Sabtu, 04 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Minggu, 27 November 2022 | 15:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hitekno.com telah merangkum tujuh rekomendasi anime sepak bola selain Captain Tsubasa yang layak masuk ke dalam list tonton kamu akhir tahun 2022 ini.

Dunia tengah dihebohkan dengan Piala Dunia 2022. Bagi para Otaku, euforia Piala Dunia tak lengkap jika tak disertai dengan menyaksikan anime bertema sepak bola.

Apalagi beberapa waktu lalu, timnas Jepang secara mengejutkan menang 2-1 atas tim nasional Jerman yang terkenal karena kualitas sepak bolanya yang top.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang mencari rekomendasi anime sepak bola terbaik selain Captain Tsubasa, berikut Hitekno.com telah merangkum beberapa di antaranya.

1. Blue Lock 

Blue Lock. (fandom)

Dikisahkan, dalam sebuah pertandingan Yoichi Isagi hanya beberapa saat lagi dari mencetak gol yang akan mengirim tim sepak bola sekolah menengahnya ke tingkat nasional.

Akan tetapi keputusan sepersekian detik untuk mengoper bola ke rekan setimnya membuatnya kehilangan kenyataan itu. Pahit, bingung, dan kecewa, Isagi bertanya-tanya apakah hasilnya akan berbeda seandainya dia tidak lolos. 

Saat striker muda itu pulang, undangan dari Japan Football Union menantinya. Melalui proses pengambilan keputusan yang sewenang-wenang dan bias, Isagi adalah satu dari tiga ratus striker U-18 yang dipilih untuk proyek kontroversial bernama Blue Lock.

Tujuan utama proyek ini adalah mengubah salah satu pemain terpilih menjadi striker bintang tim nasional Jepang. Untuk menemukan peserta terbaik, setiap berlian harus bersaing dengan yang lain melalui serangkaian kompetisi solo dan tim untuk naik ke puncak. 

Mengesampingkan keberatan etisnya terhadap proyek tersebut, Isagi merasa terdorong untuk berjuang menuju puncak, bahkan jika itu berarti menghancurkan impian 299 striker muda yang bercita-cita tinggi.

2. Ao Ashi 

Ao Ashi. (IMDB)

Ashito Aoi adalah pemain sepak bola muda yang bercita-cita tinggi dari kota terpencil di Jepang. Dia sangat berambisi untuk jadi pesepakbola profesional.

Dia tidak sabar untuk masuk ke sekolah atas yang memiliki tim sepak bola andal. Namun ternyata, perjalannya untuk menjadi seorang pemain sepak bola tidak semudah yang dia pikirkan.

Ada banyak hal yang membuatnya sempat down dan ingin menyerah, namun banyak hal juga yang membantunya bangkit dan kembali merajut mimpi.

3. Inazuma Eleven 

Inazuma Eleven. (Fandom)

Endou Mamoru adalah kiper ceria di SMA Raimon Jr yang memiliki tim sepak bola yang sangat dia idamkan. Akan tetapi, tim terancam bubar kecuali mereka bisa memenangkan pertandingan melawan Teikoku Gakuen, tim terbaik di Jepang. Endou mencoba menyelamatkan tim dengan mengumpulkan empat pemain lagi.

Ya, saat sekolah lain di Jepang bersaing untuk mendapatkan gelar sebagai tim sepak bola terbaik di negeri ini, klub sepak bola Sekolah Menengah Raimon, Inazuma Eleven, berjuang untuk bangkit dari ambang pembubaran.

Cucu dari kiper dan kapten tim generasi pertama Inazuma Eleven, Mamoru Endou, mengambil tantangan untuk mengembalikan klub yang telah lama terbengkalai. Untuk melakukan ini, dia membutuhkan sedikit bantuan dan lebih dari sedikit keberuntungan.

Mamoru Endou menemukan harapan di tangan Shuuya Gouenji, seorang pemain muda brilian yang menyerah pada sepak bola. Mamoru bertekad untuk mengajak Shuuya dan rekrutan baru lainnya untuk bergabung dengan timnya, berapapun biayanya. 

