapunk adalah orang yang bertanggungjawab telah mengubah Bartholomew Kuma menjadi Pacifista.

Tidak hanya itu, teori One Piece juga menyebutkan ada hal lain yang dilakukan ilmuwan jenius tersebut ke karakter One Piece bertubuh besar ini.

Seperti yang kita tahu, Vegapunk mengubah wujud asli Kuma menjadi Pacifista yang mengerikan dan berbahaya. Namun, itu ternyata menjadi bagian dari kesepakatan.

Dijelaskan Jinbe kalau sebelumnya Kuma mendapatkan hukuman atas kejahatan yang dilakukan. Namun ada kesepakatan dengan Pemerintah Dunia untuk memberikan jalan bagi Kuma bebas dari hukuman.

Meski begitu, Bartholomew Kuma harus merelakan tubuhnya diubah menjadi Pacifista dan kehilangan kebebasannya.

Di lain sisi, ada teori One Piece yang memungkinkan kalau Kuma adalah klon atau satelit pertama yang berhasil dikerjakan oleh Dr Vegapunk.

Klon Vegapunk

One Piece - Enam Satelit Vegapunk. (fandom)

Seperti yang kita ketahui, Vegapunk adalah kepala ilmuwan jenius dari angkatan laut yang berhasil meneliti Lineage Factor dan penerapannya. Dia kemudian menggunakan ini untuk membuat klon dari dirinya sendiri.

Klon Vegapunk sendiri pertama kali muncul di chapter 1062, di mana sosok wanita mengaku sebagai si ilmuwan jenius tersebut. Namun, faktanya dia adalah salah satu klonnya.

Keasyikan Dr Vegapunk dengan berbagai penelitian, serta kecerdasannya yang luar biasa, mungkin menjadi alasan mengapa dia membuat klon atau satelit dari dirinya sendiri.

Selama ini Eiichiro Oda mengungkapkan bahwa Dr Vegapunk memiliki enam klon atau satelit dengan sifat dan perilaku yang berbeda. Meski begitu, mereka semua terhubung satu sama lain.

Bahkan mereka juga terhubung dengan sosok Dr Vegapunk asli melalui Punk Records. Itu adalah isi dari otak Vegapunk, dimana berbagai informasi dan hal lainnya disimpan.

Mereka semua terhubung melalui transmisi di kepala berbentuk apel asli Vegapunk, seperti yang ditunjukkan pada penjelasan di One Piece 1067 kemarin.

Namun, ada kemungkinan masih ada satelit lain yang belum terungkap. Seperti teori One Piece ini yang menduga kalau Kuma adalah klon pertamanya.

Bartholomew Kuma Menjadi Klon Pertama

One Piece - Bartholomew Kuma dan Pacifista. (fandom)

Ada teori One Piece menarik terkait sosok Bartholomew Kuma yang dianggap sebagai tiruan pertama Dr Vegapunk.

Secara teori, dijelaskan bahwa sebelum Dr Vegapunk berhasil menciptakan enam satelit yang kita lihat sekarang, ia sebelumnya mengubah sosok Bartholomew Kuma menjadi salah satu tiruannya.

Ada beberapa bukti yang mendukung teori One Piece tersebut. Pertama, hubungan Dr Vegapunk dengan Bartholomew Kuma. Namun belum diketahui seberapa dalam hubungan mereka.

Meski begitu, kita bisa melihat bagaimana Dr Vegapunk mengenal Monkey D Dragon dengan sangat baik. Tidak menutup kemungkinan juga mengenal Ivankov dan Bartholomew Kuma, tiga pendiri Tentara Revolusioner.

Di sisi lain, kita juga mengetahui informasi detail bagaimana Jewelry Bonney mengenal Pulau Egghead sejak lama. Tepatnya, saat Dr Vegapunk masih hidup sendiri dan tidak banyak benda atau barang di sana.

Karena Dr Vegapunk hidup sendirian, dan dia menyadari bahwa itu membutuhkan banyak kekuatan, dia kemudian melakukan percobaan untuk mengkloning dirinya melawan Kuma.

Kedua, di akhir manga One Piece 1067 kita melihat bagaimana Bartholomew Kuma melarikan diri dari kerajaan Kamabakka. Ia tampak terburu-buru untuk segera keluar dari sana, tanpa mempedulikan kondisi tubuhnya yang rusak parah.

Masih belum diketahui apa yang terjadi pada Bartholomew Kuma. Spekulasi sebelumnya menunjukkan bahwa Kuma mungkin mencoba menyelamatkan Jewelry Bonney.

Dalam teori One Piece ini, Bartholomew Kuma mungkin menanggapi atau menjawab panggilan dari Shaka yang meminta semua klon Dr Vegapunk untuk berperang.

Di manga One Piece  1067, terlihat bahwa Rob Lucci dan CP0 telah tiba di Pulau Egghead. Mereka berusaha untuk mengembalikan Seraphim Kuma sambil menjalankan misi mereka, melenyapkan Dr Vegapunk.

Namun, klon Dr Vegapunk menyadari niat lain ini. Itu sebabnya mereka meminta yang lain untuk siap berperang.

Tujuan Dr Vegapunk Mengubah Bartholomew Kuma Menjadi Tiruannya?

One Piece - Bartholomew Kuma. (fandom)

Kemungkinan pertama adalah karena ilmuwan jenius tersebut perlu melakukan uji coba sebelum membuat klon lainnya. Mengingat Bartholomew Kuma adalah subjek penelitiannya, ada kemungkinan Dr Vegapunk mengubahnya menjadi klon pertama yang dia buat.

Setelah dianggap berhasil, barulah Dr Vegapunk menciptakan enam klon lain yang kita kenal sekarang.

Kemungkinan kedua adalah ini mungkin cara Dr Vegapunk untuk memata-matai Pemerintah Dunia. Seperti disebutkan di atas, Dr Vegapunk sangat mengenal Monkey D Dragon pemimpin Tentara Revolusioner yang melawan Pemerintah Dunia.

Di manga One Piece 1067 terungkap bahwa hubungan mereka sangat dekat. Namun, Dr Vegapunk memang memiliki pemikiran berbeda.

Di mana ia menolak untuk bergabung dengan tentara Revolusioner karena mereka tidak memiliki sumber daya yang diinginkan. Di sisi lain, Pemerintah Dunia mampu mewujudkan itu semua.

Meski begitu, Dr Vegapunk sendiri sepertinya masih memiliki prinsip yang sejalan dengan ayah Monkey D Luffy tersebut. Karena itu, mungkin keduanya bekerja sama setelah insiden Ohara.

Dr Vegapunk akan memberikan informasi rahasia kepada Pasukan Revolusioner. Dan salah satu cara untuk mengumpulkan informasi itu adalah dengan menyusup.

Namun, Dr Vegapunk tidak melakukannya sendiri. Ia menggunakan "bantuan" berupa Kuma yang tubuhnya telah dimodifikasi.

Tentu saja, ini masuk akal mengingat Bartholomew Kuma menjadi budak para naga langit.

Dan tanpa mereka sadari, jika Kuma merekam semua yang terjadi, maka Dr Vegapunk menyimpan informasi tersebut dan meneruskannya ke Monkey D Dragon.

Itulah beberapa teori One Piece soal kemungkinan Dr Vegapunk membuat Bartholomew Kuma sebagai klon pertamanya.

BACA SELANJUTNYA

5 Kekuatan Terbesar Pemerintah Dunia di One Piece, Lama Jadi Misteri