Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 12 Januari 2023 | 14:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Platform konten kreator TipTip mengelar kompetisi komik dengan nama "Komikin di TipTip" dengan total hadiah mencapai Rp 35.000.000. 

Komikin di TipTip sendiri menjadi kompetisi digital pertama yang digelar TipTip bersama Komunitas Komik Indonesia, Komikin.

Kompetisi komik ini bertujuan tidak hanya untuk memberikan wadah bagi para komikus di Indonesia memamerkan karyanya secara digital serta menuangkan ide-ide kreatif mereka di bidang komik tetapi juga membantu mereka untuk lebih mudah me-monetisasi hasil karyanya. 

Kompetisi Komik digital yang diadakan khusus di TipTip ini berlangsung dari 6 Januari hingga 6 Februari 2023 ini, menawarkan total hadiah sejumlah Rp 35.000.000,00. 

Paulina Purnomowati, Chief Marketing Officer TipTip, menyatakan, "Komikin di TipTip - merupakan kompetisi komik digital pertama yang diadakan di TipTip. Kami berharap kompetisi ini menjadi kesempatan agar para kreator komik di Indonesia makin semangat untuk selalu berkarya, TipTip pun tidak hanya menjadi media untuk berkompetisi tetapi juga menjadi tempat untuk mempublikasikan-nya serta menjual karyanya. Hal ini sejalan dengan visi misi kami yang berkomitmen untuk membangun creator economy ecosystem di Indonesia."

Bekerjasama dengan salah satu komunitas komik Indonesia, Komikin Ajah, Kompetisi ini diharapkan menjadi salah satu ruang berkarya dan monetisasi tidak hanya bagi para kreator komik kenamaan Indonesia, tetapi terbuka untuk mereka yang baru memulai di industri komik ini.

Tidak hanya itu, para pecinta komik pun juga memiliki wadah untuk mendukung dan menikmati karya komik favorit mereka secara digital. 

Aruga Perbawa - Ketua Umum Komikin, mengungkapkan "Kami melihat ini sebagai kesempatan memajukan komunitas dan ekosistem komik secara digital. Kami senang sekali dapat bekerja sama dengan TipTip dan mewujudkan kompetisi komik ini. Saya berharap melalui kompetisi ini semua yang ter-korelasi dengan komik dapat berpartisipasi, tidak hanya mensukseskan kompetisi ini tapi juga mendorong memajukan industri komik agar menjadi lebih semarak lagi."

Kompetisi "Komikin di TipTip" yang diselenggarakan di Platform Tiptip ini menawarkan hadiah kompetisi dengan nilai total Rp 35.000.000,00. Juara 1 akan mendapatkan Rp 20.000.000,00, juara 2 akan mendapatkan RP 10.000.000,00 dan Juara 3 akan mendapatkan Rp 5.000.000.000,00.

Para juri dari kompetisi ini adalah para komikus berpengalaman, yaitu kartunis ternama Indonesia, Mice Cartoon, Sheila Roswitha Putri, seorang komikus yang mengambil inspirasi dari kehidupan keluarganya sehari-hari untuk dijadikan tema komik-nya dan Aruga Perbawa - Ketua Umum Komikin. 

Kompetisi ini terbuka bagi kreator komik atau siapa saja yang dapat membuat karya komik, dimana semua karya yang dikompetisikan adalah merupakan karya sendiri yang orisinil serta karya mereka ini juga belum pernah dijual dan dimonetisasi melalui platform digital manapun. 

"Tiptip melihat bahwa masih banyak talenta di luar sana yang dapat memproduksi konten berkualitas namun masih terbentur dengan berbagai kendala. Dengan visi misi membangun ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia, melalui kompetisi ini kami juga ingin memotivasi sekaligus mengedukasi para konten kreator serta ekosistemnya di Indonesia bahwa karya digital itu tidak melulu hanya berupa video tetapi banyak hal yang dapat dikreasikan dan salah satunya adalah karya visual berupa komik ini. Dengan TipTip, kami ingin semua  ekosistem kreator menjadi lebih giat dan produktif dalam hal berkarya dan monetisasi." tambah Paulina Purnomowati - Chief Marketing Officer TipTip.

Para kreator komik yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi ini dapat langsung membuat akun mereka di platform Tiptip. Kompetisi ini mengusung tiga tema menarik yang akan mendorong kreativitas para komikus Indonesia, yaitu : Kehidupan sehari-hari, Harapan serta Cinta.  

Salah satu syarat mengikuti kompetisi ini adalah, karya komik yang dikompetisikan harus merupakan karya komik yang pertama kali dipublikasikan dan pertama kali diperjualbelikan. Selama kompetisi ini berlangsung, diberlakukan syarat dan ketentuan baik bagi para kreator komik maupun karya yang dikompetisikan, hal ini bertujuan agar kompetisi ini berjalan dengan baik bagi semua pihak yang terlibat. 

Saat ini para kreator sudah dapat mengikuti kompetisi ini dan bisa mendaftarkan serta menjual karya yang mereka kompetisikan di TipTip sampai dengan tanggal 6 Februari 2023. Semua peraturan kompetisi dapat dibaca secara detail di TipTip.  

Para komikus yang telah berpartisipasi dan mengikuti kompetisi "Komikin di TipTip" pun dapat mempromosikan karya mereka melalui akun sosial media mereka lainnya dan mendorong para supporters atau followers mereka untuk turut mendorong monetisasi karya yang mereka kompetisikan di TipTip.  

Rangkaian akhir dari kompetisi ini nantinya akan dilanjutkan dengan penjurian serta pemilihan pemenang. Ayo mari segera berpartisipasi di "Komikin di TipTip."

BACA SELANJUTNYA

5 Rekomendasi Situs Baca Komik Manga Berbahasa Indonesia Gratis dan Legal, Bikin Auto Betah di Rumah