Apakah semangat dan tekadnya cukup untuk mengobati klub yang sakit? Atau sudah tidak ada lagi harapan untuk tim?

4. Giant Killing 

Giant Killing. (IMDB)

Setelah mengalami rentetan penampilan buruk selama beberapa tahun di liga sepak bola profesional Jepang, East Tokyo United (ETU) pada akhirnya mempekerjakan Takeshi Tatsumi sebagai manajer untuk mencoba mematahkan kutukan yang tampaknya telah menimpa tim.

Dia kemudian memutuskan untuk menjadi pelatih sepak bola sekolah. Namun perjalanannya untuk "balas dendam" tidak semudah yang dikira.

Ada banyak drama yang terjadi sebelum pada akhirnya dia menemukan pemain yang sangat cocok dan mampu mengeksekusi strategi yang ingin dia terapkan.

5. Hungry Heart: Wild Striker 

Hungry Heart: Wild Striker. (IMDB)

Kyosuke Kano telah hidup di bawah bayang-bayang saudaranya yang sukses, Seisuke, sepanjang hidupnya yang merupakan pemain sepak bola profesional.

Bosan dibandingkan dan diremehkan, dia meninggalkan bermain sepak bola sampai seorang anak laki-laki dari sekolah menengah barunya menemukannya dan memintanya untuk bergabung dengan tim mereka.

Dan siapa sangka, di sinilah nasib kembali membawa Kyosuke Kano untuk menjadi pesepak bola profesional kemudian.

6. Keppeki Danshi! Aoyama-kun 

Keppeki Danshi! Aoyama-kun (IMDB)

Aoyama-kun sangat memesona. Dia menawan, keren, atletis, juru masak yang baik, tetapi yang lebih penting, dia orang yang bersih. 

Aoyama diidolakan dan dihormati oleh semua orang, tetapi mereka hanya bisa mengaguminya dari jauh karena mysophobia-nya. Meski begitu, dia bermain sepak bola yang dianggap sebagai salah satu olahraga kotor.

Sebagai playmaker untuk klub sepak bola SMA Fujimi, Aoyama menghindari kontak fisik dengan segala cara dan menggiring bola dengan bersih menuju kemenangan. 

Namun, jalan menuju Nationals tidak akan mudah bagi tim underdog Fujimi. Tapi bersama striker Kaoru Zaizen, Aoyama akan menunjukkan kepada semua orang bahwa bahkan sebagai orang yang bersih, ada hal-hal yang ingin dia kotori.

7. Area no Kishi 

Area no Kishi. (IMDB)

Kakeru dan Suguru adalah saudara yang sama-sama memiliki hasrat yang membara untuk sepak bola. Namun, saat Suguru menjadi bintang baru dalam sistem sepak bola pemuda Jepang, Kakeru memutuskan untuk mengambil peran manajerial setelah berjuang di lapangan. 

Namun karena takdir yang kejam, Kakeru akhirnya mengevaluasi kembali peran yang telah dipilihnya.

Dengan harapan suatu saat bisa masuk Piala Dunia dengan menjadi anggota timnas, Kakeru berlatih lebih keras dari siapapun. 

Tenang, dia tidak sendirian dalam pencarian ini. Teman masa kecil Kakeru, Nana, adalah keajaiban sepak bolanya sendiri, dengan nama panggilan jahat "Penyihir Kecil". 

Dia adalah pemain peringkat teratas dan sudah bermain untuk Nadeshiko Jepang, tim nasional wanita Jepang. Kesuksesan Nana memberi Kakeru dorongan ekstra yang dia butuhkan untuk mencapai tujuannya.

Itulah tujuh rekomendasi anime sepak bola selain Captain Tsubasa yang layak buat masuk ke dalam list tonton kamu.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

5 Anime Ini Dijamin Bikin Perasaan Campur Aduk, Awas Jadi Galau