Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 30 Desember 2022 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masing ingat lapangan bermain anak-anak di anime Doraemon? Pasti kita melihat adanya tumpukan pipa tempat Nobita dan teman-temannya bermain. Kenapa ada pipa beton di taman bermain anak-anak?

Lama jadi misteri dan membuat penasaran para penggemar anime Doraemon, ternyata ada kisah di balik keberadaan tumpukan pipa beton di taman bermain itu.

Seorang netizen akhirnya menemukan jawaban terkait fungsi dan kegunaan pipa beton di anime Doraemon. Yang ternyata memang ada di dunia nyata pada masa itu.

Berawal dari Pertanyaan Netizen

Akun Twitter @fluxcup membagikan tangkapan layar mengenai diskusi netizen yang cukup random. "Serandom apapun pertanyaan di Twitter, akan selalu ada jawabannya," cuit @fluxcup.

Pengguna Twitter @senjatanuklir melempar pertanyaan terkait keberadaan pipa beton di anime Doraemon. "Pipa beton di Doraemon sebenarnya tuh buat proyek apa?" tanya @senjatanuklir.

Fungsi pipa beton di anime Doraemon. (Twitter/ fluxcup)

Terjawab Misteri Tumpukan Pipa Beton di Anime Doraemon

Netizen lain dengan akun Twitter @zreg memberikan informasi yang mampu memecahkan rasa penasaran para penonton anime Doraemon.

"Sistem pembuangan limbah. Pasca bom atom, Jepang investasi besar-besaran di bidang infrastruktur. Semua tanah kosong atau lapangan-lapangan di Jepang jadi tempat stanby pipa-pipa beton sebelum diinstal. Anak-anak bermain di antara pipa bermakna sangat dalam. Juga melambangkan bangkitnya ekonomi Jepang pada masa tersebut," ungkap @zreg.

Postingan mengenai keberadaan dan fungsi pipa beton pada anime Doraemon berhasil viral setelah memperoleh lebih dari 7 ribu retweet dan 30 ribu tanda suka.

Perlu diketahui, keberadaan karakter fiksi Doraemon sudah eksis sejak tahun 1969. Ini membuat manga dan anime Doraemon digemari oleh masyarakat lintas generasi.

Fungsi pipa beton di anime Doraemon. (Twitter)

Jadi Tempat Bermain Anak-anak

Kita sering menyaksikan momen ketika Nobita bermain di lapangan dengan teman-temannya. Terdapat tumpukan pipa beton yang sering dijadikan tempat duduk oleh karakter-karakter di Doraemon.

Pipa beton itu juga menjadi saksi bisu ketika Nobita dijahili oleh Gian dan Suneo. Dikutip dari Doraemon.fandom dan Reicha Japan, keberadaan pipa beton "Dokan" di anime dan game populer asal Jepang memiliki pesan khusus.

Dokan merupakan pipa yang terbuat dari keramik atau beton yang digunakan dalam sistem perpipaan. Dalam beberapa dekade setelah Perang Dunia II, Jepang mengalami lonjakan pertumbuhan ekonomi.

Karena banyaknya proyek konstruksi yang terjadi, Dokan sering ditumpuk dan dibiarkan di lahan kosong sebagai tempat penyimpanan hingga bisa digunakan.

Ilustrasi pipa beton di anime Doraemon. (Quora)

Mengingat taman dan taman bermain sangat jarang di perkotaan, anak-anak akan bermain di lahan kosong tersebut. Mereka kemudian bermain di Dokan.

Keberadaan Dokan itu menginspirasi pipa-pipa di game Mario Bros dan anime Doraemon. Tumpukan pipa juga menjadi salah satu benda di game Animal Crossing.

Pipa beton "Dokan" itu menjadi simbol pembangunan dan kebangkitan ekonomi di Jepang pada puluhan tahun lalu. Itulah tadi fungsi pipa beton di anime Doraemon sehingga netizen "tercerahkan".

Itulah kisah di balik keberadaan tumpukan pipa beton di nime Doraemon yang akhirnya terungkap.

BACA SELANJUTNYA

Link Nonton Kimetsu no Yaiba Season 3 Episode 11, Pasti Aman