Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 23 Desember 2022 | 17:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak sekali pertanyaan tentang anime buatan Makoto Shinkai. Salah satunya adalah pertanyaan apakah universe yang ada disetiap anime berkaitan. Contohnya seperti Your Name (2016) dan Weathering With You (2019).

Dia anime ini, Your Name (2016) dan Weathering With You (2019) memberikan Makoto Shinkai posisi terhormat sebagai pencipta penulis anime dengan publik internasional.

Dan mewakili Jepang dalam Oscar 2020 untuk Film Fitur Internasional Terbaik, dia seperti Hayao Miyazaki berikutnya. Keduanya memiliki kemiripan dalam menciptakan universe di filmnya. Meski demikian, Miyazaki tidak pernah menyatakan bahwa semua filmnya (atau semua film Studio Ghibli, dalam hal ini) ada di alam semesta sinematik yang sama.

Meskipun dapat dikatakan bahwa pengambilan film Makoto Shinkai sebagian besar didasarkan pada kenyataan, sedangkan Miyazaki adalah kisah alegoris. Baik Your Name maupun Weathering With You mengandung unsur supranatural sebagai dasar plot dan penceritaannya. Lalu apakah mereka berada di universe yang sama?

Berikut penjelasannyan yang telah tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Apakah Your Name dan Weathering With You dalam Universe yang Sama?

Your Name - Kimi no Na wa. (Fandom)

Apakah ini berarti kita sedang berhadapan dengan Shinkai-verse yang sama? Iya dan tidak. Faktanya, ini adalah multi-Shinkai-bait.

Penggemar yang paham garis waktu telah mengetahui bahwa Weathering With You dimulai pada tahun 2021 sementara reuni Mitsuha dan Taki yang bermuatan emosional di klimaks Your Name terjadi pada tahun 2022 di Tokyo yang tidak terlihat di bawah air.

Artinya, agar akting cemerlang masuk akal, kedua film ini harus terjadi di dunia paralel, yang bukan merupakan lompatan logika yang besar mengingat sifat pembengkokan waktu Your Name, atau premis supernatural dari Weathering With You.

Apakah Weathering With You dan Your Name Terhubung?

Weathering With You. (IMDB)

Koneksi pertama yang diperhatikan penggemar adalah bahwa dalam Weathering with You, Hina dan Hodoka memulai bisnis dimana Hina akan menghapus awan bagi mereka yang membutuhkan dengan imbalan sejumlah uang. Salah satu kliennya adalah seorang wanita tua yang diturunkan menjadi nenek Taki dari Your Name.

Pertemuan sederhana ini memberi penggemar gagasan bahwa kedua cerita itu terjadi di dunia yang sama. Cameo tidak berhenti di situ karena Mitsuha dari Your Name juga muncul di Weathering with You sebagai seseorang yang bekerja di salah satu toko. Temannya Sayaka dan Tessie juga muncul sebentar.

Meskipun ini akan memberi kesan kepada penggemar bahwa ada kemungkinan besar bahwa kedua cerita tersebut terjadi pada waktu yang sama, cuaca yang ditampilkan di kedua film membuatnya menjawab bahwa mereka tidak ada dalam universe yang sama.

Fans juga memperhatikan bahwa kedua film tersebut memiliki plot umum yang sama dengan elemen supernatural. Kedua karakter wanita tersebut memiliki kemampuan yang menghubungkan mereka dengan protagonis pria. Tentu saja, pemeran utama pria akan melakukan semua yang dia bisa untuk menyelamatkannya.

Pesan dari kedua film Makoto Shinkai ini juga agak nyambung. Dengan ini, dapat diasumsikan bahwa Weathering with You dan Your Name terhubung tetapi dengan cara yang sedikit perbedaan. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

7 Anime Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarah Per Oktober 2022