Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 15 Januari 2023 | 14:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui apa saja perbedaan antara Ninshu dan Ninjutsu di dunia Naruto. Dua kekuatan yang jadi dasar-dasar para shinobi beraksi di Naruto.

Ada banyak hal yang dibahas dan diperkenalkan di dunia Naruto. Itu bisa berkaitan dengan klan shinobi, alur cerita, dan yang terpenting adalah kekuatan. Termasuk Ninshu dan Ninjutsu yang jadi kekutan di Naruto.

Di Naruto, kekuatan atau teknik dikenal sebagai Ninjutsu. Namun jika kamu teliti saat menyaksikan anime populer ini, kamu akan menemukan fakta yang bikin tercengang.

Pasalnya, lebih dari satu milenium yang lalu, orang menggunakan Ninshu, bukan Ninjutsu. Kedua teknik ini sering disalahpahami sebagai sama meskipun secara fundamental berbeda.

Lalu apa sebenarnya perbedaan antara Ninshu dan Ninjutsu ini? Berikut Hitekno.com telah merangkum informasinya:

Apa itu Ninshu?

Naruto - Hagoromo Otsutsuki memberikan kekuatan kepada Naruto Uzumaki dan Sasuke Uchiha. (fandom)

Ninshu adalah kredo atau sekte shinobi yang berjuang untuk mencapai era perdamaian. Dikisahkan jika Petapa dari Enam Jalan, Hagoromo Otsutsuki, mengumpulkan orang-orang untuk mendukung perjuangannya.

Menariknya, mereka mengikuti dan mempercayai Ninshu yang diperkenalkan Hagoromo ini seperti agama untuk memahami dan mengajarkan misteri chakra.

Hagoromo mengajari mereka cara menggunakan chakra untuk menghubungkan energi fisik dan spiritual batin mereka bersama-sama alih-alih menggunakan energi ini secara terpisah. 

Hagoromo Otsutsuki percaya bahwa setiap orang harus memiliki jumlah chakra yang sama, terlepas dari garis keturunannya.

Jika salah satu memiliki lebih banyak chakra daripada yang lain, mereka akan menjadi sombong dan menginginkan lebih banyak kekuatan. 

Di sisi lain, jika yang satu memiliki chakra lebih sedikit dari yang lain, mereka akan merasa kesal dan iri pada orang lain. Pemikiran semacam ini tidak ideal untuk dunia damai yang diperjuangkan Hagoromo.

Inilah mengapa Hagoromo mencoba menjadikan Ninshu sebagai sarana untuk menyatukan orang daripada menggunakannya untuk menyakiti orang lain. Oleh karena itu, ajarannya meminimalkan potensi kehancuran yang dapat dicapai oleh orang-orang dengan chakra.

Namun, terlepas dari ajarannya, Hagoromo sayangnya harus menggunakan Ninshu sebagai tindakan ofensif terhadap ibunya Kaguya untuk menyelamatkan umat manusia. 

Selama perang ketika Naruto sedang berbicara dengan Hagoromo, dia menyebut Hagoromo sebagai pencipta Ninjutsu. Itu adalah kesalahpahaman umum terhadap Shinobi di seluruh dunia bahwa Sage of Six Paths adalah satu-satunya pencipta Ninjutsu.

Namun, Hagoromo membantah keras Naruto, mengatakan dia hanya pernah mengajarkan Ninshu kepada manusia. Dia memiliki kebanggaan luar biasa untuk Ninshu dan menganggap Ninjutsu sebagai sesuatu yang digunakan untuk tujuan jahat .

Apa itu Ninjutsu?

Indra Otsutsuki. (Fandom)

Hagoromo Otsutsuki selalu percaya bahwa manusia telah merusak ajarannya yang seharusnya murni dan suci. Menurut Sage of Six Paths, Ninjutsu adalah penggunaan Ninshu yang sudah dirusak oleh manusia.

Ninjutsu ini pertama kali dibuat oleh putra sulung Hagoromo, Indra Otsutsuki. Sederhananya, Ninjutsu adalah bentuk Ninshu yang sudah dirusak oleh kepentingan manusia. Teknik ini tidak murni. 

Ada tiga jenis Jutsu: Ninjutsu, Taijutsu dan Genjutsu. Sebagai salah satu dari tiga kategori utama Jutsu, Ninjutsu memiliki tujuan yang sama dengan Genjutsu dan Taijutsu karena ketiganya digunakan untuk tujuan ofensif dan defensif.

Namun, tidak seperti dua kategori Jutsu lainnya, konsep Ninjutsu agak kabur. Hal ini lantaran Ninjutsu memiliki variasi sub-klasifikasi terbesar seperti ninjutsu medis, ninjutsu penghalang, ninjutsu sensorik, dll.

Berbeda dengan konsep Ninshu, Ninjutsu digunakan untuk memperkuat orang, membuat yang satu lebih kuat atau lebih lemah dari yang lain. 

Sementara Ninshu berfokus terutama pada energi spiritual, Ninjutsu membutuhkan energi spiritual dan fisik, membuat serangan menjadi lebih kuat. Cara lain untuk menggambarkan Ninjutsu adalah terus berkembang dan berkembang seiring berjalannya waktu.

Itulah penjelasan tentang perbedaan antara Ninshu dan Ninjutsu di anime Naruto.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Naruto: Kumpulan Quote Pain Akatsuki Terbaik, Punya Makna Mendalam