Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 05 Januari 2023 | 12:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak berlebihan untuk mengatakan jika Tobirama Senju menjadi karakter yang seharusnya paling ikut bertanggung jawab atas tindakan dari dosa Danzo di Naruto.

Bagaimana tidak, hampir semua dosa yang dilakukan Danzo tidak mendapat penentangan yang berarti dari Tobirama Senju.

Keduanya telah melakukan tindakan Leader of Root, gerakan sayap rahasia dari operasi Anbu di Desa Tersembunyi di Daun. Danzo memang terkenal licik sejak awal.

Lahir di Klan Shimura, Danzo Shimura adalah salah satu dari sedikit orang pertama yang lulus dari Akademi Ninja bersama saingannya dan Hokage Ketiga, Hiruzen Sarutobi.

Sepanjang seri, terbukti bahwa Naruto menganggap Hokage Keempat sebagai pahlawannya. Akan tetapi Danzo menghargai Hokage Kedua, Tobirama Senju.

Tobirama sendiri terlalu "mencintai" Danzo sehingga membiarkan muridnya tersebut melakukan banyak hal jahat di bawah kepemimpinannya.

Apa yang dilakukan Danzo?

Naruto - Tobirama Senju. (fandom)

Danzo memainkan peran penting dalam mengatur beberapa peristiwa dalam alam semesta Naruto.

Sebagian besar tindakannya dimotivasi oleh gagasan tentang apa yang disebut kebaikan yang lebih besar. Meski demikian, metode yang dilakukan Danzo sangat licik dan membahayakan banyak orang.

Beberapa kesalahan Danzo yang tak bisa dimaafkan antara lain: berusaha membunuh Hiruzen, Mencuri mata Shisui, bekerjasama dengan Orochimaru, Genosida Uchiha dan sebagainya.

Apa kesalahan Tobirama Senju?

Naruto - Danzo Shimura. (fandom)

Sarutobi memicu benih ambisi dalam diri Danzo, yang kemudian melakukan beberapa perbuatan keji untuk mendapatkan posisi di dalam desa.

Ini adalah titik penting dalam serial Naruto di mana turunnya Danzo ke gelar "The Shinobi of Darkness" yang diproklamirkan sendiri.

Selama Perang Dunia Shinobi Pertama, bersama anggota lain dari Tim Pengawal dan Tim Tobirama, Danzo mendapati dirinya terpojok oleh Pasukan Kinkaku dari Desa Tersembunyi oleh Awan.

Setelah menganalisis situasi berbahaya dari semua sudut yang memungkinkan, satu-satunya solusi yang diberikan kepada tim adalah mengorbankan sesama anggota tim sebagai umpan, membiarkan yang lain melarikan diri.

Danzo ragu-ragu, sebuah kesempatan yang segera diambil Hiruzen, menawarkan dirinya sebagai umpan.

Namun Tobirama tidak setuju dengan keputusan tersebut dan akhirnya mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan yang lain. Namun, sebelum dia melakukannya, dia menunjuk Hiruzen sebagai penggantinya, Hokage Ketiga.

Salah satu tindakan drastis lainnya yang dilakukan Danzo adalah ketika dia menghadapi Shisui Uchiha dan mencoba mencuri Mangekyo Sharingan miliknya untuk memanfaatkan genjutsu terakhir Uchiha, Kotoamatsukami.

Meskipun mengetahui bahwa Shisui tidak berniat mencurangi desa tapi hanya untuk memajukan keahliannya sendiri, dia mencoba dan berhasil mencuri salah satu matanya.

Namun cerita tersebut kemudian ia gunakan di seluruh Naruto (dan Naruto: Shippuden ) pada beberapa kesempatan untuk memanipulasi kejadian atau orang sesuai keinginannya.

Tobirama Senju bertanggung jawab atas tindakan Danzo

Naruto - Danzo Shimura. (fandom)

Tidak berlebihan untuk berasumsi bahwa Tobirama menjadi sosok yang memuluskan segala tindakan Danzo yang jahat dan manipulatif. Seandainya dia tidak menunjuk Sarutobi sebagai penggantinya, keseluruhan seri mungkin terlihat sangat berbeda.

Mungkin, banyak fandom yang membela tindakan Danzo sebagai untuk keuntungan yang lebih besar dari desa.

Danzo memang kejam, namun dia selalu berusaha untuk menyelesaikan situasi bermasalah melalui skema curang daripada melalui negosiasi diplomatik.

Jelas bahwa konsekuensi dari satu keputusan yang diambil oleh Tobirama berdampak besar pada Danzo dan, lebih jauh lagi, kehidupan Kakashi, Shisui, Itachi, Sai, dan Yamato.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Profil Masashi Kishimoto: Mangaka Sukses di Balik Tenarnya Serial Naruto