Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 28 November 2022 | 16:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tahukah kamu kalau di anime Naruto memiliki lima jenis ninja yang berbeda dengan tugasnya masing-masing? Ketahui apa saja jenis ninja yang ada di Naruto berikut ini.

Ya, di dunia Naruto ada lima negara besar yang tercatat dengan banyak negara kecil yang tersebar di seluruh dunia. 

Masing-masing bangsa tersebut memiliki pasukan ninjanya sendiri-sendiri yang berspesialisasi dalam jutsu tertentu. Misalnya saja ninja dari Negara Api yang berspesialisasi dalam jutsu tipe api, atau Negeri Bumi yang berspesialisasi dalam jutsu bertipe batu.

Namun, terlepas dari mana asalnya, setiap ninja di dunia umumnya dapat dibagi menjadi lima jenis ninja yang berbeda. Biasanya tergantung pada kepribadian mereka dan kemampuan individu yang melekat. 

Nah, buat kamu yang belum kenal dengan kelima jenis ninja yang ada di Naruto tersebut, berikut tim Hitekno.com telah merangkumnya.

Assault Ninja

Naruto Uzumaki. (HiTekno.com)

Assault Ninja adalah ninja yang berspesialisasi dalam segala hal yang berbasis pertempuran. Sebenarnya, setiap ninja harus dapat menjalankan peran ini kapan pun situasinya muncul. Sebab memang itulah tugas ninja sebenarnya.

Semua ninja dalam daftar ini harus memiliki sifat Assault karena ini adalah dasar-dasar yang akan diajarkan kepada setiap ninja sejak mereka masih kecil. Karena sebagian besar Ninjutsu dibuat untuk tujuan ofensif, sedangkan Taijutsu adalah seni serangan murni .

Meski begitu, ada ninja yang memang berspesialisasi sebagai ninja penyerang atau assault ninja. Kepribadian dan ninjutsu mereka terlalu mencolok untuk peran lain, itulah sebabnya mereka hanya bisa berkembang dalam pertempuran.

Beberapa ninja penyerang dalam serial ini adalah Naruto, Kiba, Rock Lee, Choji, dan masih banyak lagi.

Sensor Ninja

Hinata Hyuga menggunakan Byakugan. (Fandom)

Sesuai dengan namanya, ninja Sensor adalah ninja yang berspesialisasi dalam pendeteksian. Ninja jenis ini dapat mendeteksi pergerakan dan keberadaan musuh secara instan dan akurat. 

Beberapa dari mereka memperoleh kemampuan ini melalui pelatihan, sementara yang lain dilahirkan dengan indera yang sangat sensitif. 

Seorang ninja sensor yang hebat akan dapat secara akurat menentukan lokasi musuh, jumlah mereka, dan mereka bahkan dapat mengetahui siapa orang tersebut jika mereka pernah bertemu dengan mereka sebelumnya. Mereka bahkan dapat melakukan semua ini saat bepergian.

Contoh ninja sensor yang memperoleh kemampuannya melalui ninjutsu adalah Klan Hyuga dan Klan Aburame, serta Gaara. Sedangkan individu yang memiliki kemampuan sensor unik adalah Karin dari Taka, dan C dari Kumogakure.

Ninja Medis

Naruto - Tsunade. (fandom)

Medic Ninja bisa dikatakan sebagai dokter di dunia ninja. Mereka adalah penyembuh. Namun, tidak seperti dokter biasa yang bekerja dengan pisau bedah dan jarum mereka, ninja medis kebanyakan bekerja dengan mengalirkan chakra mereka ke pasien. 

Ninja medis mahir dapat dengan mudah melakukan apa saja mulai dari pertolongan pertama dasar hingga prosedur medis yang kompleks. Dan karena mereka memiliki pengetahuan luas tentang anatomi manusia, beberapa dari mereka juga bisa menjadi penyerang yang cukup menakutkan.

Contoh medic ninja atau ninja medis yang juga hebat dalam pertempuran adalah Tsunade, Sakura, dan juga Kabuto.

Ninja Intelijen

Naruto - Shino Aburame. (fandom)

Ninja jenis ini berspesialisasi dalam mengumpulkan informasi. Ini sebenarnya adalah jenis ninja yang paling serbaguna, karena menjadi agen intelijen berarti memanfaatkan banyak keterampilan yang berbeda, seperti pengintaian, mata-mata, menyelinap, menginterogasi, menyamar, dan banyak lainnya. 

Itulah mengapa ninja sensor yang disebutkan di atas biasanya juga hebat dalam hal kecerdasan alias hanya sosok yang cerdas yang akan menjadi jenis ninja tipe ini.

Siapa golongan yang termasuk jenis ninja intelijen ini? jelas mereka adalah anggota Klan Hyuga, Aburame, dan Yamanaka dari Konoha yang hebat dalam mengumpulkan informasi. Dan kemudian ada juga korps khusus seperti Anbu Hokage, atau agen Root Danzo.

Ninja Black Ops

Naruto - Anbu. (fandom)

Ninja Black Ops berspesialisasi dalam melakukan misi rahasia yang biasanya ilegal seperti pembunuhan atau penyabot. 

Mereka adalah orang-orang yang melakukan pekerjaan kotor untuk pemerintah. Mereka beroperasi secara rahasia dan bahkan ninja berpangkat tinggi di desa mereka tidak tahu siapa mereka.

Misi dari Black OPs ninja dan Intelligence ninja seringkali tumpang tindih, tetapi begitu kita memasuki wilayah ilegal, tidak bermoral, tidak etis, dan tidak menyenangkan, maka disitulah Black Ops masuk. 

Karena sifatnya yang sensitif, krusial, dan sangat berdampak misi mereka, kamu bisa melihat mereka melalui dua kacamata berbeda yakni sebagai pahlawan tanpa tanda jasa atau pengkhianat negara mereka. Dua kelompok ninja Black Ops yang kita kenal di Naruto adalah Anbu dan Root.

Itulah lima jenis ninja yang ada di Naruto, sesuati yang penting tapi banyak orang tidak tahu.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Naruto: Kumpulan Quote Pain Akatsuki Terbaik, Punya Makna Mendalam