Rabu, 08 Februari 2023
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 02 Desember 2022 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dunia Naruto berkisah tentang peperangan dan apa yang menyebabkan banyak klan dan karakter saling perang.

Meski demikian, pembantaian Itachi Uchiha terhadap semua klannya secara garis besar menjadi penentu utama dari alur serial Naruto ini.

Suatu malam, Itachi dan Obito membunuh semua orang di klan mereka, termasuk warga sipil dan militer. Yang pertama memilih untuk menyelamatkan adik laki-lakinya, salah satu karakter utama acara itu. Cara Itachi menyiksa diri demi menyelamatkan adiknya menyentuh hati setiap penggemarnya.

Namun ada yang menarik dari perlakuan Itachi kepada Sasuke. Itachi sengaja menaruhnya Sasuke di jalur balas dendam dengan menyuruhnya mendedikasikan seluruh hidupnya untuk membenci dirinya.

Ya, kebencian Sasuke kepada Itachi memang sudah disusuan sejak awal. Itachi memang lebih suka adiknya membenci dirinya. Tapi yang jadi pertanyaan, mengapa demikian? Apa alasannya?

Alasan Itachi meminta Sasuke membenci dirinya

Keluarga Fugaku Uchiha: Fugaku, Sasuke, Mikoto, Itachi. (fandom)

Itachi awalnya diperkenalkan kepada pemirsa sebagai antagonis misterius dalam kelompok kriminal terkemuka, Akatsuki.

Seiring waktu, perkembangannya sebagai karakter melalui beberapa cerita latar telah menjadi dasar dari beberapa busur. Namun, sebelum masuk ke motif Itachi, pembaca harus mengejar pembantaian Uchiha.

Singkatnya, untuk mencegah kudeta, Itachi membantai semua warga sipil dalam klan Uchiha, termasuk orang tuanya.

Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, dia menyelamatkan adik laki-lakinya dan membuat adiknya itu membenci dirinya.

Di latar belakang awal, Itachi dipandang sebagai pembunuh berdarah dingin, tetapi tindakannya demi kepentingan terbaik desa dan Sasuke sepanjang waktu.

Ini adalah kata-kata yang terukir Itachi ke dalam pikiran Sasuke sejak masa kecilnya:

"Adikku yang bodoh, jika kamu ingin membunuhku, maka bencilah aku, bencilah aku, dan jalani kehidupan yang menjijikkan. Lari dan pergi untuk berpegang teguh pada kehidupan. Dan suatu hari nanti, ketika kamu memiliki mata yang sama sepertiku, datanglah sebelum saya."

Dengan melakukan ini, dia mendorong Sasuke untuk berpikir bahwa kakak laki-lakinya adalah penjahat. Oleh karena itu, sejak kecil, satu-satunya tujuan Sasuke adalah menjadi kuat dan membunuh Itachi.

Di sisi lain, jika Sasuke memahami kebenaran di balik pembantaian itu, dia akan menyerang seluruh desa sebagai gantinya.

Jadi mengapa demikian?

Sasuke Uchiha meninggalkan Konoha gabung dengan Ninja Sound Four. (Fandom)

Alasannya jelas karena dia menyayangi adiknya. Dia tak ingin adiknya melakukan kesalahan yang sama.

Sebab jika Sasuke tahu alasan sebenarnya Itachi membantai klan, maka dia akan menyerang seluruh Konoha sebagai balas dendam, dan Itachi tak menginginkan hal itu terjadi.

Sasuke juga tak pernah diceritakan secara detail tentang pembantaian yang dilakukan kakaknya. Ini adalah cara untuk memutus masa lalu yang kelam klan Uchiha.

Namun melihat bahwa Sasuke cukup kuat untuk melindungi dirinya sendiri, versi Itachi yang dihidupkan kembali memutuskan untuk membiarkan Sasuke mengetahui kebenarannya pada akhirnya.

Setelah mengetahui alasan sebenarnya, Sasuke menempuh jalan balas dendam yang sama, tetapi kali ini sasarannya adalah desa Daun Tersembunyi .

Jadi ya, Itachi meminta Sasuke membencinya karena dia tak mau sejarah kelam klan Uchiha terjadi lagi. Namun ternyata, memang demikianlah alur cerita harus ditempuh Sasuke pada akhirnya.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Naruto: Apakah Dosa-Dosa Orochimaru Diampuni? Ini Faktanya