Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 02 Januari 2023 | 12:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para fans One Piece tengah ramai merakan hari ulang tahun Eiichiro Oda pada 1 Januari 2022 kemarin. Namun siapa Eiichiro Oda sebenarnya, bagaimana kehidupan kreator One Piece Ini?

Usai ulang tahun Eiichiro Oda, nama kreator One Piece terseut mendadak ramai sampai masuk ke trending Google pada Senin (2/1/2022). 

Hal ini menunjukkan tingginya rasa penasaran netizen hingga banyak yang mencari siapa Eiichiro Oda sebenarnya. 

Apakah kamu belum mengenal siapa Eiichiro Oda sebenarnya? Bagi yang belum tahu siapa Eiichiro Oda, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Siapa Eiichiro Oda?

Siapa Eiichiro Oda - Potret Eiichiro Oda, mangaka One Piece yang memutuskan hiatus selama satu bulan. (myanimelist.net)

Oda Sensei, panggilan pria kelahiran 1 Januari 1975 tersebut. Ia baru saja merayakan ulang tahun ke-43 pada awal tahun baru 2023 kemarin.

Eiichiro Oda adalah mangaka kreator One Piece yang serialnya menjadi manga paling populer sepanjang abad. Bagaimana tidak, hampir setiap minggu, One Piece mengeluarkan chapter terbaru.

Hampir semua chapter ini berkesan dan menjadi bacaan paling populer di berbagai platform baca manga di seluruh dunia. Namun bukan tanpa alasan, sebab Eiichiro Oda sendiri telah menulis One Piece sejak usianya masih 19 tahun.

Artinya, lebih dari separuh usianya dihabiskan untuk menggambar dan menceritakan manga One Piece hingga saat ini. Perlu diketahui manga One Piece telah mencapai lebih dari 1000 chapter per hari ini.

Masa Kecil Eiichiro Oda

One Piece - Eiichiro Oda. (fandom)

Oda lahir di Prefektur Kumamoto, Jepang pada 1 Januari 1975. Ketika masih kecil, ia selalu bermimpi untuk menjadi bajak laut dan seniman manga.

Lalu umur 17 tahun, Eiichiro Oda mengirimkan karyanya berjudul ‘Wanted’ dan ia berhasil memenangkan berbagai penghargaan. Sejak saat itu, kariernya sebagai seorang mangaka dimulai.

Pada usia 19 tahun di tahun 1992, Eiichiro Oda menjadi asisten Nobuhiro Watsuki yang mengerjakan Rurouni Kenshin. Disaat yang sama, ia menggambar Romance Dawn yang merupakan bab awal dari serial ‘One Piece’. Ia merencanakan tahap awal One Piece untuk bab 18 sebelum resmi untuk memulainya.

Pada tahun 1997, One Piece pertama kali muncul di Weekly Shonen Jump Volume 34. Disinilah Romance Dawn diubah menjadi One Piece. Sementara itu, Romance Dawn versi ketiga muncul di One Piece Red: Grand Character.

Prestasi Eiichiro Oda

One Piece - Bajak Laut Topi Jerami. (twitter/ Eiichiro_Staff)

Manga ciptaan Oda Sensei, One Piece, menjadi manga paling populer di Jepang dan seri manga terlaris sepanjang masa. Tahun 2005 berhasil terjual 100 juta eksemplar, lalu pada Februari 2011 terjual lebih dari 200 juta eksemplar.

Desember 2014, manga One Piece berhasil terjual lebih dari 320 juta eksemplar. Berlanjut Oktober 2017, manga tentang Luffy, bajak laut Topi Jerami ini terjual 430 juta eksemplar.

Sementara itu pada Mei 2018 terjual 440 juta eksemplar dan Maret 2019 berhasil naik menjadi 450 juta cetak.

Dengan kesuksesan manga One Piece di seluruh dunia membuat Eiichiro Oda memiliki kekayaan bersih hingga 230 juta dollar AS atau setara dengan Rp 3,2 triliun.

Kehidupan Pribadi Eiichiro Oda

istri Eiichiro Oda, Chiaki Inaba (cbr.com)

Meskipun manga One Piece begitu terkenal dan disukai banyak orang, namun sosok Eiichiro Oda itu sendiri bisa dibilang cukup misterius. Tak banyak yang bisa dikulik soal kehidupan pribadinya.

Bahkan foto terakhir Eiichiro Oda yang tersebar di internet adalah penampakan sang mangaka saat masih muda. Selain itu, Oda diketahui telah menikah pada tahun 2004 dengan Chiaki Inaba.

Menurut www.cbr.com, istri Eiichiro Oda merupakan seorang model dan pemeran Nami, salah satu karakter One Piece selama pertunjukan Pentas Jump Festa pada tahun 2002. Kabarnya, mereka mulai berkencan ketika event tersebut lalu menikah 2 tahun setelahnya.

Eiichiro Oda dan Chiaki Inaba diketahui telah memiliki dua putri. Rumah tangga mereka sangat tertutup namun keduanya tidak pernah terdengar kabar kontroversi.

Itulah penjelasan siapa Eiichiro Oda sebenarnya, tak hanya diketahui di luar karyanya selaku kreator One Piece. Selamat ulang tahun Eiichiro Oda. (Suara.com/ Rifan Aditya)

BACA SELANJUTNYA

Spoiler One Piece 1087: Im Sama dan Gorosei Penguasa Buah Iblis?