Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 10 Januari 2023 | 10:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ada momen di Attack on Titan dimana Eren Yeager (Eren Jaeger di anime) justru memilih tertawa ketika melihat Sasha mati. Banyak penggemar berpikir ada yang salah dengan psikologi Eren, tapi apa yang sebenarnya terjadi?

Sama seperti karakter Attack on Titan lain, Eren juga menjadi salah satu karakter yang telah mengalami perubahan kepribadian dan emosi dengan cepat.

Dia adalah protagonis yang sangat mempengaruhi cerita. Kehadiran protagonis adalah salah satu elemen paling penting dan menantang untuk dikembangkan dalam fiksi spekulatif. 

Bahkan plot yang bagus pun bisa dirusak oleh karakter utama yang lemah. Sementara itu, protagonis yang kuat dapat mengangkat kisah yang biasa-biasa saja menjadi drama yang sangat bermakna. 

Berdasarkan standar ini, Eren Yeager menonjol sebagai salah satu protagonis fantasi anime yang paling menarik dalam pengembangannya.

Attack on Titan memperkenalkan Eren Yeager sebagai karakter Attack on Titan dengan pandangan dunia hitam-putih yang kaku.

Dia adalah seorang anak yang hidup di dunia pasca-apokaliptik di mana dia menyaksikan kehancuran rumahnya dan ibunya dimakan oleh Titan, sebuah teror yang tidak dapat dipahami oleh siapa pun.

Apalagi sepanjang seri, Eren terus mengalami pengkhianatan dan gagasannya tentang dunia dan keluarga tidak terbukti,

Mengacu pada kondisi ini, sebenarnya tidak berlebihan untuk mengatakan jika psikologis Eren sudah terganggu sejak kecil.

Tapi apakah psikologis Eren benar-benar terganggu saat melihat dan mendengar Sasha mati?

Attack on Titan - Sasha Braus. (fandom)

Di dunia Attack on Titan, kematian adalah hal yang biasa terjadi. Mustahil untuk tumbuh jika karakternya takut mati. Namun, beberapa kematian di anime ini dianggap lebih menarik daripada yang lain. Salah satunya adalah kematian Sasha Braus.

Dalam peristiwa penyerangan di Liberio, Sasha Braus meninggal dunia setelah ditembak oleh Gabi. Mikasa, Armin, dan beberapa rekannya tampak putus asa saat mereka meringkuk di sekitar tubuhnya.

Namun, yang benar-benar membuat mereka khawatir adalah saat Eren Yeager mulai tertawa.

Para penggemar Attack on Titan bingung dengan tindakan Eren, pandangan retrospektif pada adegan tersebut akan mengungkap alasan di balik tawanya. 

Tapi pada dasarnya, Eren sangat terpukul dengan kepergian Sasha Braus. Namun, karena apa yang dia alami dan apa yang harus dia lakukan untuk menyelamatkan para Tetua, mendengar kata-kata terakhir Sasha dia memilih tertawa.

Kenapa? mulanya, Eren tertawa karena dianggap kata-kata Sasha Braus membawanya kembali kenangan ketika mereka masih muda.

Namun, persepsi ini benar-benar berubah ketika dia mengungkap rahasia di ruang bawah tanah ayahnya dan mencium tangan Historia Reed.

Bagi Eren, kata-kata sekarat Sasha, "Daging…," tampak pas, namun menghantui. Kata-kata terakhir Sasha merupakan indikasi bahwa dia adalah penimbun makanan, hal itu menimbulkan pikiran yang jauh lebih mengganggu dalam benak Eren. 

Terlebih lagi ketika dia menyadari bahwa dia tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi penyelamat umat manusia dan hanyalah alat lain di tangan takdir. 

Oleh karena itu, ketika ironi kejam dari posisinya sebagai makhluk hidup dipertaruhkan, dia tidak bisa menahan tawa atas kesia-siaannya sebagai pemindah manusia/Titan.

Itulah pembahasan soal karakter Attack on Titan, kenapa Eren Yeager malah tertawa saat kematian Sasha Braus. 

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Link Nonton Attack on Titan Final Season Part 3, Lengkap Subtitle Indonesia